Liga 1 Musim Ini Jadi Panggung Pemain Muda?

Persija, Persebaya, hingga Persib sudah turunkan pemain muda

Jakarta, IDN Times - Pemain muda mulai banyak mendapat kesempatan melakukan debut di Liga 1 2021/2022. Madura United, Persebaya, Persipura, tak terkecuali Persija, tak anti memberikan menit bermain untuk para anak muda merasakan panggung megah sepak bola Indonesia.

Rahmad Darmawan yang dikenal piawai mengorbitkan pemain muda, langsung berani menurunkan Ronaldo Kwateh dalam skuad Madura United. Ia bahkan langsung menjadikan pemain berdarah Afrika itu sebagai starting eleven saat Laskar Sappe Kerrab berhadapan dengan Tira-Persikabo.

Hasilnya sangat positif. Pemain yang memulai debut di kompetisi profesional pada usia 16 tahun 10 bulan ini langsung menunjukkan permainan sangat baik. Tak terlihat demam panggung, ia justru memperlihatkan skills mumpuni yang membuat tim lawan kerepotan.

Baca Juga: Ada Peluang Lokasi Tempur Liga 1 dan Liga 2 Ditambah

1. Banyak klub Liga 1 sudah berikan kesempatan kepada pemain muda

Liga 1 Musim Ini Jadi Panggung Pemain Muda?Pemain muda Madura United, Ronaldo Kwateh. (maduraunitedfc.com).

Tak lama berselang, giliran Persebaya yang menunjukkan punya mutiara berkilau musim ini. Bekas pemain andalan Timnas U-16, Marselino Ferdinan mendapat jatah debut di Liga 1. Pelatih Aji Santoso memberikan kesempatannya tampil pada babak kedua saat  Bajul Ijo bersua TIRA-Persikabo. 

Selain itu, masih banyak klub-klub yang memberikan kesempatan kepada pemain mudanya mencicipi kerasnya Liga 1, seperti Bayu Mohammad Fiqri (Persib), hingga Ramai Rumakiek (Persipura). Paling anyar, Persija yang berani mencoba anak muda berbakat bernama Ilham Rio Fahmi.

Ia tercatat jadi pemain muda ketiga Persija yang mendapatkan kesempatan tampil di Liga 1. Sebelumnya ada nama Alfriyanto Nico Saputro (18 tahun) dan Radzky Syawal Ginting (17 tahun) yang sudah lebih dulu tampil di ajang ini.

2. Ilham jadi pemain muda Persija ketiga yang melakukan debut di Liga 1

Liga 1 Musim Ini Jadi Panggung Pemain Muda?Persija menurunkan pemain mudanya Ilham Rio Fahmi saat bentrok dengan PSIS di pekan kedua Liga 1 2021/2022. (Dok. Persija).

Ilham sendiri debut saat Persija bentrok dengan PSIS akhir pekan lalu. Ia menggantikan pemain muda lainnya, yakni Nico saat laga memasuki menit 78. Walau belum terlihat kemampuannya, setidaknya Persija kini mulai berani memberi kesempatan pemain mudanya mentas di kompetisi.

Jika menilik hal itu, besar kemungkinan jika memanfaatkan pemain muda ini adalah kebijakan yang diambil pelatih anyar Persija, Angelo Alessio. Maklum, eks assiten Antonio Conte saat membesut Chelsea, Juventus, hingga Timnas Italia ini, merupakan pelatih yang doyan memberikan peran penting untuk para pemain muda.

“Kami senang tim banyak mengambil pemain muda. Saya melihat dan mengamati perkembangan mereka setiap hari di latihan. Mereka harus lebih meningkatkan kemampuan dan tidak menutup kemungkinan saya akan menurunkan mereka,” kata Angelo.

Baca Juga: Menpora Apresiasi Prokes yang Diterapkan di Liga 1

3. Alessio senang skuad Macan Kemayoran banyak diisi anak muda

Liga 1 Musim Ini Jadi Panggung Pemain Muda?Pelatih baru Persija, Angelo Alessio. (persija.id)

Hal itu bahkan ia ungkapkan secara langsung. Ia senang Persija musim ini banyak dihuni anak muda berbakat. Positifnya, banyak dari pemain muda itu merupakan jeobal dari Akademi Persija. Hal ini tentu menunjukkan jika regenrasi dari klub Ibu Kota ini bisa berjalan dengan baik.

Namun demikian, Alessio tetap memberikan pesan kepada pemain mudanya untuk meningkatkan kemampuannya. Hal itu dilakukan agar para pemain ini bisa bersaing dengan senior-seniornya yang sudah memiliki banyak pengalaman. 

“Tapi mereka (pemain muda) tetap harus berkembang dan belajar kepada para pemain lainnya di tim. Saya senang dengan perkembangan para pemain muda namun kami harus memberikan kesempatan mereka secara bertahap,” ujar pelatih asal Italia ini.

Jika hal ini terus berlanjut, tentu bakal jadi keuntungan besar bagi Persija. Sebab, ke depan mereka bakal memiliki skuad muda yang tampil matang. Kini, para pemain muda itu tinggal memanfaatkan kesempatan yang diberikan Alessio.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya