Comscore Tracker

Kursi Pelatih Prancis Panas, Zidane Gusur Deschamps?

Menurut kalian, Zidane layak enggak jadi pelatih Les Blues?

Jakarta, IDN Times - Usai gagal membawa Prancis tampil baik di Piala Eropa 2020, posisi Didier Deschamps di kursi pelatih mulai diusik. Kini, rumor menyebut dia bakal segera didepak dan digantikan Zinedine Zidane.

Penampilan Prancis di ajang empat tahunan ini memang tak bisa memenuhi ekspektasi publik. Dijagokan menjadi kampiun, mereka malah tampil kurang meyakinkan sejak babak penyisihan.

Walau berhasil menjadi juara Grup F yang diisi tim-tim unggulan, Prancis hanya bisa meraih satu kemenangan dan sekali bermain imbang. Hanya empat gol yang berhasil mereka sarangkan dalam penyisihan itu.

Baca Juga: Bukan Kylian Mbappe yang Jadi Biang Kegagalan Prancis

1. Prancis didepak kuda hitam

Kursi Pelatih Prancis Panas, Zidane Gusur Deschamps?Potret laga Prancis melawan Swiss (twitter.com/iF2is)

Memasuki babak 16 besar, Prancis yang jauh diunggulkan ketimbang Swiss, tampil tak konsisten. Sempat tertinggal lebih dulu, mereka perlahan bisa bangkit dan berhasil memimpin 3-1 hingga pertandingan menyisakan waktu 10 menit lagi. Hanya saja, kemenangan yang sudah di depan mata itu buyar seketika karena Swiss mampu menyamakan kedudukan jadi 3-3.

Kedua tim dipaksa melanjutkan laga dengan babak tambahan. Banyak peluang emas yang berhasil diciptakan para pemain Prancis. Namun, hingga 2x15 menit selesai tak ada gol yang berhasil diciptakan. Walhasil, laga dilanjutkan dengan drama adu penalti.

Seluruh pemain yang ditugaskan menjadi algojo dari kedua tim mampu menjalankan tugasnya dengan baik, kecuali Kylian Mbappe. Dia gagal mengeksekusi sepakannya itu sehingga Prancis kalah menyakitkan dari Swiss.

2. Raung ganti Les Blues memanas

Kursi Pelatih Prancis Panas, Zidane Gusur Deschamps?eurosport.fr/Getty Images

Ruang ganti Prancis pun memanas. Para pemain dirumorkan saling menyalahkan karena timnya tersingkir dari Piala Eropa. Situasi itu membuat kepemimpinan Deschamps mulai dipertanyakan.

Walau masih menyisakan kontrak satu musim lagi, ada kans Deschamps cabut lebih cepat mengingat federasi sepak bola Prancis (FFF) juga bakal segera melakukan evaluasi.

Nama Zidane kini dianggap paling layak jadi suksesor Deschamps. Terlebih, usai meninggalkan Real Madrid, sang pelatih masih menganggur. Presiden FFF, Noel Le Graet, pun tak berkilah soal ditanya kans Zidane menggantikan Deschamps.

3. Presiden FFF belum bisa pastikan kapan Zidane bakal jadi pelatih anyar

Kursi Pelatih Prancis Panas, Zidane Gusur Deschamps?express.co.uk

Graet bahkan tak segan memuji Zidane sebagai pelatih yang sudah membuktikan diri punya kualitas sangat baik. Terbukti, dia bisa membawa Real Madrid meraih kesuksesan besar dengan meraih gelar bergengsi, seperti Liga Champions, LaLiga, hingga gelar lainnya.

"Dia merupakan orang yang saya sukai. Prestasi yang diraihnya sebagai pemain hingga menjadi pelatih, tak usah disangsikan lagi. Suatu saat nanti Zinedine Zidane mungkin akan menjadi pelatih Prancis. Kapan? Tidak tahu. Sebab, saya saat ini tak bisa memastikan hal itu," ujar Graet.

Baca Juga: Orang Tua Pemain Prancis Ribut Gara-gara Penalti Gagal Mbappe

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya