Liga Champions: Madrid Bungkam Ajax Amsterdam dengan Skor 2-1

Ajax tampil cukup baik di leg pertama

Jakarta, IDN Times - Real Madrid akhirnya membawa pulang tripoin usai mempermalukan tuan rumah Ajax Amsterdam dengan skor 2-1 di Johan Cruyff Arena, Kamis (14/2) dini hari WIB.

Dua gol Los Galaticos diciptakan oleh Karim Benzema (60') dan Marco Asensio (87'). Dan, Ajax hanya bisa memperkecil ketertinggalan lewat kaki Hakim Ziyech (75').

Sejak peluit dibunyikan, tuan rumah langsung menekan Real Madrid. Tak sedikit pun mereka memberikan ruang kepada tim besutan Santiago Solari untuk bisa berkembang. Walhasil penguasaan bola Ajax lebih baik jika dibandingkan Real Madrid.

Tuan rumah langsung mendapatkan peluang pada menit ke-8 lewat kaki Noussair Mazraoui. Sayang, tendangan pemain berusia 21 tahun tersebut masih sedikit menyamping ke pojok kanan gawang Real Madrid yang dijaga Thibaut Courtois.

Lima menit berselang gilir gawang Ajax yang terancam. Kali ini, lewat kaki Vinícius Júnior. Melalu umpan matang dari koleganya, Vinicius langsung melakukan tendangan keras ke arah gawang, Hanya, Andre Onana yang ada di bawah mistar mampu memblok bola.

Ketika waktu masuki menit ke-25, Ajax mampu memanfaatkan kepanikan pemain bertahan Los Blancos yang terus di-pressing. Dusan Tadic yang sebelumnya berhasil mencuri bola mampu menggiringnya ke kotak 12 pas dan langsung melakukan tendangan keras, tetapi bola tersebut masih mengenai mistar.

Ajax sebetulnya mampu mencetak gol terlebih dahulu saat laga tinggal menyisakan tujuh menit lagi. Sundulan Matthijs de Ligt yang tak bisa ditangkap Curtois langsung jadi bola liar. Nicolas Tagliafico pun mampu menafaatkanya dan berhasil menceploskan bola kedalam gawang.

Namun, sang pengadil tak mengesahkan gol yang dibuat oleh Ajax. Usai melihat VAR, wasit menganggap posisi Tagliafico sudah terlebih dahulu offside.

Walau mampu menguasi jalannya laga sepanjang babak pertama, tak satupun peluang bisa diselesaikan menjadi gol. Sama halnya dengan Real Madrid yang sepanjangn laga kesulitan mencari gol.

Paruh kedua dimulai, kedua tim sempat menurunkan tempo pertandingan. Hal itu dikarenakan keduanya memilih tampil hati-hati dan disiplin. Hanya, itu tak bertahan lama, karena kedua tim kembali melakukan jual beri serangan.

Petaka bagi tuan rumah justru dihadirkan oleh striker Prancis, Karim Benzema. Ia berhasil membawa Real Madrid unggul 0-1 di menit ke-60. Kali ini lewat kecerdikan Vinicius yang mampu melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti dan mengakhirinya dengan umpan matang yang disielesaikan dengan sempuran lewat firstime.

Usai tertinggal satu gol,  Ajax kembali tampil lebih menyerang. Tak jarang, Curtois harus susah payah meyelamatkan gawangnya. Tak sia-sia, Hakim Ziyech berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-75 usai medapatkan umpan cut back dari rekannya. 

Real Madrid kembali mampu unggul kembali lewat Marco Asensio tiga menit sebelum waktu normal berakhir. Cavajal kembali menjadi kunci dengan memberikan umpan silang matang yang mampu diakhiri dengan eksekusi manis dari Asensio. Gol itu membuat Madrid unggul 2-1.

Ajax pun mencoba mengejar ketertinggalan di laga sisa. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan Ajax tak mampu mencetak gol dan skor akhir pun tetap bertahan 1-2 untuk keunggulan Real Madrid. 

Susunan Pemain

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Frenkie de Jong, Donny van de Beek,  Lasse Schoene;  Hakim Ziyech, David Neres, Dusan Tadic

Real Madrid (4-3-3): 25-Thibaut Courtois, 2-Dani Carvajal, 4-Sergio Ramos, 6-Nacho Fernandez, 23-Reguilon, 8-Toni Kroos, 14-Casemiro, 10-Luka Modric, 9-Karim Benzema, 11-Gareth Bale, 28-Vinicius Junior

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya