Comscore Tracker

Liga 1 Tak Ganggu Agenda Timnas di Piala AFF dan Playoff Piala Asia

Seri perdana Liga 1 dimulai di Jakarta, Jabar, dan Banten

Jakarta, IDN Times - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan jadwal kompetisi Liga 1 bakal menyesuaikan dengan agenda Timnas Indonesia. Terlebih, di semester akhir 2021, skuad Garuda dihadapkan dengan beberapa turnamen, mulai dari uji coba resmi FIFA, play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, dan Piala AFF.

Sebelumnya, PT LIB menggelar manager meeting bersama perwakilan klub dan PSSI terkait kesiapan tim-tim pada Rabu (4/8/2021). Semua klub menegaskan siap mentas di kompetisi musim 2021/22 yang bakal dimulai 20 Agustus 2021.

"Jadwal disesuaikan dengan agenda Timnas Indonesia. Pasti akan dipersiapkan. Jadwal bakal lebih dinamis, dan jika ada FIFA matchday, tak akan ada pertandingan," kata Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita, usai pertemuan.

1. Liga 1 dimulai dari Agustus 2021-Maret 2022

Liga 1 Tak Ganggu Agenda Timnas di Piala AFF dan Playoff Piala AsiaPemain Persib, Wander Luiz sedang berduel dengan salah satu ek Persela. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj).

Akhmad Hadian juga memastikan jika kompetisi musim ini bakal digelar sesuai rencana. Apalagi, semua klub  sudah menyatakan siap menjalani kompetisi Liga 1 2021/22. Hal itu membuat PT LIB menjamin kompetisi bisa dimulai pada 20 Agustus 2021.

Dia sudah mengonfirmasi kepada PSSI dan Kemenpora, serta terus berkonsultasi dengan pihak terkait untuk persiapan kompetisi musim ini. Disebutkan Akhmad Hadian, jika Liga 1 musim 2021/22 bakal berlangsung selama tujuh bulan.

"Yang jelas dimulai Agustus 2021 hingga Maret 2022 untuk kompetisi. Itu juga semua sesuai dengan keinginan klub Liga 1 dalam virtual meeting tadi," ujar Akhmad Hadian.

Baca Juga: PSSI: Liga 1 Digelar 20 Agustus 2021

2. Belum menentukan tim yang tampil di laga pembuka

Liga 1 Tak Ganggu Agenda Timnas di Piala AFF dan Playoff Piala AsiaDirektur Operasional PT LIB Sudjarno. IDN Times/Tunggul Damarjati

Sementara, Direktur Operasional LIB, Sudjarno, juga mengamini kompetisi tak akan berbenturan dengan agenda Timnas. Dia memastikan ketika Timnas bertanding atau ada jadwal FIFA matchday, kompetisi akan berhenti. Operator sengaja memberikan kesempatan Timnas untuk bertanding.

PT LIB sejauh ini menyatakan masih menggodok jadwal Liga 1 musim ini. Sudjarno memastikan, jadwal tersebut akan terbit satu pekan sebelum kick-off kompetisi kasta tertinggi Indonesia ini dimulai.

"Jadwal pekan pertama akan dirilis satu pekan sebelum kick-off, kami sepakat dengan klub saat virtual meeting. Nanti akan melakukan manager meeting kembali untuk memastikan siapa yang bertanding, di mana lokasinya, setelah selesai, baru kami umumkan," beber Sudjarno.

3. Gunakan sistem bubble

Liga 1 Tak Ganggu Agenda Timnas di Piala AFF dan Playoff Piala AsiaLiga-Indonesia.id

Walau jadwal belum diumumkan, PT LIB sudah memastikan jika Liga 1 musim ini akan menggunakan sistem bubble, sesuai dengan rencana awal. Mereka meniru kompetisi Indonesian Basketball League yang digelar di tengah pandemik COVID-19 dengan sistem serupa.

"Format kompetisi ini, kami masih menggunakan sistem seri. Masih sama nantinya akan ada seri pertama hingga enam. Kami juga tetap menggunakan tiga klaster yang dirancang sesuai rencana awal. Kemudian, setiap serinya nanti akan ada jeda," kata Direktur Operasional LIB, Sudjarno.

Sudjarno juga memastikan jika Liga 1 seri pertama ini bakal tetap digelar sesuai dengan rencana sebelumnya, yakni di Jakarta, sebagian Jawa Barat, dan Banten. Baru setelah seri pertama selesai, PT LIB mulai menyiapkan seri dua yang digelar di wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Paten, Ada Jaminan Liga 1 Mulai 20 Agustus 2021

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya