Comscore Tracker

Kualifikasi PD 2022 Ditunda, Timnas Senior Nganggur Sampai Akhir 2020

Kualifikasi Piala Dunia dan Piala AFF resmi ditunda

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia Senior dipastikan bakal menganggur, karena tak punya agenda sampai tahun 2020 berakhir. Hal itu dipastikan usai Federasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunda kembali lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia tahun depan, Rabu (12/8/2020).

"Dengan kondisi pandemik COVID-19 yang masih terjadi di banyak negara, FIFA dan AFC sepakat menunda sisa laga di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023. Pertandingan yang sudah direncanakan bakal dihelat selama saat jeda internasional pada Oktober dan November 2020, bakal kembali dijadwal ulang ke 2021," demikian pernyataan resmi AFC.

Padahal, sejatinya Timnas Senior ini bakal melakoni tiga laga sisa di babak kualifikasi ini. Skuat Garuda semula bakal melawan Thailand 8 Oktober, Uni Emirat Arab 13 Oktober, dan melawan Vietnam 12 November 2020.

Baca Juga: Dua Kali Tes Swab, Timnas Indonesia Negatif COVID-19

1. AFC sudah tunda dua kali babak kualifikasi Piala Dunia 2022

Ini merupakan penundaan untuk kedua kalinya dalam jadwal babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebelumnya, AFC juga sempat menunda dan mengeluarkan jadwal baru yang sudah dirilis. Bahkan, tim yang kini dibesut oleh Shin Tae-yong itu telah memasuki masa persiapan guna menghadapi laga sisa.

Seharusnya pertandingan tersebut sudah bisa diselesaikan Timnas Indonesia Senior jika jadwal tak molor. Namun, pandemik COVID-19 yang terus meluas membuat FIFA dan AFC terus mengubah jadwal untuk menghindari risiko penyebaran wabah berbahaya tersebut.

"Dengan tujuan melindungi kesehatan semua peserta, FIFA dan AFC bekerja sama untuk melihat situasi di berbagai negara untuk menentukan jadwal baru di sisa laga kualifikasi," lanjut pernyataan resmi AFC.

2. AFC belum bisa pastikan kapan jadwal baru lanjutan kualifikasi diumumkan

Kualifikasi PD 2022 Ditunda, Timnas Senior Nganggur Sampai Akhir 2020Timnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

AFC belum bisa memastikan kapan jadwal baru bakal keluar. Sebab, mereka mesti mempertimbangkan segala hal dan terus berkoordinasi dengan FIFA untuk bisa menentukan waktu yang ideal bagi seluruh peserta, yang tampil pada babak kualifikasi.

"Detail selanjutnya mengenai jadwal baru babak kualifikasi lanjutan untuk Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023, bakal diumumkan dalam beberapa waktu ke depan," beber AFC.

Hal itu semakin membuat Timnas Indonesia Senior benar-benar tak punya agenda sampai beberapa waktu ke depan. Sebab, turnamen terdekat yang bakal mereka ikuti, yakni Piala AFF 2020 juga dipastikan mundur ke April 2021, karena punya alasan serupa dengan AFC.

3. Timnas Indonesia Senior sedang melakukan TC di Jakarta di bawah arahan Shin Tae-yong

Kualifikasi PD 2022 Ditunda, Timnas Senior Nganggur Sampai Akhir 2020Pemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Timnas sendiri sejauh ini masih melakukan pemusatan latihan (TC) di Jakarta dipimpin langsung oleh Shin tae-yong. Mereka melakukan latihan bersama dengan Timnas U-19 yang juga tengah menyiapkan diri untuk tampil di Piala AFC U-19 2020 Uzbekistan.

Sejauh ini, PSSI belum merespons jadwal baru tersebut. Yang pasti Timnas Indonesia Senior tak akan melakukan turnamen resmi yang digelar AFC dan FIFA dalam waktu empat bulan ke depan.

Baca Juga: TC Timnas Indonesia dan Timnas U-19 Dimulai 1 Agustus 2020

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya