Lewandowski Ingin Cabut dari Bayern Munich, Siapa Mau Tebus?

Lewandowski cetak 40 gol lebih dalam setiap musim

Jakarta, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari Bayern Munich. Mesin gol utama mereka, Robert Lewandowski, mengungkapkan ingin hengkang dan mencari tantangan baru di luar Jerman.

Dilansir Sky Sports, Lewandowski memang sudah dalam dua tahun terakhir ingin pergi mencari klub lain. Pada bursa transfer kali ini pun hal itu dia ungkap kembali. Dia menargetkan bisa tampil bersama klub Eropa lainnya sebelum usianya mencapai 35 tahun.

Die Roten sudah tahu Lewandowski ingin segera pergi. Mereka pun rela melepas strikernya cabut. Tapi, syaratnya terbilang berat. Siapa kira-kira klub yang berani tebus Lewandowski?

Baca Juga: Trofi yang Spektakuler bagi Mini Mourinho Bareng Bayern

1. Kontraknya tersisa dua tahun lagi di Bayern

Lewandowski Ingin Cabut dari Bayern Munich, Siapa Mau Tebus?potret Robert Lewandowski bersama Bayern Munich(sentinelassam.com)

Lewandowski sejauh ini masih menyisakan kontrak dua tahun lagi bersama Bayern. Melihat kondisi ini, dia merasa sudah saatnya pergi ke tempat lain. Sebab, jika harus menunggu hingga kontraknya selesai, usianya bakal mencapai 34 tahun. Hal itu bakal sulit membuatnya mendapat klub besar yang mau menampungnya.

Bayern juga sebetulnya tak mau pemain asal Polandia itu pergi musim ini. Terlebih, dia masih diandalkan jadi penyerang utama. Mereka tak punya lagi penyerang yang punya kemampuan mencetak gol seganas Lewandowski. 

Klub tersukses Bundesliga itu cuma punya Eric Maxim Choupo-Moting yang punya posisi serupa. Namun, kemampuan Choupo-Moting tak sejajar dengan Lewandowski.

2. Harganya kelewat mahal

Lewandowski Ingin Cabut dari Bayern Munich, Siapa Mau Tebus?bundesliga.com

Dengan kontraknya yang tersisa dua tahun, Lewandowski dibanderol 100 juta poundsterling atau Rp1,9 triliun. Angka yang kelewat mahal, apalagi Lewandowski sudah berusia lebih dari 30 tahun.

Bayern sebetulnya masih jadi klub yang membuatnya senang, tapi dia tak mau kehilangan kesempatan tampil di kompetisi yang lebih kompetitif, seperti Serie A, LaLiga atau Premier League.

Namun, karena banderol selangitnya, banyak klub berpikir ulang mendatangkan Lewandowski. Apalagi, beberap tim masih terganggu neraca keuangannya akibat pandemik COVID-19. Hal itu membuat kans Lewandowski keluar cukup berat.

Sebetulnya, ada beberapa tim yang sudah mengungkapkan keinginannya untuk bisa mendapat jasa Lewandowski, seperti Chelsea hingga Manchester City. Tapi, mereka sudah mendatangkan target lainnya dan tak mungkin kembali mendatangkan pemain dengan bayaran yang mahal.

3. Selalu mencetak 40 gol lebih dalam enam musim terakhir

Lewandowski Ingin Cabut dari Bayern Munich, Siapa Mau Tebus?fcbayern.com

Sebenarnya, wajar kalau Lewandowski diburu klub-klub raksasa. Penampilannya memang konsisten, jika melihat statistik dalam tujuh musim terakhir. Dia tampil sangat tajam dengan mencetak 297 gol dalam 331 laga di semua kompetisi. Hal itu membuatnya dinobatkan sebagai penyerang tertajam Bayern di era sekarang.

Dia bahkan bisa menyamai rekor yang ditorehkan sebelumnya oleh legenda Jerman, Gerd Mueller, yakni mencetak 40 gol dalam satu musim kompetisi Bundesliga.

Dilansir Opta, Lewandowksi selalu mencetak 40 gol atau lebih dalam lima musim terakhir di berbagai ajang bersama Bayern. Dia membukukan 42 gol (musim 2015/2016), 43 gol (2016/2017), 41 gol (2017/2018), 40 gol (2018/2019), 55 gol (2019/2020), dan 48 gol (2020/2021).

Dia juga mampu menggondol 18 gelar bersama Bayern, termasuk trofi Bundesliga hingga Liga Champions. Tak ayal, catatan itu membuatnya sudah cukup puas bersama Bayern Munich. Dia mau mencari tantangan baru bersama klub yang haus akan prestasi.

Baca Juga: Lukaku Dipastikan Pakai Nomor 9 di Chelsea!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya