Lolos Piala AFC U-16, Ini 4 Bintang Timnas U-16 yang Tampil Memukau!

Masa depan Timnas Indonesia harusnya cerah!

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia berhasil menjadi satu-satunya wakil dari Asia Tenggara yang bakal tampil di Piala AFC U-16 2020 yang digelar di Bahrain. Satu tiket berhasil mereka raih usai berhasil menjadi runner up terbaik dengan torehan tujub poin (kemenangan atas Kep. Mariana Utara tak dihitung).

Selama menjalani babak penyisihan, Timnas mampu menunjukkan performa terbaik. Buktinya, Timnas U-16 mampu menundukkan Filipina (4-0), Kepulauan Mariana Utara (15-1), Brunei Darussalam (8-0), dan ditahan imbang Tiongkok tanpa gol.

Keberhasilan mereka tak lepas dari performa gemilang para pemainnya. Lalu, siapakah yang paling menonjol?

1. Marselino Ferdinan

Lolos Piala AFC U-16, Ini 4 Bintang Timnas U-16 yang Tampil Memukau!PSSI/Herka Yanis P

Produktivitas Timnas U-16 selama fase ini memang luar biasa. Jika semua laga dihitung, tim besutan Bima Sakti ini berhasil menciptakan 27 gol. Namun demikian, jika pun laga melawan Mariana tak masuk perhitungan, Timnas Indonesia tetap bisa dibilang produktif karena mampu mencetak 12 gol.

Marselino Ferdinan memang jadi nama terdepan sebagai pemain paling subur dalam skuat Garuda Asia. Ia berhasil menciptakan tujuh gol dalam tiga laga yang telah dijalani. Tak pelak, ia dianggap sebagai bintang baru masa depan Indonesia.

Selain itu, penampilan dari adik kandung Oktafianus Fernando (Persebaya) itu juga sangat baik. Tak pelak, ia selalu jadi pilihan utama Bima Sakti dalam setiap laga Timnas U-16.

Baca Juga: Lolos ke Piala AFC U-16 2020, Timnas U-16 Ukir Catatan Membanggakan

2. Alexandro Felix Kamuru

Lolos Piala AFC U-16, Ini 4 Bintang Timnas U-16 yang Tampil Memukau!Dok. IDN Times/Istimewa

Pemain kelahiran Sorong 2005 silam, yakni Alexandro Felix Kamuru adalah pemain yang juga memiliki kontribusi besar di balik masuknya Timnas U-16 ke putaran utama Piala AFC U-16. Tampil sebagai bek kiri, ia banyak memberikan dimensi berbeda dalam penyerangan Timnas U-16.

Permainan memukau dengan diberkahi kecepatan dan skill mumpuni, Felix acap kali menjadi kunci dalam beberapa gol Timnas U-16. Ia memiliki ciri khas bermain ala bek-bek Papua, yang mengingatkan kita pada Ortisan Solossa.

3. Marcell Januar Putra

Lolos Piala AFC U-16, Ini 4 Bintang Timnas U-16 yang Tampil Memukau!PSSI/Herka Yanis P

Sebagai pemain belakang, Marcell Januar Putra memang beruntung diberkahi postur yang ideal, tapi yang paling menonjol dari Marcell tentu adalah cara ia bermain sebagai bek tengah modern. Sebab, ia mampu membantu Timnas U-16 membangun serangan.

Selain itu, ia juga memiliki ketenangan yang luar biasa dalam menjaga lini pertahanan Timnas U-16. Wajar jika lawan kerap sulit berhadapan dengan skuat Garuda Asia. Hal itu yang dirasakan Tiongkok dalam laga pamungkas babak kualifikasi Pala AFC U-16 kemarin.

4. Ahmad Athallah Araihan

Lolos Piala AFC U-16, Ini 4 Bintang Timnas U-16 yang Tampil Memukau!PSSI/Herka Yanis P

Penyerang Timnas U-16, Ahmad Athallah Arraihan, juga tak kalah gemilang dengan memberikan kontribusi maksimal dalam laga babak kualifikasi Piala AFC U-16 kemarin. Total, enam gol berhasil ia lesakkan bagi timnya.

Yang paling menggembirakan, Athallah selalu mencetak gol jika top skor Timnas U-16, Marselino Ferdinan juga mencetak gol. Dan, itu terjadi di tiga laga babak kualifikasi lawan, Filipina, Kepulauan Mariana Utara, dan Brunei Darussalam

Baca Juga: Timnas U-16 Lolos, Kini Saatnya Timnas U-19 di Kualifikasi AFC U-19!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya