Comscore Tracker

LCA 2019: Tantang Newcastle Jets, Persija Tanpa Lima Pilar

Beto dihantui pengalaman pahit bertemu klub Australia

Jakarta, IDN Times - Di tengah target tinggi yang dibidik untuk bisa mentas di babak utama Liga Champions Asia 2019, Persija malah dibekap masalah jelang duelnya di babak kualifikasi kontra Newcastle Jets di Newcastle Stadium, Australia, Selasa (12/2) ini. Skuat Macan Kemayoran harus tampil ompong dalam pertandingan nanti.

Bagaimana tidak, usai diterjang masalah karena ditinggal CEO-nya, Gede Widiade beserta jajarannya mundur dari manajemen, Persija dihadapkan persoalan anyar. Kini, tim besutan Ivan Kolev ini harus kehilangan sejumlah pemain andalannya.

1. Ivan Kolev Pusing lima pemainnya tak bisa tampil

LCA 2019: Tantang Newcastle Jets, Persija Tanpa Lima Pilarpersija.id

Lima pemain dipastikan harus diparkir, di antaranya adalah Jaimerson Xavier, Rezaldi Hehanusa, Rishadi Fauzi, Nugroho Fathurrahman, dan Daryono. Kelimanya harus absen membela Persija lantaran berbagai alasan.

Sebagaimana diketahui, Jaimerson harus menepi lantaran terkendala masalah KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara), sementara Daryono harus menjalani hukuman karena akumulasi kartu. Sisanya, macam Rezaldi, Rishadi, dan Nugroho terpaksa absen akibat masih dibekap cedera.

Kondisi ini membuat Ivan Kolev pusing tujuh keliling. Sebab, pilihan pemain untuk diturunkan dalam pertandingan nanti jadi lebih minim. Wajar, jika ini dianggap kerugian bagi pelatih berpaspor Bulgaria tersebut.

"Kami tak bisa memainkan lima pemain kami tentunya itu tidak bagus untuk kami. Namun, kami akan memberikan yang terbaik untuk laga besok. Saya pikir Newcastle Jets adalah tim yang sangat bagus. Saya respek kepada mereka dan tentunya laga besok bukan laga mudah bagi kami," ujar Kolev dalam sesi konferensi pers sebelum laga, Senin (11/2).

Baca Juga: Persija Punya Momen Buruk di Liga Champions Asia

2. Kolev dan Beto anggap Newcastle Jets punya keunggulan postur badan

LCA 2019: Tantang Newcastle Jets, Persija Tanpa Lima Pilarpersija.id

Kolev juga menganggap, kubu tuan rumah memiliki keunggulan dibandingkan Persija, salah satunya mengenai postur tubuh. Akan tetapi, hal itu tak akan membuat nyali Persija ciut. Terlebih dirinya mengakui kalau Persija juga memiliki keunggulan tersendiri.

"Ada beberapa bagian dari tim ini (Persija) sangat kuat. Kami juga memiliki beberapa keunggulan dan itu bisa dimaksimalkan," kata pelatih berusia 61 tahun tersebut.

Setali tiga uang dengan Kolev, pemain pinjaman dari Madura United, Alberto 'Beto' Goncalves, juga sangat mewaspadai postur tubuh yang kemungkinan akan jadi kekuatan lawannya. "Pemain mereka (pemain Australia) memang punya postur tinggi dan kuat. Tadi coach (Ivan Kolev) katakan juga tapi kita punya kecepatan dan skill. Jadi kalau mau menang harus keluarkan itu," beber Beto.

3. Beto dibayangi pengalaman pahit kala bertanding dengan klub Australia

LCA 2019: Tantang Newcastle Jets, Persija Tanpa Lima Pilarbola.net

Oleh sebab itu, Beto menggaransi akan memberikan kontribusi maksimal dalam duel nanti. Ia akan berusaha menjaga agar taring Macan Kemayoran tak rontok di Newcastle Stadium. Dirinya pun tak akan terpengaruh pengalaman pahitnya kala harus bertandang ke Australia beberapa tahun lalu.

Sebagaimana diketahui, berlaga di Australia bukan yang pertama bagai Beto. Pemain yang kini mengantongi paspor Indonesia itu pernah tampil di Australia kala masih berbaju Persipura yang bertandang ke markas Adelaide United di babak play-off LCA 2012. Hanya, hasilnya nihil karena Persipura kalah.

"Kita sangat optimistis meskipun kita tahu memang sulit. Main di sana tapi harus dicoba. Kita berusaha maksimal untuk bisa raih hasil positif yaitu lolos. Kita coba dan ke sana tidak mungkin main-main," kata eks penggawa Sriwijaya FC itu.

4. Tuan rumah waspadai Marko Simic dan Ismed Sofyan

LCA 2019: Tantang Newcastle Jets, Persija Tanpa Lima PilarLiga-Indonesia.id

Di sisi lain, tuan rumah akan targetkan kemenangan di kandang demi bisa masuk LCA. Apalagi klub Australia memiliki tren yang bagus kala bertemu tim-tim dari Indonesia.

Namun, hal itu tak membuat Newcastle Jets besar kepala. Sebab, mereka juga melihat Persija merupakan salah satu klub besar di Indonesia. Terlebih, Persija dianggap memiliki pemain-pemain berbahaya dan patut untuk diwaspadai.

"Jantung tim Indonesia. Persija memiliki lima pemain asing dalam skuatnya. Salah satunya pemain asing, penyerang asal Kroasia, Marko Simic. Dia mencetak gol ketiga dalam kemenangan besar atas Home United," kata Ernie Merrick dikutip dari laman resmi klub.

"Di sana ada pemain lain, seperti Ismed Sofyan. Dia bek berusia 39 tahun yang nyaris tampil dalam 400 pertandingan Persija sejak debut pada 2002," lanjutnya.

Laga ini diprediksi akan berjalan alot. Sebab, hasil akhir akan menentukan tim mana yang akan melangkah ke fase selanjutnya dan akan lebih dekat dengan tiket babak utama ACL.

 

Prakiraan pemain

Persija Jakarta (4-4-2): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Dany Saputra; Riko Simanjuntak, Sandi Darma Sute, Fitra Ridwan, Ramdani Lestaluhu; Marko Simic, Alberto Goncalves.

Newcastle Jets (4-2-3-1): Glen Moss; Daniel Georgievski, Nigel Boogaard, N Topor, John Koutroumbis; Matt Ridenton, Steven Ugarkovic, Ronald Vargas, Dimi Petratos, Nick Cowburn; Roy O'Donovan.

Baca Juga: Newcastle Jets Bukan Mustahil Dikalahkan oleh Persija

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You