Ketua Satgas Timnas Indonesia Minta Shin Tae-yong Patuhi Arahan PSSI

Shin Tae-yong belum bisa bergabung dengan Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Ketua Satuan Tugas (Satgas) sekaligus Direktur Timnas Indonesia, Syarif Bastaman, meminta kepada pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, tetap mengikuti arahan PSSI.

"Jadi pada prinsipnya kami sebagai pemberi kerja, PSSI ini bohirnya. Jadi, sebagai profesional termasuk dia (Shin Tae-yong) sebenarnya harus ikuti arahan dari pemberi kerja," kata Syarif di Kantor PSSI, Kamis (18/6).

"Kami diberikan pelayanan terkait kecakapan teknis dalam melatih. Kalau penentuan waktu, metode, dan tempat (latihan) itu ranahnya PSSI," lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Komite Pemilihan PSSI pada edisi 2011 dan 2019 itu.

1. Shin Tae-yong ingin Timnas U-19 diboyong ke Korea Selatan

Ketua Satgas Timnas Indonesia Minta Shin Tae-yong Patuhi Arahan PSSIPelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/ Herka Yanis)

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong sebelumnya meminta PSSI untuk memboyong Timnas U-19 melakukan pemusatan latihan di Korsel. Dia sudah menyusun sebuah program dan meminta pendapat federasi terkait hal itu.

Terlebih, di Indonesia masih cukup sulit menggelar TC lantaran kasus virus corona di Tanah Air masih sangat tinggi sehingga dianggap berisiko.

Namun sayang, keinginan pelatih berusia 51 tahun itu tak dikabulkan oleh PSSI. Sebaliknya, Shin Tae-yong diminta untuk datang kembali ke Indonesia untuk segera memimpin Timnas U-19 melakukan persiapan untuk dua ajang besar.

Baca Juga: PSSI Bentuk Satgas Timnas Indonesia, Apa Fungsinya?

2. Syarif beberkan alasan Shin Tae-yong tak bisa pimpin TC Timnas U-19 di Korsel

Ketua Satgas Timnas Indonesia Minta Shin Tae-yong Patuhi Arahan PSSISatgas Timnas bersama pengurus PSSI. Dok PSSI

Syarif menyebut jika PSSI tak memiliki opsi lain untuk menggelar pemusatan latihan di Jakarta. Apalagi, Shin Tae-yong punya tugas ,enukangi beberapa tim di beberapa level berbeda, termasuk Timnas Indonesia senior yang sudah memiliki beberapa rencana kompetisi yang bakal dijalani pada 2020 ini.

Timnas senior harus menghadapi dua kompetisi, yakni melanjutkan babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020 yang bakal digelar pada 23-31 November nanti. Selain itu, ada juga Timnas U-16 yang bakal tampil di Piala Asia U-16 pada 25 November-12 Desember 2020.

Selain bisa menjaga protokol COVID-19, Syarif menyebut kenapa semuanya harus disiapkan sejak Juli, karena federasi tak mau sembarangan dalam mengirimkan tim ke kompetisi-kompetisi internasional. Mereka mengejar prestasi tertinggi demi nama bangsa dan negara.

3. Shin Tae-yong dianggap dibutuhkan di Indonesia

Ketua Satgas Timnas Indonesia Minta Shin Tae-yong Patuhi Arahan PSSIPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Setali tiga uang, salah satu anggota yang juga masuk dalam tim Satgas Timnas Indonesia, Endri Irawan, dirinya sangat juga menunggu kedatangan Shin tae-yong ke Indonesia. Menurut dia, jika Shin memilih TC di Korea Selatan, nasib tim di level kelompok umur lainnya malah sulit terpegang.

“Kami perlu kehadiran coach Shin Tae-yong untuk melatih Timnas U-19 mau pun senior. Jadi kalau salah satu tim dibawa pemusatan latihan ke Korea Selatan tentu satunya tidak terpegang," ujar bos Mitra Kukar tersebut.

"Kami juga tengah mencari zona hijau untuk lokasi pemusatan latihan selain di Jakarta seperti Bali atau Yogyakarta. Karena saat itu coach Shin Tae-yong memberikan plan dalam program latihannya bila tidak di Korea Selatan ya di Jakarta,” tukas Endri Erawan yang menyebut PSSI terus melakukan komunikasi dengan Shin Tae-yong.

Baca Juga: Dikritik Keras Shin Tae-yong, PSSI: Sejauh Ini Komunikasi Kami Baik

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya