Kembali ke Makassar, M Rahmat Rasakan Puasa yang Berbeda  

M Rahmat dipulangkan Bali United karena tim diliburkan

Jakarta, IDN Times - Rahmat Syamsuddin Leo, atau biasa dikenal dengan nama M. Rahmat, baru pertama kali merasakan pindah klub sejak membela PSM Makassar selama menjalani karier profesionalnya. Musim 2020 dirinya memilih untuk hengkang ke klub juara Liga 1 musim lalu, Bali United.

Hanya saja, baru menjalani tiga pekan di Liga 1 2020, kompetisi harus terhenti lantaran virus corona yang meluas di Indonesia. Alih-alih bakal menjalani puasa perdana di Pulau Dewata untuk pertama kali, dirinya justru kembali ke Makassar dan menjalankan ibadah puasa seperti biasa.

"Saya pikir tahun ini akan menjalani puasa di tempat baru, tapi ternyata saya kembali lagi ke Makassar menjalani puasa bersama keluarga," kata Rahmat dikutip dari laman resmi klub.

1. Hal berbeda dirasakan Rahmat karena berpuasa di tengah pandemik

Kembali ke Makassar, M Rahmat Rasakan Puasa yang Berbeda  ANTARA FOTO/Yusran Uccang

Hanya saja, perasaan berbeda dirasakan oleh pemain kelahiran Baba, Takalar ini dalam bulan Ramadan kali ini walau kembali dijalankan di kampung halamannya. Terlebih, dirinya berpuasa di tengah pandemik yang tengah melanda Tanah Air, termasuk di Makassar. Sebab, seluruh ibadahnya fokus dikerjakan di rumah saja.

"Yang jelas tahun ini suasana berbeda dengan masa puasa tahun sebelumnya. Semua rangkaian ibadah dilakukan di rumah saja," ujar pemain berusia 31 tahun itu terkait rutinitasnya selama menjalani puasa kali ini.

Baca Juga: Kejutan! Bali United Datangkan Eks Gelandang PSS, Sidik Saimima!

2. Rahmat dan istri sudah persiapkan ibadah puasa selama sebulan ke depan

Kembali ke Makassar, M Rahmat Rasakan Puasa yang Berbeda  ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Walau menjalani puasa yang berbeda Rahmat memastikan diri selalu mempersiapkan dengan baik seluruh ibadahnya selama sebulan ke depan. Menurut dia, walau pandemik tetap melanda, dia dan sang istri tetap mempersiapkan dengan baik dalam menjalani ibadah puasa tahun ini.

Selain itu, ada rencana dan hal baik juga yang sudah keduanya persiapkan dalam menyambut Hari Raya Lebaran tahun ini bersama keluarga di Makassar nanti.

3. Rahmat tetap jalani latihan mandiri dan bantu usaha istri

Kembali ke Makassar, M Rahmat Rasakan Puasa yang Berbeda  Instagram.com/psm_makassar

Lebih lanjut, pemain senior yang dikenal karena kecepatannya ini juga menambahkan bila selama di Makassar, ia fokus menjaga kondisi fisik agar tetap bugar dan membantu istri dalam merintis usaha pakaiannya di Makassar.

"Selama ini saya fokus latihan sesuai program tim pelatih dalam menjaga kondisi fisik saya. Selain itu, saya juga membantu istri yang kebetulan punya toko baju syar'i di pusat perbelanjaan grosir di Makassar," tutup Rahmat.

Baca Juga: Manajemen PSM Makassar Gak Yakin Liga 1 Kembali Bergulir pada 1 April

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya