Comscore Tracker

Lima Pemain Garuda Select Dipulangkan dari Inggris

Kelimanya pulang karena dijadwalkan ikut Ujian Nasional

Jakarta, IDN Times - Lima pemain Garuda Select yang tengah berguru di Inggris harus dipulangkan untuk sementara waktu ke Indonesia. Bukan karena performa menurun, melainkan karena jadwal Ujian Nasional tingkat menengah.

Kelima pemain yang kembali ke tanah air adalah Risky Sudirman, Fajar Fathur Rahman, Yogi Hermawan, Bramdani, dan Dodi Irawan. Walaupun dituntut bisa menunjukkan prestasi bersama Garuda Select, pendidikan pendidikan formal juga menjadi prioritas bagi kelimanya.

Mereka tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Sabtu (21/3) malam. Kelimanya akan mengikuti persiapan intensif berdasarkan agenda sekolah masing-masing hingga selesai.

1. Program uji coba dibatalkan akibat virus corona

Lima Pemain Garuda Select Dipulangkan dari InggrisWinger Garuda Select, Ferdiansyah, kala melawan Preston North End U-18, Selasa (25/2). Dok. Mola TV

Pada saat yang bersamaan, agenda pertandingan Garuda Select di Inggris memang sedang mengalami penangguhan sementara akibat pandemik COVID-19. Garuda Select yang sejatinya masih punya satu agenda uji coba melawan Leicester City U18 pada Sabtu (28/3) pun terpaksa ditiadakan karena kondisi di Inggris belum aman.

April nanti, agenda uji coba Garuda Select kontra Arsenal, Brighton, Norwich, dan Manchester City pun tak jadi digelar. Sebab, pemerintah Inggris sudah memberikan instruksi seluruh aktivitas olahraga dihentikan selama wabah corona masih menjangkit di Britania Raya.

2. Garuda Select bakal fokus latihan fisik

Lima Pemain Garuda Select Dipulangkan dari InggrisAsisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes. IDN Times/Isidorus Rio Turangga

Guna mengisi kekosongan lantaran agenda uji coba yang tertunda, tim pelatih berusaha untuk membuat program Garuda Select tetap berkesinambungan. Seluruh skuat pun difokuskan untuk peningkatan individu pemain.

Asisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes, menyebut jika para pemain tetap harus bergerak demi menjaga kebugaran. Untuk mengisi kekosongan jadwal bertanding, tim pelatih berencana akan terus memberi materi terutama dari segi fisik.

Menurut Holmes, Garuda Select bakal mengadakan sesi latihan di pusat kebugaran.

"Kami akan melihat kebutuhan para pemain. Kemarin kami sempat melakukan pertandingan internal dan hasilnya cukup memuaskan. Beberapa pemain memperlihatkan kinerja individu yang sangat baik. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada sesi latihan fisik dengan Jake (Fitzsimmons, pelatih fisik)," kata Holmes.

3. Pemain Garuda Select dapat pengawasan ketat dari pelatih

Lima Pemain Garuda Select Dipulangkan dari InggrisGaruda Select siapkan menu latihan berbeda selama masa rehat di Inggris (Dok. Mola TV)

latihan itu diperlukan untuk memastikan para pemain tetap menyesuaikan tubuh mereka yang sudah terbiasa bertanding setiap pekannya.

"Namun, sepertinya porsi latihan fisik akan lebih berat dari biasanya. Intinya, para pemain tetap mendapatkan pengawasan setiap harinya," bebernya Holmes.

Selama jeda, para pemain Garuda Select tetap mendapatkan pengawasan ketat dari tim pelatih. Jadwal dan porsi latihan disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. Demikian juga asupan pangan serta gizi pemain yang harus terus dijaga.

Baca Juga: Uji Coba Tertunda karena Virus Corona, Garuda Select Fokus ke Fisik

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya