Comscore Tracker

Liverpool Lolos ke Liga Champions, Nyaris Samai Rekor Manchester City

Liverpool lolos ke Liga Champions sebelum kick off dimulai

Jakarta, IDN Times - Liverpool meneruskan catatan gemilang mereka di ajang liga Premier League 2019/2020 dengan mengalahkan Norwich City dengan skor 1-0 pada Minggu (16/2) dini hari. Gol semayang wayang Liverpool dicetak Sadio Mane pada menit ke-78. 

Kemenangan tersebut membuat Liverpool mencatatkan rekor gemilang. Mereka berhasil meraih kemenangan ke-17 secara di Liga Inggris musim ini, atau selangkah lagi menyamai rekor kemenangan beruntun terbanyak dalam sejarah Liga Inggris yang dicatatkan Manchester City.

1. Liverpool sudah unggul 25 poin dari pesaing terdekatnya

Liverpool Lolos ke Liga Champions, Nyaris Samai Rekor Manchester Citytwitter.com/LFC

Tiga poin dari Norwich City membuat The Reds berhasil mengoleksi 76 poin dan melaju jauh. Mereka unggul 25 poin dari pesaing terdekatnya Manchester City. Keunggulan poin itu membuat Liverpool semakin dekat dengan gelar Premier League yang terakhir didapat pada musim 1990.

Namun, terlepas dari gagal atau tidaknya mereka meraih gelar musim ini, Liverpool tetap dipastikan lolos ke Liga Champions musim depan. Kenapa demikian? Sebab poin yang mereka kumpulkan sangat sulit untuk dikejar oleh tim lain.

Dengan asumsi kalah pada 12 pertandingan yang tersisa musim ini, poin mereka bakal sulit terkejar dari tim-tim di bawahnya Terlebih, Manchester City juga hampir dipastikan absen musim depan lantaran sanksi yang didapat.

2. Liverpool sudah tak mungkin terkejar Sheffield dan Tottenham

Liverpool Lolos ke Liga Champions, Nyaris Samai Rekor Manchester Cityliverpoolecho.co.uk

Jika Manchester City diasumsikan bakal tetap finis di empat besar, jatah tiket Liga Champions tentu bakal pindah ke tim yang ada di posisi lima. Posisi tersebut kini sedang ditempati Sheffield United dengan koleksi 39 poin. Andai saja mereka menang poin maksimal yang diraih hanya 75 saja, defisit satu angka dari perolehan Liverpool musim ini.

Lalu, Tottenham juga demikian. Walau mereka berhasil meraih 12 kemenangan di sisa laga musim ini (plus 37 poin), perolehan angka yang diraih bakal sama dengan Liverpool. Namun, tetap saja melihat selisih gol yang diraih Liverpool (+46) dan Tottenham (+8), akan sulit untuk mengejarnya.

3. Lolos ke Liga Champion dengan cepat, Liverpool catat rekor sendiri

Liverpool Lolos ke Liga Champions, Nyaris Samai Rekor Manchester Citypremierleague.com

Hal itu menunjukkan bahwa satu tiket Liga Champions musim depan dipastikan bakal dikantongi anak asuh Jurgen Klopp. Hal itu disebabkan tak ada tim lagi yang bisa mengejar poinnya di luar Manchester City, Leicester City, dan Chelsea yang berada di posisi dua sampai empat Premier League musim ini.

Catatan itu juga jadi rekor tersendiri bagi Liverpool di Premier League musim ini. Sebab, baru pertama kali kondisi tersebut terjadi, di mana sebuah tim dipastikan melangkah ke Liga Champions musim depan di bulan Februari, atau lebih dari setengah tahun sebelum sepak mula perdana Liga Champions 2020/2021.

Baca Juga: Liverpool Hanya Butuh 5 Kemenangan Lagi untuk Rebut Gelar Liga Inggris

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya