Kisruh Shin Tae-yong vs PSSI, Ini Sikap Menpora

Shin Tae-yong mengkritik keras PSSI melalui media Korsel

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, menanggapi ketegangan antara Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dengan pelatih Shin Tae-yong. Hal itu diungkapkannya di sela-sela Ngobrol Seru IDN Times bertajuk Olahraga Otomotif di Tengah Pandemik, Jumat (18/6).

"Kisruh? Saya melihat sih belum ada kisruh di situ, mungkin itu permasalahan komunikasi saja di antara keduanya," kata politisi Partai Golkar itu menanggapi kritikan Shin Tae-yong untuk PSSI kepada media Korea Selatan.

1. Shin Tae-yong memilih pulang ke Korea Selatan karena tak bisa gelar TC selama PSBB

Kisruh Shin Tae-yong vs PSSI, Ini Sikap MenporaPelatih asal Korea Selatan saat memimpin latihan Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

Sejauh ini, politisi Partai Golkar itu melihat semua masih baik-baik saja. Memang, saat pandemik COVID-19 grafiknya sedang tinggi, Shin Tae-yong memilih pulang kampung, tapi Zainudin melihat pelatih berusia 51 tahun itu tetap bertanggung jawab atas tugasnya, karena memimpin pemusatan latihan Timnas U-19 secara virtual.

Shin Tae-yong sendiri, sejauh ini belum ada kejelasan kapan kembali ke Indonesia. Padahal, dirinya sudah diminta untuk segera kembali, lantaran PSSI sudah menyiapkan program TC bagi skuat Garuda yang disiapkan untuk tampil di ajang Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 yang bakal digelar tahun depan di Indonesia.

Baca Juga: Dikritik Keras Shin Tae-yong, PSSI: Sejauh Ini Komunikasi Kami Baik

2. Shin Tae-yong tak dizinkan gelar TC Timnas U-19 di Korsel

Kisruh Shin Tae-yong vs PSSI, Ini Sikap MenporaPemain Timnas U-19 saat melakukan seleksi di bawah komando Shin Tae-yong di Stadion Wibawa Mukti Cikarang beberapa waktu lalu. pssi.org

Sebelumnya, Shin Tae-yong blak-blakan kepada media Korsel terkait posisinya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Shin Tae-yong sebelumnya meminta PSSI untuk memboyong Timnas U-19 melakukan pemusatan latihan di Korsel. Dia sudah menyusun sebuah program dan meminta pendapat federasi terkait hal itu.

Terlebih, di Indonesia masih cukup sulit menggelar TC lantaran kasus virus corona di Tanah Air masih sangat tinggi sehingga dianggap berisiko.

Namun sayang, keinginan pelatih berusia 51 tahun itu tak dikabulkan oleh PSSI. Sebaliknya, Shin Tae-yong diminta untuk datang kembali ke Indonesia untuk segera memimpin Timnas U-19 melakukan persiapan untuk dua ajang besar.

3. Shin Tae-yong kecewa dengan kebijakan PSSI

Kisruh Shin Tae-yong vs PSSI, Ini Sikap MenporaPelatih Tim Nasional Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/ Herka Yanis)

Shin Tae-yong pun langsung memberikan kritikan cukup pedas kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Hal itu langsung ditanggapi oleh federasi sepak bola tertinggi Tanah Air yang menyebut jika pernyataan itu belum tentu keluar dari mulut pelatih berusia 51 tahun tersebut.

"Di Indonesia muncul seribu kasus baru virus corona setiap hari, tapi PSSI meminta saya kembali memimpin latihan. Sikap PSSI berubah, padahal awalnya menjanjikan dukungan penuh kepada saya," kata Shin Tae-yong kepada News Join.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong merasa kecewa karena sikap PSSI yang berubah-ubah sehingga selalu ada pergantian kebijakan dan pengurus baru.

Baca Juga: Ketua Satgas Timnas Indonesia Minta Shin Tae-yong Patuhi Arahan PSSI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya