Comscore Tracker

Lawan 10 Pemain, Timnas U-19 Kalah Tipis atas Bosnia

Timnas U-19 sempat menekan habis Bosnia di babak kedua

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 harus menelan pil pahit dalam laga uji coba keenamnya selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Mereka harus mengakui keunggulan lawannya Bosnia dan Herzegovina dengan skor tipis 0-1 di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Jumat (25/9/2020) malam WIB.

Para pemain yang belum mendapatkan jam bermain benar-benar diberi kesempatan oleh Shin Tae-yong macam Erlangga Setyo, Jack Brown, dan Andre Oktaviansyah. Mereka mayoritas menjalankan laga perdananya untuk merebut hati pelatih asal Korsel.

Sejak babak pertama, Timnas U-19 langsung ditekan oleh Bosnia. Sang lawan terlihat bermain sabar dalam mengalirkan bola ke depan. Hal itu membuat skuat Garuda Muda tampil lebih bertahan.

Beberapa peluang berhasil diciptakan oleh Bosnia selama laga berjalan 15 menit. Hanya saja, tak satu pun peluang berhasil dikonversi menjadi gol. Selain Erlangga yang bermain cukup tenang di bawah mistar, para pemain Bosnia juga terlalu terburu-buru dalam penyelesaian akhir.

Memasuki menit ke-20 Bosnia mendapatkan peluang melalui sepakan bebas Ivan Basic. Bola tendangannya yang mengarah ke gawang Erlangga berubah arah dan melesat menggetarkan jala gawang Timnas U-19, lantaran upaya Komang Tri Arta Wiguna untuk membuang bola gagal.

Setelah tertinggal satu gol, Timnas U-19 masih kesulitan untuk keluar dari tekanan lawan. Mereka memang beberapa kali berhasil mencuri peluang. Hanya saja, hingga wasit menghentikan waktu di babak tak ada gol yang berhasil diciptakan.

Memasuki babak kedua, Timnas U-19 berani tampil lebih keluar. Mereka berusaha mencoba menyamakan kedudukan memanfaatkan permainan koletif dan kecepatan yang dimiliki pemain. Namun, belum ada sebiji gol pun yang bisa diciptakan.

Bosnia harus kehilangan pemainnya lantaran salah satu pemainnya diusir keluar lapangan. Dia melakukan pelanggaran keras sehingga wasit langsung menghadiahinya kartu merah.

Unggul jumlah pemain membuat Bagas Kaffa dan kolega semakin menekan Bosnia. Sebaliknya, sang lawan tampil sangat bertahan, layaknya parkir bus. Hal itu membuat penyerang Timnas U-19 merasa kesulitan untuk membongkar pertahanan lawan.

Meski pun berhasil menciptakan peluang berbahaya, Timnas U-19 gagal mengubah keadaan sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Walhasil, mereka pun harus puas kalah dengan skor 1-0 dari Bosnia dalam laga uji coba ini.

Baca Juga: Timnas U-19 vs Bosnia: Mementum Rotasi Shin Tae-yong

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya