Comscore Tracker

Launching Liga 1 2020, PT LIB Janjikan Terobosan Baru

Liga 1 2020 berjalan lebih lama musim ini

Jakarta, IDN Times - Sepekan jelang kick-off, PT Liga Indonesia Baru menggelar launching kompetisi Shopee Liga 1 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (24/2). Dalam kegiatan tersebut, 18 kontestan juga melakukan parade jersey yang bakal digunakan pada musim ini.

Musim ini, kompetisi bakal dimulai pada 29 Februari-1 November 2020 dengan diikuti 18 klub. Sebanyak 306 pertandingan bakal digelar selama satu musim, yang akan melangsungkan sembilan pertandingan setiap pekannya.

1. Cucu Somantri optimistis Liga 1 lebih kompetitif

Launching Liga 1 2020, PT LIB Janjikan Terobosan BaruLaunching Liga 1 2020 yang digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (24/2) (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Direktur PT LIB, Cucu Somantri, mengaku sangat optimistis dalam gelaran musim ini. Menurut dia, hal itu dapat dilihat dari lebih teraturnya jadwal yang dimulai.

Oleh sebab itu, PT LIB akan berusaha lebih maksimal musim ini dan harus lebih semarak dan kompetitif dibandingkan periode sebelumnya.

"Kami optimistis, bisa dilihat dari masa berlangsungnya. Sejak pembukaan, kompetisi berlangsung 246 hari, ini lebih lama dibanding Liga 1 2019 kemarin berlangsung 221 hari, dengan demikian sebaran recovery tim mencapai 4,78 hari per laga dalam semusim, sedangkan tahun lalu 4,68 hari per laga, sehingga fokus tim tak terganggu," kata Cucu dalam sambutannya.

Baca Juga: TikTok Bakal Jadi Sponsor Liga 1 2020? Ini Kata PT LIB

2. Wasit diberi perangkat khusus di Liga 1 2020

Launching Liga 1 2020, PT LIB Janjikan Terobosan Barupremierleague.com

Mantan Pembina PSDS Deli Serdang itu juga memastikan musim ini bakal berjalan lebih kompetitif dari musim lalu. Mengingat musim lalu saja, penentuan siapa tim yang bakal degradasi baru ditentukan pada pekan terakhir, sehingga hal itu kemungkinan bisa kembali terjadi musim ini.

Beragam inovasi pun diberikan, termasuk pada perangkat pertandingan, agar wasit terus bisa memimpin jalannya laga dengan baik. Hal itu merupakan kebijakan yang disyaratkan oleh PSSI di bawah komando Mochamad iriawan alias Iwan Bule.

"Ada peralatan tambahan alat komunikasi dan vanishing spray, supaya hal itu bisa bantu tugas wasit lebih tegas, sehingga kualitas laga terangkat," ujar pria berpangkat Mayor Jenderal TNI Angkatan Darat tersebut.

3. Iwan Bule titip pesan untuk Dirut PT LIB

Launching Liga 1 2020, PT LIB Janjikan Terobosan BaruLaunching Liga 1 2020 yang digelar di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (24/2) (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Sementara, Ketua Umum PSSI, Iwan Bule yang juga hadir, memberikan apresiasi yang besar bagi PT LIB lantaran bisa mengelar launching yang sangat megah. Hal itu dibarengi juga dengan kesiapan mereka memulai kompetisi dengan sudah mengantongi izin dari BOPI.

"Ini jadi tonggak sejarah, dengan keikhlasan dan fokus dari PT LIB, kompetisi berlangsung dari Februari sampai akhir Oktober 2020, titip ke Dirut PT LIB, di tengah kompetisi, akan ada pemanggilan pemain Timnas Indonesia. Hal itu minta untuk dikomunikasikan dengan pemilik klub Liga 1, karena 16 Februari pemain Timnas Indonesia senior kembali dipanggil lagi untuk persiapan melawan Thailand dan UEA," tukas dia.

Baca Juga: Bhayangkara FC Resmi Kenalkan Tim dan Jersey Anyar untuk Liga 1 2020

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya