Logo Piala Dunia 2022 Qatar Diluncurkan, Ini Makna Dibaliknya 

Logo Piala Dunia terbaru memiliki ciri khas Arab

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak bola Dunia (FIFA) secara resmi meluncurkan logo resmi Piala Dunia 2022 yang bakal digelar di Qatar. Peluncuran logo tersebut dilakukan bertepatan dengan hari kemerdekaan Qatar dan dilakukan di beberapa lokasi ruang publik Doha pada Selasa (3/9) waktu setempat.

Bersamaan dengan peluncuran Logo Piala Dunia 2022 di Doha, layar raksasa di berbagai penjuru dunia juga menampilkan logo anyar tersebut, seperti Menara Kuwait, Gedung Opera Aljir, Raouche Rock di Beirut, Canary Wharf dan Leicester Square di London, Times Square New York, hingga ke beberapa lokasi macam Mumbai, Kota Meksiko, Moskow, Madrid, Turki, Afrika Selatan, serta Seoul.

1. Logo anyar ini menampilkan elemen-elemen khas Arab

Logo Piala Dunia 2022 Qatar Diluncurkan, Ini Makna Dibaliknya fifa.com

Dikutip dari laman resmi FIFA, logo resmi Piala Dunia edisi ke-22 ini mewujudkan visi sebuah pesta sepak bola yang menghubungkan dan melibatkan seluruh dunia dengan menampilkan sentuhan elemen-elemen mencolok dari budaya Arab lokal dan regional, plus jadi kiasan untuk menggambarkan permainan sepak bola yang indah.

Selain menggemakan bentuk Trofi Piala Dunia FIFA yang ikonik, bentuk logo ini mengambil inspirasi dari selendang wol tradisional. Hal itu digunakan karena selendang tersebut acap kali digunakan orang-orang di seluruh dunia, khususnya di wilayah Arab dan Teluk saat memasuki musim dingin.

Baca Juga: Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Satu-satunya Wakil ASEAN

2. Kain wol dalam logo identik dengan musim dingin

Logo Piala Dunia 2022 Qatar Diluncurkan, Ini Makna Dibaliknya fifa.com

Kain yang identik dengan musim dingin ini diilhami secara regional juga menyiratkan sepak mula turnamen ini yang bakal digelar tak seperti biasanya. Sebab, pada edisi kali ini, FIFA World Cup pertama kali bakal dimainkan pada bulan November dan Desember, yang notabene adalah musim dingin.

Adapun penggunaan huruf baru yang dibuat adalah untuk melengkapi logo yang identik dengan Timur Tengah. Kaligrafi Arab tradisional dalam huruf baru dan kontemporer, mengambil inspirasi dari wilayah tersebut, secara luas Asia, dan menggabungkan tradisi dengan modernitas.

3. Banyak makna yang tersirat dalam logo baru Piala Dunia 2022 Qatar

Logo Piala Dunia 2022 Qatar Diluncurkan, Ini Makna Dibaliknya fifa.com

Jika menelaah lebih dalam, desain dari logo Piala Dunia 2022 yang menggunakan kain wol putih bergaya Arab dengan pola merah marun ini ternyata membentuk angka delapan, serta ada bentuk hati di atas kata-kata "FIFA WORLD CUP Qatar 2022".

Gelombang kain wol yang menggambarkan bukit pasir gurun dan lingkaran tak terputus dengan membentuk angka delapan ini adalah sebagai pengingat dari delapan stadion menakjubkan yang bakal digunakan untuk menggelar pertandingan. Selain itu, simbol itu menyiratkan infinity, mencerminkan sifat saling berhubungan dari ajang tersebut.

4. Orang-orang antusias melihat peluncuran logo Piala Dunia 2022 Qatar

Logo Piala Dunia 2022 Qatar Diluncurkan, Ini Makna Dibaliknya 90min.com

Acara peluncuran logo Piala Dunia yang diikuti prosesi tentara setempat yang menunggang kuda ini memang berjalan cukup meriah. Digelar di Gedung Arsip Nasional negara tersebut, wilayah distrik Msheireb, Bangunan itu diterangi dengan lambang tepat pada 20:22 waktu setempat (1722 GMT), atau sama dengan tahun turnamen. 

Banyak orang sangat antusias untuk melihat peluncuran logo tersebut, termasuk salah satu karyawan rumah sakit di Aljazair, Mourad Bencheikh. "Logo itu sangat elegan dan menunjukkan budaya lokal dengan warna (merah anggur) dari bendera Qatar," kata pria berusia  36 tahun tersebut, dilansir dari Channel News Asia.

Baca Juga: Jelang Kualifikasi Piala Dunia, Simon McMenemy Puji Hanif Sjahbandi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya