Liga 1 dan 2 Ditunda, PSSI Upayakan Timnas U-19 Latihan di Turki

Skuat Garuda Muda diproyeksikan TC di Turki

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan, mengatakan para pemain Timnas U-19 akan melanjutkan pemusatan latihan di luar negeri.

"Timnas saat ini ada di Kroasia untuk melakukan TC. Rencananya awal Oktober mereka akan pulang kembali ke Indonesia untuk bergabung dan kembali ke klubnya masing-masing," kata Iriawan dalam konferensi pers yang dilakukan di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Selasa (29/9/2020).

Namun, Iriawan melanjutkan, karena Liga dan Liga 2 ditunda, maka para pemain Timnas U-19 untuk sementara akan tetap bertahan di luar negeri.

"Karena kepulangan mereka tak akan berarti apa-apa pada peningkatan skill," katanya.

1. PSSI sedang mencoba menghubungi federasi sepak bola Turki untuk meminta izin TC di sana

Liga 1 dan 2 Ditunda, PSSI Upayakan Timnas U-19 Latihan di TurkiTimnas U-19 saat melakukan persiapan jelang uji coba melawan Bosnia Bosnia Herzegovina. (Dok. PSSI)

Sejauh ini PSSI belum menentukan tempat bagi Timnas U-19 melakukan TC. Federasi masih mencari negara yang tepat dan bisa memberikan izin bagi skuat Garuda Muda untuk menimba ilmu di negara tersebut. Dia menyebut, jika pihaknya tengah melobi Turki saat ini.

"Kami masih meneruskan TC, karena sudah sesuai harapan. Untuk TC kedua ini kalau bisa sih ke Turki, dan kami sedang dalam komunikasi ke federasi di sana, tapi jika enggak (mengantongi izin) kami akan melanjutkannya di Kroasia dan mencari lawan tanding di sana," ujar mantan Kapolda Jawa Barat tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Tutup TC di Kroasia, Timnas U-19 Kalahkan Dinamo Zagreb 1-0

2. Timnas U-19 menutup TC di Kroasia dengan meraih kemenangan atas Dinamo Zagreb

Liga 1 dan 2 Ditunda, PSSI Upayakan Timnas U-19 Latihan di TurkiTimnas U-19 berhasil meraih kemenangan atas Dinao Zagreb pada Senin (28/9/2020). (Dok. PSSI)

Timnas U-19 sendiri sudah menutup rangkaian TC dengan melakukan uji coba melawan Dinamo Zagreb di Kroasia. Mereka berhasil menumbangkan eks tim Luka Modric dengan skor 1-0 dalam laga yang digelar di Kompleks Stadion Maksimir (Dinamo Zagreb Academy), Zagreb, 28 September 2020.

Dalam laga tersebut, Witan Sulaiman tampil sangat baik dengan menjadi motor serangan di lini depan dan banyak membuat tim lawan kewalahan. Dia pula yang berhasil mencetak gol penentu kemenangan dalam duel uji coba Timnas U-19 tersebut.

3. Timnas U-19 merampungkan tujuh laga uji coba

Liga 1 dan 2 Ditunda, PSSI Upayakan Timnas U-19 Latihan di TurkiTimnas U-19 berhasil meraih kemenangan atas Dinao Zagreb pada Senin (28/9/2020). (Dok. PSSI)

Kemenangan tersebut merupakan yang kedua bagi Timnas U-19 selama menjalani TC di sana, setelah sebelumnya pernah menundukkan Qatar (0-1) pada pertemuan pertama. Sisanya, mereka menderita tiga kali kalah masing-masing dari Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Bosnia-Herzegovina (0-1), dan dua kali imbang kontra Arab Saudi (3-3) dan Qatar (1-1).

Lalu bagaimana kiprah mereka selama menjalani TC di Benua Eropa? aksi Beckham Putra Nugraha dan kolega memang layak ditunggu.

Baca Juga: Piala AFC Terancam Ditunda, Timnas U-16 dan Timnas U-19 Tanpa Agenda

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya