Comscore Tracker

Kongres PSSI Sempat Diwarnai Aksi WO, Menpora: Sudah Biasa Itu

Menpora yakin hasil Kongres PSSI diterima FIFA

Jakarta, IDN Times - Komjen Pol Mochamad Iriawan alias Iwan Bule secara resmi terpilih untuk menemani Ketua Umum PSSI di Kongres Luar Biasa PSSI yang digelar di Hotel Shangri-la, Jakarta, Kamis (02/11).

Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut berhasil menyingkirkan 10 calon lain. Ia berhasil memenangi kontestasi pemilihan Ketum PSSI yang baru lewat raihan suara sempurna, sebesar 82 suara dari 86 yang diperebutkan. Ia mengalahkan 10 nama lain yang jadi pesaingnya dalam KLB kali ini.

1. Enam Caketum sempat menarik diri dari kongres

Kongres PSSI Sempat Diwarnai Aksi WO, Menpora: Sudah Biasa ItuIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Walau berjalan lancar, KLB kali ini sempat diwarnai sedikit insiden. Enam calon Ketum, harus meninggalkan KLB ini lantaran sempat melakukan protes.

Walhasil enam caketum PSSI pun diusir dalam sidang lantaran kecewa, karena tata cara pemilihan tak disosialisasikan dengan baik pada voters mau pun calon.

Mereka pun memilih untuk menarik diri dalam KLB kali ini.

Baca Juga: Takut Dianggap Intervensi, Menpora Tak Campuri Jadwal Kongres PSSI  

2. Menpora minta yang mundur ikhlas

Kongres PSSI Sempat Diwarnai Aksi WO, Menpora: Sudah Biasa ItuIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, mengungkapkan insiden di balik walk out-nya enam nama itu harus disikapi dengan baik. Menurut dia, siapa pun maju dengan keikhlasan, mundur juga dengan keikhlasan.

Terkait legalitas KLB ini, ia yakin bahwa pengunduran diri enam anggota lain tak akan mengganggu hasil KLB yang sudah keluar. "Gak, lah, Biasa itu. Di mana juga pasti yang begitu (walk out) ada," kata politisi Partai Golkar itu kepada awak media.

"Saya serahkan kepada cabang olahraga. Gak boleh ada curiga-curiga," sambung Zainudin.

3. Menpora yakin KLB diakui FIFA

Kongres PSSI Sempat Diwarnai Aksi WO, Menpora: Sudah Biasa ItuANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Ia pun meminta semua pihak untuk menahan diri dan menerima dengan ikhlas hasil dari KLB kali ini. Ia meminta semua bisa paham, terlebih KLB kali ini sendiri sudah diakui langsung oleh FIFA.

Seperti sudah diberitakan IDN Times sebelumnya, Iwan Bule berhasil meraih suara sempurna, sebesar 82 suara dari 86 yang diperebutkan. Ia mengalahkan 10 nama lain yang jadi pesaingnya dalam KLB kali ini. Sedangkan, dua Waketum PSSI, masing-masing dimenangkan oleh Cucu Sumantri dan Iwan Budianto.

Baca Juga: Iwan Bule Ketum ke-17 PSSI, Dari Dominasi TNI ke Polisi

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You