Lewat Adu Penalti, Tottenham Singkirkan Chelsea dari Carabao Cup!

Sama kuat di 90 menit, keduanya beradu nasib di adu penalti!

Jakarta, IDN Times - Laga di babak 16 besar Carabao Cup dijalani oleh tuan rumah Tottenham Hotspur yang menjamu tamunya sesama tim London, Chelsea, pada Rabu (30/9/2020) dini hari tadi. Sama-sama turun dengan komposisi yang tangguh, kedua tim berburu tiket menuju babak 8 besar.

Chelsea sendiri menurunkan Edouard Mendy untuk jalani debutnya, dengan Ben Chilwell, Fikayo Tomori, dan Olivier Giroud juga diberikan kesempatan mentas sejak menit pertama. Sementara itu, Tottenham bermain tanpa Harry Kane sejak menit awal, serta tak membawa Son Heung-min.

Turun dengan kekuatan terbaiknya, The Blues tampil menggebrak. Chelsea jadi yang pertama mencetak gol di laga ini setelah Timo Werner mencetak gol perdananya di ajang resmi bersama The Blues di menit ke-19. Memanfaatkan asis manis Cesar Azpilicueta, striker Timnas Jerman itu sukses membobol gawang Hugo Lloris lewat sepakan keras terukur.

Sayang, tak ada gol tambahan tercipta di babak ini dan skor 0-1 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, anak asuh Jose Mourinho berbenah. Berupaya menambah daya gedor dan hasrat mengejar skor, Mourinho memasukkan Kane, Lucas Moura, hingga Pierre-Emile Hojbjerg. Sementara Chelsea tak tinggal diam, mereka juga memainkan Tammy Abraham hingga N'Golo Kante dan Emerson Palmieri di babak kedua untuk menyeimbangkan tim.

Tampil lebih agresif karena tak ingin malu, Tottenham coba mengurung pertahanan Chelsea. Di awal babak kedua misalnya, sepakan keras Sergio Reguilon di menit ke-51 sayangnya sukses dihentikan dengan gemilang oleh Mendy. 

Tottenham akhirnya sukses menyamakan skor di 10 menit terakhir babak kedua. Berawal dari penetrasi Reguilon di sisi kiri, bek asal Spanyol itu mengirimkan umpan silang yang sukses dikonversi Erik Lamela untuk menodai debut Mendy dengan kebobolan gol pada menit ke-83.

Tak ada tambahan gol di sisa 7 menit laga + 3 menit tambahan waktu, hasil akhir 1-1 jadi skor di 90 menit. Praktis, laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Erik Dier yang maju jadi eksekutor pertama The Lilywhites sukses menunaikan tugasnya, yang disusul oleh Tammy Abraham sebagai eksekutor pertama Chelsea. Tanpa kesulitan, striker muda Inggris itu juga sukses menyarangkan bola.

Lamela jadi penendang kedua Tottenham dan seperti Dier, sepakan kaki kirinya juga kali ini sukses mengecoh Mendy. Di sisi Chelsea, Azpilicueta yang penendang kedua kali ini. Tanpa kesalahan berarti, kapten The Blues ini juga sukses mengecoh Lloris.

Sebagai penendang ketiga, Tottenham diwakilkan oleh Hojbjerg. Dengan tenang, sepakan ke arah kanan dari pemain Denmark ini lagi-lagi tak bisa dibaca oleh Mendy. Sementara di kubu Chelsea, Jorginho maju sebagai penendang ketiga. Dengan ancang-ancang khasnya, pemain Timnas Italia ini sukses membobol gawang Lloris.

Maju jadi penendang keempat, Tottenham mengirim Lucas Moura. Memilih arah yang sama dengan Hojbjerg, sepakan pelan pemain asal Brasil ini kembali mengecoh Mendy. Sementara di kubu Chelsea, Emerson turun sebagai penendang keempat. Dan dengan lugas, pemain bernomor punggung 33 ini sukses memperdaya Lloris.

Penendang kelima, Tottenham mengutus Harry Kane. Dengan sepakan penaltinya, kapten Timnas Inggris ini sukses memperdaya Mendy. Sementara Chelsea, mengirim Mason Mount sebagai penendang kelima. Sayang, sepakannya menyamping dan Tottenham pun lolos ke babak 8 besar.

Baca Juga: Minus Kejutan, 7 Klub Kasta Tinggi Liga Inggris Melaju di Carabao Cup!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya