Comscore Tracker

Kesulitan Mengawali Laga Lawan Filipina, Timnas U-16 Sempat Tegang

Berlaga di Stadion Madya, Timnas U-16 sempat gugup

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, sebut anak asuhnya menang dengan susah payah walau berhasil meraih mencukur Filipina 4-0 pada babak kualifikasi Piala AFC U-16 Grup G di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/9). Sebab, para penggawa Garuda Asia telat panas.

"Pertandingan pertama biasa memang, sedikit nervous pemain. Apalagi ini pertandingan pertama mereka di indonesia dan ditonton tiga ribu penonton, karena sewaktu kita di AFF kemarin penonton gak terlalu banyak, paling hanya 100," kata Bima dalam sesi konferensi pers usai laga.

1. Penonton yang banyak buat kapten Timnas U-16 grogi

Kesulitan Mengawali Laga Lawan Filipina, Timnas U-16 Sempat TegangIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Setali tiga uang dengan Bima, kapten Timnas U-16, Marcell Januar Putra, turut merasakan demikian. Menurut dia, tampil dalam pertandingan pertama pemain seperti grogi, bersyukur timnya bisa menang besar dalam laga tersebut.

Jika membandingkan dengan turnamen-turnamen yang pernah diikuti sebelumnya, Marcell merasa kondisinya jauh berbeda. Sebab, lanjut dia, ketika merasakan pengalaman bertanding di Myanmar mau pun Qatar jarang sekali suporter memenuhi stadion di turnamen kelompok usia. Dan, ini pengalaman perdana baginya tampil disaksikan penonton sebanyak itu.

Baca Juga: Indonesia U-16 vs Filipina U-16: Tuan Rumah Masih di Atas Angin

2. Timnas U-16 harus segera alihkan fokus

Kesulitan Mengawali Laga Lawan Filipina, Timnas U-16 Sempat TegangPSSI/Herka Yanis P

Ia pun mengakui cukup senang dengan hasil yang diraih. Namun demikian, hal itu tak membuatnya puas lantaran ini adalah permulaan dan Timnas U-18 masih harus berjuang untuk melewati laga-laga selanjutnya yang kemungkinan bakal lebih berat.

"Kami gak stuck di sini saja, kami besok ada laga lawan yang sudah menunggu, seperti Kepualauan Mariana, Brunei Darusalam, dan China. Kami harus langsung fokus di pertandingan selanjutnya," ujar pemain Bali United U-16 tersebut.

3. Timnas U-16 banyak buang peluang

Kesulitan Mengawali Laga Lawan Filipina, Timnas U-16 Sempat TegangPSSI/Herka Yanis P

Akibat dari rasa tegang yang melanda sejak laga baru dimulai, Timnas U-16 tampil kesulitan. Padahal, Bima mengatakan timnya banyak menciptakan peluang. Ia pun sempat menyampaikan kepada pemain mengenai pentingnya setiap gol di babak kualifikasi ini.

Oleh sebab itu, Bima mengungkapkan banyak evaluasi yang harus dilakukan terutama dalam hal penyelesaian akhir, terlebih anak asuhnya yang tak tenang setiap mengonversi peluang. Lalu, dalam urusan bertahan juga harus lebih fokus lagi.

Baca Juga: Tampil Gemilang, Timnas Indonesia U-16 Bantai Filipina!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You