Comscore Tracker

Liga 1 Bergulir September: Persib Setuju, Persita Masih Bingung

Persib ikut keputusan PSSI jika kompetisi dilanjutkan

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memberikan opsi kepada klub untuk menggelar kembali Liga 1 dan Liga 2 2020 pada September dan Oktober nanti. Hal itu terungkap dalam rapat virtual yang dilakukan PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan klub kontestan kompetisi kasta tertinggi tanah air pada Selasa (2/5).

Beberapa klub pun mulai bersuara terkait masalah tersebut, salah satunya Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono. Menurut dia, timnya mendukung penuh keputusan PSSI bila kompetisi dilanjutkan pada September nanti.

"Kompetisi nanti juga demi kepentingan lebih besar, yakni timnas yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2021 di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Namun kompetisi nanti harus berlangsung dengan protokol yang ketat demi keselamatan semuanya," kata Teddy

1. Robert Alberts ingin kompetisi Liga 1 dilanjutkan

Liga 1 Bergulir September: Persib Setuju, Persita Masih BingungIDN Times/Galih Persiana

Terang saja ini jadi kabar baik bagi Maung Bandung, sebab sebelumnya mereka ingin kompetisi musim ini dilanjutkan.

Hal itu pula yang sempat diutarakan oleh pelatih Persib Robert Albert. Dia lebih senang dengan wacana untuk melanjutkan Liga 1 2020 meski tanpa penonton dibanding membatalkan kompetisi musim ini.

Menurut dia, opsi itu sangat masuk akal, terlebih negara di Eropa, seperti Inggris, Italia dan Prancis sudah mulai menyiapkan skenario tersebut.

"Saya belum menemukan masalah besar dari (usulan) itu. Karena penting bagi klub untuk kembali bermain. Tetapi, tentunya dengan aturan ketat agar keselamatan pemain juga terjaga," ujar pelatih asal Belanda itu beberapa waktu lalu.

2. Liga 1 2020 bukan memulai musim baru, tapi melanjutkan

Liga 1 Bergulir September: Persib Setuju, Persita Masih BingungLiga-Indonesia.id

PSSI kembali menegaskan jika kompetisi nanti dipastikan tak memulai musim baru, tapi dilanjutkan dengan format semua pertandingan digelar di Pulau Jawa dan tak ada sistem degradasi untuk musim ini di Liga 1 2020.

"Jadi opsi untuk status Liga 1 dan 2 adalah kompetisi lanjutan. Kompetisi akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

3. PSSI belum putuskan kompetisi seperti apa

Liga 1 Bergulir September: Persib Setuju, Persita Masih BingungBhayangkara FC vs Persija berakhir imbang 2-2 dalam laga lanjutan Liga 1 2020 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (14/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Namun demikian, beberapa klub sedikit dibingungkan, seperti Persita misalnya. Mereka bingung dengan format yang sudah dijelaskan oleh PSSI. Mereka bertanya terkait dengan klub-klub di luar Jawa bakal ber-home base di mana nantinya, plus bagaimana standar protokol keamanan dan kesehatan, hingga perkembangan penyebaran virus corona.

PSSI sendiri belum bisa memutuskan bagaimana nasib kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 selanjutnya di tengah pandemik virus corona yang meluas di Tanah Air. Sebab, rapat virtual bersama klub itu sifatnya meminta masukan, baru lah setelah semuanya diputuskan di rapat Exco nanti.

Saat ini PSSI juga terus berkomunikasi dengan pemerintah, melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selain itu, PSSI juga berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Gugus Tugas COVID-19, Kementerian Kesehatan, Kepolisian Republik Indonesia dan lain-lain untuk melihat peluang menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 pada September dan Oktober mendatang.

Baca Juga: PSSI Buka Opsi Liga 1 dan Liga 2 Digelar September dan Oktober

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya