Ketiban Durian Runtuh, Persipura Lolos Otomatis ke Piala AFC

Persipura tergabung di Grup H

Jakarta, IDN Times - Persipura benar-benar mujur. Mereka langsung melangkah ke putaran final Piala AFC 2021 tanpa harus melewati babak kualifikasi.

Laman resmi AFC menghapus jadwal Persipura di babak play-off. Hal itu tak lepas dari mundurnya dua wakil Myanmar, Shan United dan Ayeywady dari ajang ini. Kedua kesebelasan tak bisa tampil lantaran krisis politik yang kini tengah menghantam negaranya.

Sebelumnya, Persipura dijadwalkan harus memulai pertarungan melawan pemenang dalam duel antara wakil Timor Leste, Lalenok United kontra tim Kamboja, Visakha FC. Namun, kondisi itu berubah usai Shan United (Grup I) dan Ayeywady (play-off) memastikan tak ambil bagian musim ini.

1. Persipura tak buru-buru mencari pemain asing

Ketiban Durian Runtuh, Persipura Lolos Otomatis ke Piala AFCliga-indonesia.id

Pelatih Persipura, Jaksen F Tiago, menyebutkan timnya sudah mendapat surat resmi dari AFC. Walhasil, dia langsung membuat program anyar untuk tim agar bisa siap menghadapi laga babak penyisihan. 

"Kami tak buru-buru. masih ada banyak waktu untuk berburu pemain asing dan menggelar beberapa pertandingan uji coba," ujar Jacksen kepada awak media dalam pertemuan virtual, Selasa 27 April 2021.

Jacksen senang karena Persipura dapat situasi yang menguntungkan. Terlebih, persiapan bisa dilakukan dengan matang, mengingat durasi waktu persiapan mereka, karena tak bertanding di babak play-off , jadi lebih panjang.

Baca Juga: Persela Lamongan Rekrut Mantan Penyihir Persipura Zah Rahan

2 . Tergabung di Grup H Piala AFC 2021

Ketiban Durian Runtuh, Persipura Lolos Otomatis ke Piala AFCthe-afc.com

Persipura dipastikan tergabung di Grup H Piala AFC musim ini.  Selain Saigon FC (Vietnam), mereka bakal bertarung memperebutkan tiket ke fase gugur zona Asia Tenggara dengan Lion City Sailors FC (Singapura) dan Kedang Darul Aman FC (Malaysia). 

Mereka bakal memulai kiprahnya di kancah Asia musim ini pada 29 Mei 2021. Itu berarti bisa membuat mereka fokus ke kompetisi ini. Sebab, kompetisi Liga 1 2021/22 rencananya baru digelar pada 3 Juli mendatang.

3. Bujuk Arema FC dan Persebaya Surabaya jadi lawan uji coba

Ketiban Durian Runtuh, Persipura Lolos Otomatis ke Piala AFCLiga-Indonesia.id

Demi mematangkan tim, Persipura kini tengah berupaya mencari lawan uji coba. Tak tanggung-tanggung, Bali United sebetulnya sudah dijajal untuk jadi lawan uji coba skuad Mutiara Hitam untuk persiapan menuju Piala AFC 2021. Namun, hal itu urung terlaksana karena Serdadu Tridatu sudah kadung pulang ke Pulau Dewata.

Persipura yang tengah melakukan persiapan di Jawa Timur, tepatnya di Surabaya, mencari alternatif lain. Manajer Persipura, Bento Madubun, menyebut Persipura tengah mengajak Arema FC untuk uji coba. Selain itu, mereka juga membujuk Persebaya Surabaya ikut menjajal kekuatan Persipura nanti.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya