Comscore Tracker

Ketum PSSI Minta Timnas Wanita Tiru Semangat Skuad Garuda

Timnas Putri Indonesia harus tampil maksimal di Piala Asia

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, melepas secara langsung Timnas Indonesia Wanita yang akan berangkat ke India untuk mengikuti Piala Asia Wanita 2022 di Hotel Kimaya, Jakarta, Minggu (16/1/2022).

Acara pelepasan itu sendiri, diawali sambutan-sambutan dari pelatih Timnas Indonesia Wanita, Rudy Priyambada hingga Iriawan selaku ketua PSSI. Mereka berharap anak asuhnya bisa meraih hasil terbaik di ajang tersebut.

Skuad Garuda Pertiwi dijadwalkan bakal mentas di turnamen paling elite Asia itu pada 20 Januari-6 Februari 2022. Mereka bakal bersaing dengan Australia, Thailand, dan Filipina di Grup B.

Baca Juga: Timnas Jadikan Piala Asia Wanita Momentum Dilirik Klub Luar Negeri

1. Harus menunjukkan permainan dengan mental baja dan disiplin tinggi

Ketum PSSI Minta Timnas Wanita Tiru Semangat Skuad GarudaKetum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan pesan kepada pemain Timnas Indonesia Wanita dalam acara pelepasan tim menuju Piala Asia Wanita 2022, Minggu (16/1/2022). (IDN Times/Ilyas Mujib).

Iriawan meminta Timnas Indonesia Wanita bisa meniru semangat skuad Garuda yang tampil spartan sepanjang Piala AFF beberapa waktu lalu. Ia menilai, Nadeo Argawinata dan kolega bisa menunjukkan kemampuannya dan tampil bagus walau tak berkompetisi hampir dua tahun.

“Kami tahu bahwa hampir 33 tahun kita tak pernah berkiprah di Piala Asia Wanita. Baru sekarang ini kesempatan luar biasa untuk dimanfaatkan. Sehingga, kita bisa menyuguhkan tontonan luar biasa seperti minimal tim putra kemarin yang membanggakan,” ujar Iriawan dalam sambutannya.

 “Kenapa? Sudah runner up saja luar biasa, karena kompetisi berhenti setahun delapan bulan. Satu tahun berhenti sama dengan satu generasi hilang, tapi alhamdulillah mereka dengan mental baja, disiplin tinggi, akhirnya bisa berikan prestasi. Itulah gambaran yang akan kalian lakukan di sana,” lanjut dia.

Baca Juga: Amy, Gadis Lombok Timur Jadi Winger Andalan Timnas Indonesia

3. Jangan takut Australia hingga Thailand

Ketum PSSI Minta Timnas Wanita Tiru Semangat Skuad GarudaKetum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan pesan kepada pemain Timnas Indonesia Wanita dalam acara pelepasan tim menuju Piala Asia Wanita 2022, Minggu (16/1/2022). (IDN Times/Ilyas Mujib).

Ia pun meminta Zahra Muzdalifah dan kolega tak takut dengan lawan-lawannya yang di atas kertas memang punya kualitas cukup bagus. Jangan sampai Timnas Indonesia Wanita kalah sebelum bertanding. Yang terpenting para pemain bisa menunjukkan penampilan dengan mental yang kuat dan pantang menyerah.

Ada Australia, Thailand, hingga Filipina. Jangan pernah takut. Kalian harus punya mimpi untuk menang. Sehingga, bisa menunjukkan daya tempur tinggi untuk memenangkan pertandingan, karena bola itu bundar,” bebernya.

Iriawan meminta, jika para pemain harus tampil habis-habisan di setiap laga. Ia yakin, kemampuan para pemainnya ini bisa membuat lawan-lawannya juga kesulitan. Terlebih, Rudy sudah menyiapkan tim dengan cukup baik menghadapi ajang ini.

“Siapa sangka Timnas Indonesia [senior] bisa mengalahkan Malaysia 4-1. Semangat penting, jika perlu kalian mati di lapangan dalam istilahnya itu,” kata pria yang sempat menjabat sebagai Plt Gubernur Jawa Barat tersebut.

Baca Juga: Masuk Timnas Wanita Indonesia, Amy Kenang Kisahnya Main Bola di Sawah

3. Asutralia lebih diunggulkan, tapi ...

Ketum PSSI Minta Timnas Wanita Tiru Semangat Skuad GarudaPemain Timnas Putri Indonesia Zahra Muzdalifah (kedua kiri) menendang bola melewati penjaga gawang Akademi Persib Putri dalam pertandingan uji coba terakhir sebelum ke Piala Asia Wanita 2022 di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (13/1/2022). (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Dalam laga pertamanya, Timnas Indonesia Wanita sudah dihadapkan lawan yang sulit. Mereka harus bertrok dengan semifinalis Olimpiade, yakni Australia di babak penyisihan Piala Asia Wanita 2022. Sudah jelas, dalam duel nanti, Timnas Indonesia Wanita tak diunggulkan. 

Australia tampil dengan kekuatan terbaiknya di ajang tersebut. Pemain bintang yang mentas di Women Super League, seperti Alanna Kennedy (Manchester City), Kyah Simon (Tottenham Hotspur) hingga Sam Kerr (Chelsea) dipastikan bakal jadi ujian skuad Garuda Pertiwi.

Nama Sam Kerr dipastikan jadi ancaman, karena dikenal sebagai pemain yang cukup tajam. Musim lalu saja, ia berhasil menjadi topskor dengan mencetak 21 gol dalam 22 aksinya bersama Chelsea.

Berkat aksi menawannya itu, Kerr bahkan dinilai sebagai salah satu pemain wanita terbaik dunia yang masuk dalam nominasi peraih Ballon d'Or. Sayang, ia kalah voting dari Alexia Putellas. 

Namun demikian, Iriawan meminta hal itu tak dijadikan beban. Ia meminta para pemain harus menegakkan kepalanya dan bertanding dengan berani. Apapun hasilnya nanti, yang penitng Timnas Indonesia Wanita harus tampil maksimal di ajang tersebut.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya