Kontrak Fantastis Lionel Messi Bocor, Bartomeu Dituduh Jadi Dalangnya

Eks Presiden Barcelona membantah bocorkan kontrak Messi

Jakarta, IDN Times - Bocornya nilai kontrak Lionel Messi yang fantastis di Barcelona berbuntut panjang. Kini, nama mantan Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu terseret ke pusaran konflik tersebut.

Dia dituding jadi dalang di balik beredarnya salinan kontrak Messi senilai 492 juta poundsterling atau Rp 9,4 triliun pada 2017-2021. Maklum, kerja sama itu disepakti Barcelona dan La Pulga saat Bartomeu masih menjabat sebagai presiden.

Media Spanyol, El Mundo pada Minggu, 31 Januari 2021 secara mengejutkan memublikasikan dokumen kontrak pemain berpaspor Argentina itu dengan Barcelona. Manajemen pun tak mengelak dokumen yang tersebar asli.

 

1. Eks Presiden Barcelona membantah tuduhan publik

Kontrak Fantastis Lionel Messi Bocor, Bartomeu Dituduh Jadi Dalangnyafcbarcelona.com

Kembali dikaitkan dalam perang dingin Barcelona dengan Lionel Messi, Bartomeu pun tak mau disalahkan. Dia memastikan bukan aktor di balik tersebarnya dokumen kontrak Lionel Messi dengan Blaugrana.

"Mantan direktur manapun tak akan membocorkan salinan kontrak. Mereka tak pernah menyimpan salinan kontrak yang sudah disepakati klub dan pemain," kata Bartomeu dikutip Esport.

Dia pun menilai tuduhan yang dialamatkan padanya salah. Menurut Bartomeu, membocorkan dokumen kontrak (Messi) dengan Barcelona itu tindakan ilegal, karena salinan kontrak profesional itu rahasia pihak-pihak terkait.

"Menyalahkan siapapun itu akan sangat mudah, tapi itu tindakan yang tak dapat ditoleransi. Ini bisa berujung di jalur hukum," bebernya.

Baca Juga: [BREAKING] Josep Bartomeu Mundur dari Kursi Presiden Barcelona

2. Lionel Messi jadi atlet termahal di dunia

Kontrak Fantastis Lionel Messi Bocor, Bartomeu Dituduh Jadi DalangnyaFCBarcelona.com

Kini, riak-riak cerita Lionel Messi yang ingin pindah dari Barcelona kembali menyeruak. Belum lama mengungkapkan niatannya untuk main di Major League Soccer (MLS) suatu hari nanti, Messi kini dihadapkan masalah nonteknis baru yang membuat banyak pihak berpikir ia semakin tak betah di Camp Nou.

Walau demikian, Barcelona terus melakukan segala cara agar Lionel Messi bisa bertahan di Catalunya. Merinci dokumen kontrak yang dipublikasi El Mundo, Messi mendapat kontrak 122 juta pounsterling (Rp2,3 triliun), plus bonus dari penandatanganan kontrak 69 juta pounsterling (Rp1,3 triliun).

Gelontoran duit itu merupakan cara Barcelona memagari Messi pergi dari Camp Nou. Walhasil, dilansir Sky Sport jumlah kontrak itu menjadi rekor tersendiri bagi seorang atlet. Ia menggeser posisi atlet American Football Patrick Mahomes yang dikontrak Kansas City Chief.

3. Perseteruan La Pulga dengan Josep Bartomeu kembali menyeruak

Kontrak Fantastis Lionel Messi Bocor, Bartomeu Dituduh Jadi DalangnyaLionel Messi. (skysports.com).

Perseteruan Messi dan Bartomeu sudah terjadi dalam dua musim terakhir. Masalah tersebut memuncak saat pemain asal Argentina itu menginginkan hengkang dari Barcelona pada bursa transfer musim panas lalu.

Lionel Messi terlihat kurang senang, lantaran merasa dihalang-halangi pindah ke klub lain. Barcelona pun memagarinya dengan berbagai cara, termasuk mengancam bakal membawa kasusnya ke ranah hukum jika nekat pindah.

Hal itu membuat rasa kesal Lionel Messi terhadap Bartomeu semakin tak tertahan. Dia merasa Presiden Barcelona itu sudah berbohong terkait klausul kontraknya.

Krisis kepercayaan dari para penggawa Barcelona terhadap Bartomeu mencuat pascakasus tersebut. walau berhasil mempertahankan Messi, para pemain Barcelona kesal dengan perlakukan manajemen kepada pemain yang sudah memberikan segalanya selama mengabdi untuk Barcelona.

Pemain senior Barcelona, Gerard Pique bahkan sempat membuka borok Bartomeu. Dia menuding presiden klub itu terlibat dalam skandal Barcagate, yakni kasus di mana manajemen klub menyewa agensi I3 Ventures untuk menghujani kritik kepada penggawa Blaugrana melalui media sosial.

Walau membantahnya, Josep Bartomeu tetap dipercaya jadi aktor utama di balik skandal besar yang sempat menghebohkan publik.

Baca Juga: Mundur dari Kursi Presiden Barcelona, Bartomeu: Kami Tak Dihormati 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya