Klub LaLiga Siap Kembali Latihan, Ini 10 Protokol yang Wajib Dilakukan

LaLiga kemungkinan bakal kembali dilanjutkan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Spanyol dan otoritas kesehatan mulai memberikan kelonggaran pada 42 klub LaLiga Santander dan LaLiga SmartBank. Mulai pekan ini,
pemain kembali diperbolehkan latihan dengan mengikuti protokol khusus yang dibuat oleh LaLiga bersama dengan staf medis dari beberapa klub.

Kembali melakukan latihan sesuai protokol yang berlaku merupakan kunci dari kembalinya sepak bola profesional yang aman dan terarah, yang akan melindungi kesehatan ekonomi sepak bola Spanyol dan memungkinkan bergulirnya 11 pertandingan terakhir dari LaLiga musim 2019/2020.

Protokol ini menetapkan pedoman untuk meminimalkan kemungkinan penularan dan infeksi di antara semua pihak yang terlibat, selama mereka kembali ke pelatihan.

Protokol tersebut termasuk empat tahapan untuk memastikan bahwa para pemain berada dalam kondisi terbaiknya, sebelum kembali bermain di saat kondisi sudah aman. Semua peringatan yang perlu akan dilakukan, dan akan memfokuskan terlebih dahulu pada duo tahap pertama: persiapan untuk kembali melakukan latihan dan sesi latihan individu.

Baca Juga: [BREAKING] 3 Pemain LaLiga Susul Status Positif COVID-19 Ezequiel Garay!

1. Perhatikan perilaku pribadi

Klub LaLiga Siap Kembali Latihan, Ini 10 Protokol yang Wajib DilakukanFacebook.com/Real Madrid C.F

Para pemain di setiap klub diharapkan untuk mengikuti peraturan kebersihan dan pembatasan sosial yang telah tersedia. Mencuci tangan menjadi vital, serta selalu menutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin.

Mereka juga harus mengurangi sentuhan ke mata, hidung, dan mulut. Menjaga jarak setidaknya dua meter dari rekan satu tim dan staf klub saat melakukan latihan.

2. Pemain harus melakukan tes COVID-19 sebelum latihan

Klub LaLiga Siap Kembali Latihan, Ini 10 Protokol yang Wajib DilakukanIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelum kembali melakukan latihan, para pemain, pelatih, dan staf lainnya yang berada di fasilitas klub akan melalui berbagai tes COVID-19, termasuk tes PCR dan antibodi. Tes berkala akan dilakukan sebelum latihan dimulai.

3. Disinfeksi fasilitas latihan

Klub LaLiga Siap Kembali Latihan, Ini 10 Protokol yang Wajib Dilakukanhttps://www.instagram.com/p/B_2L65OqsYq/

Setiap tempat latihan klub dan seluruh fasilitas akan di disinfeksi sebelum para pemain atau staf kembali beraktivitas, dengan mengikuti instruksi otoritas kesehatan. Pembersihan akan dilakukan secara berkala setelah latihan dimulai.

4. Pemain sudah menentukan program latihan yang sudah dibuat sebelumnya

Klub LaLiga Siap Kembali Latihan, Ini 10 Protokol yang Wajib Dilakukantwitter.com/FCBarcelona

Pada malam sebelum datang ke tempat latihan, para pemain mendapatkan tugas serta jadwal untuk hari esok di komputer, telepon genggam, atau tablet mereka.

Hal tersebut mencakup instruksi mendetail tentang kapan dan bagaimana mengakses fasilitas latihan.

5. Ke tempat latihan menggunakan mobil pribadi

Klub LaLiga Siap Kembali Latihan, Ini 10 Protokol yang Wajib DilakukanLionel Messi menggunakan mobil pribadinya. (the18.com)

Seluruh pemain dan staf klub yang memasuki tempat latihan akan menggunakan mobil pribadi, yang secara berkala dibersihkan serta di disinfeksi, dan perlu dipastikan untuk menggunakan kendaraan yang sama setiap harinya.

Mereka diharapkan datang pada waktu yang telah ditentukan dan meninggalkan fasilitas dengan mobil yang mereka gunakan setelah selesai latihan.

6. Masker dan sarung tangan

Klub LaLiga Siap Kembali Latihan, Ini 10 Protokol yang Wajib Dilakukanskysport.com

Pemain dan staf harus mengenakan masker dan sarung tangan ketika tiba di fasilitas, dan saat mereka beraktivitas di sekitar tempat latihan.

7. Membuat kelompok kecil dan jaga jarak aman

Klub LaLiga Siap Kembali Latihan, Ini 10 Protokol yang Wajib DilakukanReal Madrid saat latihan. (managingmadrid.com).

Pada saat protokol sesi latihan individual, maksimal enam pemain yang diizinkan untuk berlatih di setiap lapangan, selalu menjaga jarak aman antara para pemain.

Maksimal dua pemain diizinkan kapan saja untuk berada di pusat kebugaran, dan selalu menjaga jarak aman setiap saat.

8. Memperhatikan protokol penggunaan baju latihan

Klub LaLiga Siap Kembali Latihan, Ini 10 Protokol yang Wajib Dilakukan90l.tribuna.com

Para pemain dan staf harus mengenakan seragam serta sepatu latihan saat tiba di fasilitas latihan. Setelah berlatih mereka mendapatkan kantong yang bisa didaur ulang berisi seragam latihan untuk hari berikutnya.

Saat di rumah, seragam yang telah digunakan dikembalikan ke tempat asalnya, dan pada hari berikutnya harus ditempatkan di kontainer khusus pada pusat latihan, yang nantinya akan diambil dan dicuci oleh staf klub.

 

9. Dilarang kontak dengan orang Iain

Klub LaLiga Siap Kembali Latihan, Ini 10 Protokol yang Wajib DilakukanReal Madrid saat latihan. (managingmadrid.com).

Demi keselamatan para pemain, staf, dan orang-orang yang mereka cintai serta rekan setimnya, disarankan agar tidak ada yang memasuki rumah mereka.

10. Diminta menghindari fisioterapi

Klub LaLiga Siap Kembali Latihan, Ini 10 Protokol yang Wajib DilakukanLaLiga Santander. Dok. LaLiga

Pemain disarankan untuk menghindari penggunaan fisioterapi. Jika perlu, mereka harus selalu ditangani oleh orang yang sama.

Baca Juga: Hitung-hitungan Kerugian LaLiga karena Virus Corona

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya