Comscore Tracker

Liga 1 Bisa Disaksikan Penonton, Tiket Termahal Rp1 Juta

PSSI masih bahas kesiapan Liga 1 bisa disaksikan penonton

Jakarta, IDN Times - Kompetisi Liga 1 2021/22 direncanakan untuk bisa disaksikan langsung penonton di stadion. Tapi, setiap pendukung yang ingin menyaksikan langsung tim kesayangannya bertanding, harus merogoh kocek cukup dalam.

Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengungkapkan langsung soal kemungkinan tersebut. Hal itu semakin jelas usai digelarnya pertemuan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pada 22 Oktober 2021. 

Ahmad menyebut, sejauh ini harga tiket nantinya ditaksir antara Rp250 ribu hingga Rp1 juta. Tak hanya menonton, mereka nantinya mendapatkan beberapa keuntungan yang sudah masuk dalam paket pembelian tiket.

1. Tiket Liga 1 kenapa bisa mahal?

Liga 1 Bisa Disaksikan Penonton, Tiket Termahal Rp1 JutaDirut PT LIB, Akhmad Hadian Lukita. (liga-indonesia.id).

Biaya yang dikeluarkan untuk menonton pertandingan sepak bola, khususnya Liga 1 tentu sangat besar. Sebab, jika dibandingkan sebelumnya, harga tiket pertandingan sepak bola itu punya harga jauh lebih rendah, yakni mulai Rp25 ribu-Rp150 ribu.

"Kenapa karcis bisa sampai segitu? Karena akan banyak keuntungan yang didapat penonton. Keuntungannya itu adalah peralatan penunjang protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, kemudian tes antigen, food and beverage, dan lain-lain,’’ kata Lukita dalam rilis resmi PSSI.

Namun, sejauh ini belum ada keputusan resmi soal harga tiket yang relatif mahal tersebut. Sebab, PT LIB masih harus mempersiapkan diri bersama PSSI dan beberapa pihak terkait untuk bisa menggelar kompetisi yang bisa disaksikan langsung penonton di lapangan.

Baca Juga: Wasit Liga 1 dan Liga 2 Dievaluasi

2. Uji coba dengan undangan

Liga 1 Bisa Disaksikan Penonton, Tiket Termahal Rp1 JutaIDN Times/Galih Persiana

Sementara, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut jika semua sudah bisa dilakukan, tak semua penonton bisa menyaksikan langsung ke stadion. Kapasitas yang disediakan bakal terbatas, karena penerapan prokes ketat bakal tetap ditegakkan.

Namun, penonton yang hadir tak perlu khawatir. Sebab, kompetisi Liga 1 musim ini masih tetap disiarkan televisi swasta dan streaming agar semua pencinta sepak bola Indonesia masih bisa menikmatinya melalui layar kaca. 

Dia memastikan, tahapan pertama yang diperbolehkan menonton nantinya adalah tamu undangan terlebih dahulu, seperti Satgas COVID-19, Kemenpora, Kemenkes, BNPB, ketua suporter klub, media, dan undangan lainnya.

3. PSSI masih siapkan soal infrastruktur dan IT

Liga 1 Bisa Disaksikan Penonton, Tiket Termahal Rp1 JutaPintu masuk kantor PSSI saat masih berada di kawasan Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Wacana itu tampaknya masih harus dipelajari lebih lanjut lagi oleh PSSI dan stakeholder sepak bola lainnya. Sebab, PSSI sendiri menyebut, harus lebih dulu menyiapkan infrastruktur hingga IT (teknologi informasi) lebih dahulu. 

Terlebih, soal infrastruktur juga masih belum semuanya bisa memadai. Tak semua stadion di Indonesia punya standar FIFA dan AFC, seperti dilengkapi single seat dan nomor bangku.

Selain itu, mereka juga harus menyiapkan teknologi terkait tiket masuk dan beberapa hal pendukung lainnya. Baru setelah semuanya bisa rampung, PSSI bakal kembali melakukan diskusi dengan Kemenpora, Kemenkes, Satgas COVID-19, Koordinator PPKM Jawa Bali dan luar Jawa Bali, Kepolisian, BNPB, untuk membahas kemungkinan Liga 1 bisa disaksikan langsung penonton.

Baca Juga: Menpora Akan Temui PSSI, Bahas Penonton di Liga 1 dan Liga 2

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya