4 Alasan Kenapa Juventus Layak Jadi Raja di Serie A Musim Ini

Ada Ronaldo effect di balik memukaunya performa Juventus

Jakarta, IDN Times - Berbekal performa gemilang hampir semusim terakhir ini, Juventus memang layak dikatakan sebagai raja di Serie A 2018/2019. Hal itu akan semakin tak terelakan jika Si Nyonya Tua bisa memastikan diri meraih Scudetto ke delapan berturut-turut di giornata ke-32.

Gelar juara Serie A musim ini memang sangat terbuka lebar bagi Juventus, sebab mereka sudah unggul 20 poin dari pesaing terdekatnya Napoli di posisi kedua. Maklum,
kehebatan mereka musim ini memang didukung banyak faktor.

Berikut adalah alasan yang membuat Juventus layak raih Scudetto versi IDN Times.

1. Juventus tak banyak mengubah komposisi tim

4 Alasan Kenapa Juventus Layak Jadi Raja di Serie A Musim IniBola Okezone

Sejak bursa transfer musim panas jelang kompetisi Serie A digelar, Juventus memang tak banyak mendatangkan pemain anyar. Pun demikian saat putaran kedua, Juventus juga tak begitu jor-joran untuk mendaratkan wajah baru ke Turin.

Total, hanya enam pemain saja yang didatangkan pelatih, Massimiliano Allegri. Mereka adalah Cristiano Ronaldo, Emre Can, Mattia Perin, Joao Cancelo, Martin Caceres, dan Leonardo Bonucci. Bahkan, dua nama terakhir merupakan pemain lama yang kembali lagi.

Untuk komposisi pemain inti pun, cenderung Ronaldo dan Bonucci saja yang bisa menggeser pemain lama. Wajar jika permainan Juventus tak banyak berubah, bahkan cenderung lebih kompak. Sebab, mereka cukup efektif dalam urusan mendatangkan pemain.

Baca Juga: Ivan Rakitic Dikabarkan Telah Sepakat Gabung Juventus Musim Depan

2. Di balik agresivitas Juventus ada Ronaldo effect

4 Alasan Kenapa Juventus Layak Jadi Raja di Serie A Musim IniTwitter/@SquawkaNews

La Vecchia Signora, julukan lain Juvetus, bisa dibilang beruntung saat mendatangkan Ronaldo. Sebab, agresivitas lini serang Juventus jadi lebih garang. Terbukti, 64 gol bisa dilesakkan walau masih menyisakan tujuh pertandingan lagi.

Dari 26 kali penampilannya, pemain yang dijuluki CR7 ini sudah mengoleksi 19 gol dan 8 assists. Kontribusinya itu melebihi pemain Juventus lainnya macam Mario Mandzukic (delapan gol dan enam assists) serta Paulo Dybala (lima gol dan enam assists).

Wajar jika dominasi Juventus musim ini selalu dikaitkan dengan kedatangan pemain yang meraih lima kali penghargaan individu pemain terbaik Ballon d'Or. Namun, negatifnya Juventus memiliki ketergantungan yang besar terhadap CR7 atau Ronaldo-sentris.

3. Catenaccio ala Juventus jadi faktor penting kekuatan musim ini

4 Alasan Kenapa Juventus Layak Jadi Raja di Serie A Musim Iniespn.co.uk

Sepakbola Italia memang dikenal dengan pertahanan yang kuat, hal itu juga melekat pada Juventus. Maklum, mereka ditangani pelatih asal Italia, Max Allegri, yang memiliki ciri khas gaya bermain bertahan ala catenaccio.

Hingga memasuki giornata ke-31, Juventus cuma kemasukan 20 gol saja. Jika dirata-ratakan, klub asal Kota Turin ini hanya kemasukan 0,6 gol saja setiap laga.

Selain itu, dalam urusan clean sheet, Juventus juga punya catatan baik musim ini. Dari 31 laga yang telah dijalani, 16 di antaranya berhasil dilewati tanpa kemasukan. Trio bek Daniele Rugani, Leonardo Bonucci, dan Leonardo Bonucci, bisa dibilang jadi tembok kokoh di balik memukaunya lini pertahanan Juventus musim ini.

4. Si Nyonya Tua Sulit dikalahkan musim ini

4 Alasan Kenapa Juventus Layak Jadi Raja di Serie A Musim Iniwww.eurosport.com

Juventus musim ini memang terbilang sangat komplet. Mulai dari lini pertahanan yang kuat, ditambah lini serang yang menakutkan, jadi senjata utama mereka. Tak pelak, kekuatan itu sulit ditandingi oleh para pesaing lainnya.

Hampir setiap tim di Serie A tak bisa mengalahkan Juventus. Buktinya, dalam 31 aksi mereka di lapangan hijau, 27 laga berakhir diakhiri dengan kemenangan, tiga kali imbang, dan hanya sekali dikalahkan Cagliari dua pekan lalu.

Setiap tim yang bertandang juga sangat takut dengan keangkeran Juventus Stadium musim ini. Sebab, selama menjalani laga kandangnya musim ini, Juventus tak sekali pun gagal meraih poin. Bahkan, hanya dua kali saja mereka cuma meraih satu poin.

Namun, status Juventus sebagai jago kandang diikuti juga dengan rekor tandang yang sangat bagus. Dari 15 lawatannya musim ini, 13 laga berakhir dengan kemenangan, satu imbang dan satu lagi kekalahan. hal itu cukup membuktikan bawa Juventus memang layak jadi jawara Serie A musim ini.

Baca Juga: Di Ambang Juara Serie A, Juventus Bakal Pecahkan Rekor Baru!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You