Comscore Tracker

Liga Champions: 11 Tim ke Babak 16 Besar,  Dortmund Angkat Koper

Lima tiket sisa fase gugur diperebutkan 11 tim lagi

Jakarta, IDN Times - Kompetisi Liga Champions matchday kelima telah rampung.  Beberapa kejutan mulai terjadi jelang berakhirnya babak penyisihan, karena beberapa tim yang diprediksi bakal melangkah jauh harus angkat koper lebih cepat.

Total sudah ada 11 tim yang memastikan diri melaju ke babak 16 besar. Sementara, lima tiket terakhir akan diperebutkan 11 tim lagi dan 10 sisanya sudah dipastikan tersingkir dari Liga Champions musim ini.

Yang paling mengejutkan adalah tersingkirinya Borussia Dortmund pada babak penyisihan. Kemudian, ada Atletico Madrid dan Barcelona yang kini berada di ujung tanduk dan memiliki peluang yang berat untuk lolos ke babak gugur.

1. Dortmund tersingkir karena kalah dari Sporting

Liga Champions: 11 Tim ke Babak 16 Besar,  Dortmund Angkat Koperpotret Sporting CP merayakan gelar Liga NOS 2020/2021(punchng.com)

Hasil paling mengejutkan datang dari Grup C di Liga Champions edisi kali ini. Sporting CP dipastikan melangkah mulus ke fase gugur usai mengandaskan Borussia Dortmund 3-1 dalam laga di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Kamis (25/11/2021).

Sporting menemani Ajax di babak 16 besar nanti dengan status runner-up. Klub asal Portugal itu unggul tiga poin dari Dortmund yang bertengger di peringkat tiga. Walau pada pekan terakhir nanti Sporting kalah dan sebaliknya Dortmund menang, posisi mereka sudah tak mungkin lagi berubah.

Dortmund mustahil mengejar pesaing terdekatnya itu lantaran kalah selisih gol dan head to head. Kini, mereka pun tinggal menunggu kemungkinan bisa tampil di Liga Europa.

Baca Juga: 5 Pemain Borussia Dortmund Bernomor Punggung 9 sebelum Haaland 

2. Barcelona dan Atletico di ujung tanduk

Liga Champions: 11 Tim ke Babak 16 Besar,  Dortmund Angkat KoperPotret Gavi, pemain muda Barcelona (twitter.com/FCBarcelona)

Hasil menarik lainnya datang dari Grup B dan Grup E. Barcelona yang kini ditangani Xavi Hernandez berpotensi tak bisa lolos ke babak selanjutnya. Walau berada di peringkat kedua dengan raihan poin tujuh, posisinya masih rawan diambil alih Benfica yang terpaut dua poin dari Barca.

Masalahnya, Balugrana harus menghadapi Bayern Munich pada laga terakhir. Mereka juga bakal datang sebagai tim tamu ke Jerman. Walau Die Roten sudah dipastikan lolos, tentu merka bakal berjuang meraih hasil maksimal di kandangnya. Apalagi, mereka berkesempatan membuat Barca pulang cepat.

Selain itu, Atletico Madrid yang acap kali lolos ke fase gugur Liga Champions dalam beberapa edisi terakhir nasibnya tak jelas. Mereka menjadi juru kunci di Grup B dengan raihan empat poin, kalah produktivitas memasukkan dari AC Milan.

Namun demikian, mereka masih berpotensi lolos ke 16 besar, dengan catatan AC Milan kalah dari Liverpool dan Atletico menang dalam laga penentuan kontra Porto. Hal itu membuat pekan terakhir Liga Champions nanti dipastikan bakal berjalan panas.

3. Sebanyak 11 tim sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions

Liga Champions: 11 Tim ke Babak 16 Besar,  Dortmund Angkat Koperpotret duel Juventus vs Chelsea (uefa.com)

Tak kalah menarik, persaingan sengit terjadi di Grup G Liga Champions. Bagaimana tidak, belum ada satupun klub yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Keempat tim yang tergabung, yakni Lille (8 poin), RB Salzburg (7), Sevilla (6), dan Wolfsburg (5) masih punya peluang untuk melangkah ke babak selanjutnya. 

Tentu dua laga di Grup G pada matchday keenam nanti bakal jadi drama yang tak boleh dilewatkan. Duel Wolfsburg kontra Lille dan Salzburg melawan Sevilla bakal jadi perang penentuan dua tim yang bakal melaju ke babak gugur ajang ini.

Selain itu, hampir semua grup sudah memastikan wakilnya melangkah ke fase gugur Liga Champions. Mereka adalah, Manchester City (Grup A), PSG (Grup A), Liverpool (Grup B), Ajax (Grup C), Sporting CP (Grup C), Real Madrid (Grup D), Inter Milan (Grup D), Bayern Munich (Grup E), Manchester United (Grup F), Juventus (Grup H), dan Chelsea (Grup H).

Baca Juga: 10 Pemain Liga Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya