Liverpool dan Inggris Berduka, Juara Piala Dunia Wafat

Mempersembahkan gelar Piala Dunia bersama Timnas Inggris

Jakarta, IDN Times - Liverpool dan Timnas Inggris kini tengah dirundung duka. Legendanya, Roger Hunt, mengembuskan napas terakhir pada usia 83 tahun, Selasa (28/9/2021) waktu setempat.

"Kami berduka atas wafatnya sang legenda, Roger Hunt. Doa dan dukungan kami di Liverpool untuk keluarga dan rekan-rekan Roger di waktu yang sulit dan sedih ini," tulis pernyataan resmi Liverpool di situs resmi klub.

Meninggalnya Roger tentu jadi duka mendalam bagi sepak bola Inggris. Sebab, beberapa hari sebelumnya legenda Inggris lainnya, yakni Jimmy Greaves juga tutup usia.

Baca Juga: Kaide Gordon Calon Bintang Masa Depan Liverpool

1. Sempat mencetak 62 gol dalam setahun bersama Liverpool

Liverpool dan Inggris Berduka, Juara Piala Dunia WafatLegenda Liverpool dan Timnas Inggris, Roger Hunt meinggal dunia pada usia 83 tahun. (independent.co.uk).

Roger memang punya andil besar dalam mengangkat pamor Liverpool di medio 1960-an. Saat The Reds diasuh pelatih fenomenal, Bill Shankly, Roger mampu membawa dua gelar kompetisi domestik dan Piala  FA.

Yang paling diingat fans Liverpool tentu catatan emasnya Roger yang berhasil mencetak 62 gol pada 1961. Jumlah tersebut hanya kalah dari legenda Liverpool lainnya, Ian Rush yang mengoleksi 84 gol pada 1983.

2. Jadi pencetak gol terbanyak The Reds di Liga Inggris

Liverpool dan Inggris Berduka, Juara Piala Dunia WafatLegenda Liverpool dan Timnas Inggris, Roger Hunt meinggal dunia pada usia 83 tahun. (alchetron.com).

Dia masih memegang catatan sebagai pencetak gol terbanyak Liverpool dengan menyumbangkan 244 gol. Walhasil, dia masuk dalam jajaran legenda paling berpengaruh sepanjang sejarah perjalanan klub.

Atas pencapaian yang diraih, Roger pun kini dianugerahi gelar ksatria kehormatan dari The Kop. 

"Roger Hunt tidak ada duanya dalam sejarah Liverpool FC, itu sudah jelas," kata pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

"Untuk menjadi katalis pencetak gol tim yang dilatih Shankly hingga benar-benar mencapai promosi dan memenangkan gelar liga dan Piala FA, membuatnya masuk dalam jajaran legenda klub, menjadikan kami seperti sekarang," lanjut dia.

Baca Juga: Liverpool Ketar-ketir Alexander-Arnold Absen Lawan Porto

3. Mengantarkan Timnas Inggris jadi juara Piala Dunia 1966

Liverpool dan Inggris Berduka, Juara Piala Dunia WafatLegenda Liverpool dan Timnas Inggris, Roger Hunt meinggal dunia pada usia 83 tahun. ( marca.com).

Sepak terjangnya bersama Timnas Inggris juga cukup mentereng. Dia bahkan menjadi bagian dari tim yang membawa negaranya meraih gelar Piala Dunia 1966. Dia mencetak tiga gol dalam ajang bersejarah yang membuat negaranya menjadi kutub kekuatan sepak bola dunia.

Catatan dengan membawa klubnya jadi juara musim ini tak sekalipun bisa ditorehkan pemain Inggris manapun di ajang tersebut. Walau saat ini banyak dihuni pemain bintang, Inggris bahkan kesulitan meraih prestasi di berbagai ajang internasional.

Bersama Timnas Inggris, Hunt menyumbang 18 gol dalam 34 penampilan sejak debutnya pada 59 tahun silam. Saat itu, dia merupakan pemain Liverpool yang masih mentas di kasta kedua sepak bola Inggris.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya