Lawan Timor Leste Tak Maksimal, Timnas U-15 Alihkan Fokus ke Filipina

Timnas U-15 butuh kemenangan untuk pastikan tiket fase gugur

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-15 gagal merebut posisi puncak Grup A Piala AFF U-15. Sebab, mereka cuma bisa bermain imbang 1-1 melawan tim kuda hitam Timor Leste dalam laga yang digelar di Stadion Chonburi, Thailand, Rabu (31/7).

Namun demikian, hal itu tetap tak membuat pelatih Timnas U-15, Bima Sakti kecewa. Ia tetap bersyukur dengan apa yang telah ditunjukkan oleh anak asuhnya, dan menghargai apa yang telah ditunjukkan anak asuhnya dalam laga tersebut.

1. Bima Sakti alihkan fokus anak asuhnya untuk melawan Filipina

Lawan Timor Leste Tak Maksimal, Timnas U-15 Alihkan Fokus ke FilipinaDok.affsuzukicup

Pelatih berusia 43 tahun tersebut pun memilih fokus kembali ke laga selanjutnya untuk bisa meraih hasil maksimal saat bersua Filipina besok lusa. Menurutnya, kekurangan yang masih ditunjukkan timnya di laga-laga sebelumnya bakal diperbaiki dalam duel melawan Filipina nanti.

"Saya katakan kepada anak-anak harus tampil maksimal. Kami ini sebuah tim. Saya jelaskan ke mereka, jika kerja keras bagus maka semua akan bagus," kata Bima Sakti.

Baca Juga: Hadapi Timor Leste, Pertahanan Timnas U-15 Bakal Diuji

2. Timnas U-15 sudah memetakan kekuatan Filipina

Lawan Timor Leste Tak Maksimal, Timnas U-15 Alihkan Fokus ke Filipinaaseanfootball.org

Terkait kekuatan Filipina, Eks penggawa Persiba Balikpapan tersebut mengungkapkan sudah tahu kekuatan calon lawannya tersebut. Ia sudah melihat laga yang dimainkan Filipina. Selain itu, ia juga sudah menonton video-video pertandingan yang sudah dijalani Filipina.

"Mereka tim bagus dan punya kualitas. Kami tekankan ke pemain harus waspada dengan kekuatan Filipina," ujar pelatih yang berposisi sebagai gelandang ini saat menjadi pemain.

3. Timnas U-15 bakal melakukan rotasi

Lawan Timor Leste Tak Maksimal, Timnas U-15 Alihkan Fokus ke FilipinaDok. PSSI

Bima pun memastikan bakal melakukan beberapa rotasi lantaran sebagian pemainnya yang sudah kelelahan usai menjalani tiga laga secara penuh. Tak pelak, ia pun memberikan sedikit variasi dalam menu latihan yang diberikan kepada anak asuhnya.

"Yang main full mungkin ada latihan recovery sendiri, kemudian yang lain latihan juga karena semua harus siap untuk laga lawan Filipina. Akan ada pemain pengganti yang menggantikan pemain lain karena mereka tenaga baru dan tampil semangat untuk tim, tukas dia.

4. Timnas U-15 masih berada di bawah posisi Timor Leste

Lawan Timor Leste Tak Maksimal, Timnas U-15 Alihkan Fokus ke Filipinaaseanfootball.org

Sejauh ini, Timnas U-15 masih berada di posisi kedua klasemen sementara setelah menjalani tiga laga. Mereka masih mengumpulkan tujuh poin dengan mengoleksi dua kemenangan dan satu kali bermain imbang.

Posisi mereka masih berada satu strip di bawah Timor Leste yang memiliki poin sama. Hanya saja, mereka unggul produktivitas gol, yakni mengumpulkan 11 gol dan cuma kebobolan satu gol saja.

Jika berhasil tampil konsisten, keduanya memiliki kans besar untuk lolos ke fase gugur.

Baca Juga: Hadapi Timor Leste, Pertahanan Timnas U-15 Bakal Diuji

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya