LaLiga Sisakan 11 Pekan, Persaingan ke Eropa dan Degradasi Memanas

Valencia hingga Sevilla terancam turun kasta musim depan

Jakarta, IDN Times - LaLiga 2022/23 tinggal menyisakan 11 pekan lagi. Persaingan antarklub semakin memanas, karena ada pertarungan dalam perebutan posisi di hampir  setiap level klasemen.

“Bakal ada pertarungan sengit memperebutkan posisi di hampir setiap level klasemen, termasuk persaingan penting untuk kualifikasi Eropa. Selain itu, banyak tim berusaha keras agar terhindar dari degradasi," tulis keterangan resmi LaLiga.

Tiga tim teratas, Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid, masih berjuang keras memperebutkan gelar juara. Walau Blaugrana unggul 12 poin atas Madrid sebagai pesaing terdekatnya, kemungkinan untuk mengunci trofi masih cukup sulit mengingat mereka bisa saja terpeleset.

1. Perebutan tiket Liga Champions berjalan seru

LaLiga Sisakan 11 Pekan, Persaingan ke Eropa dan Degradasi Memanasmarca.com

Yang seru, persaingan perebutan tempat keempat, zona Liga Europa, serta kuota di Conference League. 

Real Sociedad (48 poin), Real Betis (45 poin) dan Villarreal CF (44 poin) yang berurutan berada di posisi empat hingga enam, bersaing secara terbuka memperebutkan jatah tiket Liga Champions.

Perbedaan poin yang begitu tipis antara ketiga tim membuat adanya kans setiap tim tiba-tiba tersingkir dari zona Eropa atau sebaliknya. Dengan kekuatan berimbang, sudah pasti pencinta sepak bola akan melihat ketatnya persaingan hingga akhir musim. 

Persaingan yang begitu dinantikan adalah duel Real Betis melawan Real Sociedad pada Matchday 31. Bisa jadi pertarungan keduanya bakal menentukan siapa yang berhak merebut tiket Liga Champions.

Baca Juga: Presiden LaLiga: PSG, Sepak bola Bukan Hanya Soal Uang 

2. Peersaingan merebut tiket Conference League juga panas

LaLiga Sisakan 11 Pekan, Persaingan ke Eropa dan Degradasi Memanastwitter.com/AthleticClub

Selain itu, sejumlah klub ikut bertarung memperebutkan tempat ketujuh. Maklum, posisi tersebut memberikan garansi satu tiket mentas di Conference League tahun depan, jika pemenang Copa del Rey lolos kualifikasi Eropa melalui posisi mereka di LaLiga. 

Atletico Bilbao yang saat ini berada di urutan ketujuh dengan mencatatakan 37 poin, belum bisa menggaransi finis dengan mudah di posisi yang sama. Apalagi, Rayo Vallecano juga membuntuti mereka di posisi delapan dengan catatan poin serupa. 

Ditambah lagi, posisi Osasuna, Celta Vigo, Girona hingga Real Mallorca begitu tipis jarak poinnya. Konsistensi akan menjadi penentu enam tim tersebut dalam berebut satu tiket menuju Conference League.

3. Banyak tim masih berpotensi degradasi musim depan

LaLiga Sisakan 11 Pekan, Persaingan ke Eropa dan Degradasi Memanassevillafc.es

Yang paling menegangkan, peta persaingan untuk terhindar dari degradasi. Sebanyak delapan klub, saling sikut untuk bisa menyelamatkan diri di LaLiga musim ini. Selain Elche yang perolehan poinnya paling kecil, yakni 13 poin di posisi paling buncit, tujuh tim lainnya masih berpotensi terperosok hingga ikut turun kasta musim depan.

Sevilla (31 poin) yang ada di peringkat 13, posisinya belum aman karena terpaut selisih poin yang ketat dari Getafe (30), Cadiz (28), Real Valadollid (28), Valencia (27), Espanyol (27), hingga Almeria (27). Bukan tak mungkin tim legendari macam Sevilla hingga Valencia turun kasta jika tak bisa memaksimalkan 11 pekan sisa LaLiga 2022/23.

Baca Juga: LaLiga Coret Gavi dari Skuad Barcelona, Konflik Memanas

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya