Laga Manchester City vs Burnley Diwarnai Spanduk Kontroversial!

Burnley disindir terkait isu rasialisme di Premier League

Jakarta, IDN Times - Secara tak terduga, sebuah insiden terjadi di Premier League saat Manchester City menjamu Burnley pada Selasa (23/6) dini hari nanti. Ada sebuah pesawat yang membawa spanduk bertuliskan 'White Lives Matter Burnley' sesaat sesudah para pemain dari kedua tim berlutut sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan 'Black Lives Matter.'

Pesawat tersebut mengitari Etihad Stadium selama kurang lebih tujuh menit. Hal itu diduga dilakukan sebagai bentuk sindiran kepada manajemen Burnley atas dukungan mereka pada gerakan Black Lives Matter, yakni dukungan terhadap gerakan persamaan hak dan anti-rasial yang didengungkan usai kematian George Floyd di Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

1. Burnley kutuk keras tindakan si oknum

Laga Manchester City vs Burnley Diwarnai Spanduk Kontroversial!Laga Man. City kontra Burnley. (thetimes.co.uk).

Terang saja, hal itu membuat Burnley berang. Mereka mengecam tindakan yang dilakukan segelintir oknum tak bertanggung jawab yang membentangkan spanduk ofensif di atas pesawat.

"Burnley mengutuk keras atas tindakan tersebut. Kami memastikan jika mereka yang bertanggung jawab dalam insiden itu tak diterima di Turf Moor. Ini, sama sekali tidak mewakili apa yang dimaksudkan oleh Burnley Football Club," tulis keterangan resmi klub.

Baca Juga: Antisipasi Kepergian Aubameyang, Arsenal Incar Striker Milik Burnley 

2. Burnley melakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa dalang di baliknya

Laga Manchester City vs Burnley Diwarnai Spanduk Kontroversial!Twitter.com/brfootball

Burnley sendiri sejauh ini langsung bertindak cepat untuk melakukan penyelidikan. Bahkan, mereka meminta bantuan pihak berwenang untuk mencari aktor di balik kejadian tersebut. Dan, mereka memastikan bakal memberikan tindakan tegas yang sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Para pemain dan staf sepak bola kami rela berlutut saat kick-off di markas Manchester City. Kami meminta maaf tanpa syarat kepada Liga Primer Inggris, ke Manchester City, dan kepada semua yang membantu mempromosikan Black Lives Matter," tulis pernyataan klub.

3. Manchester City berhasil cukur Burnley dengan skor 5-0

Laga Manchester City vs Burnley Diwarnai Spanduk Kontroversial!premierleague.com

Penyelesaian masalah tersebut memang jadi fokus manajemen klub saat ini. Sebab, Burnley mengakui jika mereka merupakan salah satu inisiator atas kampanye Black Lives Matter di Premier League, termasuk jadi klub yang paling vokal untuk bisa menyelesaikan kompetisi musim ini.

Duel antara Manchester City dan Burnley sendiri berakhir dengan kemenangan telak tuan rumah 5-0. Tripoin yang didapat The Citizen lahir dari gol Phil Folden (22', 63'), Riyad Mahrez 43'45'), dan satu gol lainnya melalui pemain asal Spanyol David Silva.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Kenapa "All Lives Matter" Sangat Sensitif

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya