Ketum PSSI: Timnas Indonesia Harus Menang Lawan Afganistan dan Myanmar

Timnas Indonesia menjalani TC di Turki sebelum ke Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, meminta Timnas Indonesia tetap meraih hasil maksimal dalam lawatannya ke Turki. Walau bersifat laga uji coba, ia ingin para pemain menunjukan daya juang dan mental yang bagus dalam setiap pertandingan.

Timnas Indonesia dipastikan bakal berangkat menuju Turki pada Kamis (11/11/2021), untuk menggelar pemusatan latihan (TC) dan laga uji coba. Mereka dijadwalkan bakal bentrok dengan Afganistan pada 16 November 2021 di laga pertama. Selanjutnya, betrok dengan Myanmar pada 25 November 2021.

"Kami menargetkan dua kemenangan melawan Afghanistan dan Myanmar. Dengan meraih kemenangan tentu akan membuat peringkat FIFA Indonesia akan naik, karena saat ini masih di posisi 165,” kata Iriawan kepada awak media.

Baca Juga: Dibatasi 2 Pemain Per Klub, Ketum PSSI Yakin Timnas Juara Piala AFF

1. Minta pemain Timnas Indonesia bekerja keras dan ikuti instruksi pelatih

Ketum PSSI: Timnas Indonesia Harus Menang Lawan Afganistan dan MyanmarTimnas Indonesia saat melakukan latihan di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). (IDN Times/Ilyas Mujib).

Tak pelak, ia meminta anak asuh Shin Tae Yong fokus, disiplin, dan selalu mengikuti instruksi pelatih selama latihan dan uji coba. Hal itu dilakukan agar kemampuan mereka bisa terus meningkat.

Pria yang kerap disapa Iwan Bule itu cukup optimistis, Elkan Baggott dan kolega bisa terus berkembang. Hal itu tergambar saat ia menyambangi skuad Garuda yang tengah berlatih di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (10/11/2021). 

"Alhamdulillah pemain terus bekerja keras dan kemampuannya terus diasah oleh pelatih Shin Tae-yong. Fisik juga semakin bagus, ini menjadi modal yang baik untuk melawan Afghanistan dan Myanmar," ujar eks Plt Gubernur Jawa Barat tersebut.

Baca Juga: Piala AFF: Timnas Cuma Bisa Pakai 2 Pemain Per Klub

2. Timnas Indonesia langsung mentas di Piala AFF usai TC di Turki

Ketum PSSI: Timnas Indonesia Harus Menang Lawan Afganistan dan MyanmarANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Usai melakoni TC dan uji coba di Turki, Timnas Indonesia dijadwalkan langsung berangkat menuju Singapura. Mereka akan langsung disiapkan tampil di Piala AFF 2020 yang digelar mulai 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Iriawan pun menargetkan Timnas Indonesia menjadi juara di ajang dua tahunan tersebut. Terlebih, Indonesia belum pernah meraih satupun gelar sejak ajang itu digelar pada 1996. Paling banter, mereka hanya bisa mengakhiri kompetisi sebagai runner up saja selama lima kali.

"Semoga kami meraih juara di Piala AFF Suzuki 2020. PSSI tentu akan mendukung penuh program pelatih Shin Tae-yong demi meraih hasil terbaik,” kata pria berusia 59 tahun tersebut.

3. Ketum PSSI minta Shin Tae Yong legawa dengan kebijakan maksimal dua pemain per klub

Ketum PSSI: Timnas Indonesia Harus Menang Lawan Afganistan dan MyanmarShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Sebelumnya, Iriawan meminta, Shin Tae Yong legawa atas kebijakan pembatasan dua pemain per klub yang masuk skuad Timnas Indonesia. Hal itu dilakukan, karena banyak klub yang protes akibat banyak kehilangan pemain di tengah kompetisi. 

"Banyak yang sudah menyampaikan keberatan kepada kami, seperti kemarin Persebaya diambil empat, Persib juga demikian, sehingga diputuskan dua pemain setiap klub maksimalnya. Shin Tae-yong sudah sepakat dengan hal itu," ujar eks Kapolda Jawa Barat ini.

Ia pun yakin, Shin Tae Yong bisa memilih dengan jeli para pemain yang tepat untuk mengisi skuad Timnas Indonesia di Piala AFF. Keterbatasan ini dinilai bukan sesuatu yang menjadi kendala, ia diyakini sudah mengetahui cara memaksimalkan pemain yang ada di ajang nanti.

Baca Juga: Shin Tae Yong Buru Pemain Blasteran untuk Timnas Indonesia

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya