Liga Champions Punya Format Baru, Portugal Bakal Jadi Tuan Rumah?

Liga Champions 2019/2020 belum rampungkan babak 16 besar

Jakarta, IDN Times - Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) dan Asosiasi klub Eropa (ECA) kini tengah membahas opsi pemindahan venue seluruh pertandingan dalam lanjutan Liga Champions 2019/2020 ke Portugal.

Portugal khususnya Lisbon, seperti dikutip dari Football-Italia, dinilai akan menjadi tuan rumah paling ideal karena negara ini relatif tidak terpengaruh COVID-19.

1. Babak delapan besar bakal dihelat satu laga saja

Liga Champions Punya Format Baru, Portugal Bakal Jadi Tuan Rumah?Evening Standard

Dikabarkan ajang paling bergengsi seluruh klub Eropa ini bakal memulai "restart" pada 4 Agustus mendatang. Sebab UEFA sudah menentukan jadwal berakhirnya kompetisi pada 29 Agustus 2020.

Format pertandingan pun bakal mengalami sedikit perubahan mulai babak 8 besar nanti. Pada babak perempat final itu, tak ada pertandingan yang dilangsungkan home-away lagi.

Duel antar tim bakal digelar sekali saja di satu negara dan jika hasilnya imbang, tim harus menyelesaikannya melalui perpanjangan waktu dan adu penalti.

2. Perjalanan dan pertandingan away bakal berkurang jika Liga Champions pindah ke Portugal

Liga Champions Punya Format Baru, Portugal Bakal Jadi Tuan Rumah?Lisbon. (ultra-tifo.com)

Perubahan format dan venue pertandingan dilakukan cara untuk meminimalisasi risiko saat pandemik COVID-19 masih melanda. Cara itu tak hanya memungkinkan klub mengurangi jumlah pertandingan saja, tapi mengurangi jumlah perjalanan saat situasi masih belum kondusif.

Sebetulnya, Istanbul jadi tuan rumah pertandingan final Liga Champions edisi kali ini. Hanya saja, kesiapan dan kondisi keamanan membuat mereka diragukan bakal bisa menggelar partai paling akbar nantinya.

3. Baru empat tim yang lolos ke babak delapan besar

Liga Champions Punya Format Baru, Portugal Bakal Jadi Tuan Rumah?psgtalk.com

Namun demikian, sebelum mencapai babak delapan besar, beberapa tim masih harus memastikan tiket lolos dengan menyelesaikan pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Sebab, baru setengah tim saja yang sudah dipastikan melangkah ke fase selanjutnya, yakni Paris Saint-Germain (PSG), Atletico Madrid, Atalanta, dan RB Leipzig.

Sisanya, beberapa klub besar macam, Real Madrid, Juventus, dll. masih membutuhkan waktu 2x45 menit lagi jika ingin mencicipi tampil di babak selanjutnya.

Baca Juga: UEFA Gelar Final Liga Champions dan Liga Europa Agustus 2020?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya