Comscore Tracker

Kunci Solidnya Lini Belakang Garuda Select: Komunikasi!

Kakang Rudianto jadi bek andalan Garuda Select Jilid II

Jakarta, IDN Times - Pelatih Garuda Select Des Walker, selalu mengingatkan bahwa komunikasi merupakan elemen penting dalam sebuah permainan di lapangan. Oleh sebab itu, ia menekankan anak asuhnya untuk menerapkan hal itu dalam posisi bertahan atau menyerang.

"Jika para pemain tak saling mengingatkan, skema yang diinginkan tidak akan berjalan dengan baik. Mereka harus lebih sering berteriak untuk meminta pemain di sebelahnya apa yang harus dilakukan," kata Des Walker kepada Mola TV.

Lebih jauh, ia menyebut jika komunikasi antara para pemain merupakan kunci keberhasilan sebuah skema permainan.

1. Kakang Rudianto selalu terapkan pesan Des Walker di lapangan

Kunci Solidnya Lini Belakang Garuda Select: Komunikasi!Pemain Garuda Select, Kakang Rudianto. (Dok. Mola TV)

Pesan Des Walker itu selalu diingat oleh para pemain Garuda Select, tak terkecuali Kakang Rudianto. Bahkan, hal itu selalu diterapkan dalam permainannya. Walhasil, hal itu membuatnya bisa tampil baik dan selalu bermain reguler di setiap laga uji coba.

Sama halnya dengan Des Walker, pemain asal Cianjur tersebut mengakui jika komunikasi sangat penting. hal itu agar mengingatkan satu sama lain untuk tetap berada pada posisinya masing-masing.

Baca Juga: Siapa Pemain Garuda Select yang Progres Latihannya Paling Oke?

2. Kakang menilai komunikasi membuat transisi pemain di lapangan lebih baik

Kunci Solidnya Lini Belakang Garuda Select: Komunikasi!Suasana latihan Garuda Select di Walsall Oak Park Living Centre (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Selain itu, dengan komunikasi, antara pemain jadi bisa saling mengingatkan di lapangan. hal itu juga yang membuat ia dan rekan-rekannya jadi lebih mudah dalam menjalankan transisi bermain.

"Biasanya, kami saling berkoordinasi di belakang. Komando tidak harus datang dari saya, tetapi semua pemain belakang, bahkan termasuk kiper. Jadi, kami sudah tahu posisi masing-masing dan ketika ada yang keluar dari posisi awal, langsung diingatkan," ujar Kakang.

3. Kakang anggap komunikasi antar-pemain terus meningkat

Kunci Solidnya Lini Belakang Garuda Select: Komunikasi!Suasana latihan Garuda Select di Walsall Oak Park Living Centre (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Setelah melakukan adaptasi selama beberapa bulan, secara perlahan tapi pasti, kemampuan para pemain dalam berkomunikasi di atas lapangan semakin membaik. Terlihat pada hasil yang diraih pada pertandingan pertama lalu melawan Northampton, dan laga terkini menghadapi Huddersfield.

"Bagi saya, permainan paling memuaskan sebagai seorang bek yaitu ketika melawan Huddersfield kemarin. Kami benar-benar fokus sepanjang pertandingan, dan semua skema berjalan dengan baik sehingga bisa terhindar dari kebobolan," beber pemain bernomor punggung 23 tersebut.

4. Garuda Select akan jalani uji coba terahir bulan Februari kontra Preston North End U-18

Kunci Solidnya Lini Belakang Garuda Select: Komunikasi!Garuda Select saat menghadapi Huddersfield Town. Dok. Mola TV

Garuda Select sendiri sudah menjalani tiga laga uji coba selama menjalani pemusatan latihan di Inggris usai dari Italia. Pada laga uji coba pertama, Garuda Select harus mengakui keunggulan Queen's Park Rangers (5-8), kalah tipis dari Sheffield United (2-3), dan menang meyakinkan atas Huddersfield U-18 (3-0).

Kini, Garuda Select tengah melakukan persiapan serius menghadapi program uji coba terakhir pada Fabruari 2020. Garuda mereka bakal menjajal kekuatan Preston North End U-18 dalam laga yang digelar pada 25 Februari 2020.

Baca Juga: [FOTO] Melihat dari Dekat Latihan Garuda Select di Inggris

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya