Lolos Piala AFC U-19, Fakhri: Timnas U-19 Bermain Layaknya Pahlawan!

Bagus Kahfi jadi pahlawan Timnas U-19

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 berhasil lolos ke putaran final Piala AFC U-19 2020 setelah bermain imbang dengan Korea Utara 1-1 pada Minggu (10/11). Mereka mampu meraih satu tiket otomatis dengan status juara Grup K lewat torehan tujuh poin, unggul dua poin dari Korea Utara.

Pelatih Timnas U-19, Fakhri Husaini, bersyukur bisa membawa timnya lolos ke babak utama. Walau hanya meraih satu poin, ia senang karena para penggawa Garuda Nusantara mampu menunjukkan permainan yang baik dan tak kenal menyerah dalam duel tadi.

1. Pemain menunjukkan semangat di Hari Pahlawan

Lolos Piala AFC U-19, Fakhri: Timnas U-19 Bermain Layaknya Pahlawan!ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Yang tak kalah membuatnya senang adalah cara Timnas U-19 mampu lolos dengan menentukan nasib sendiri.

"Saya bangga dengan pemain, mereka tampil luar biasa walau laga berat dan ketat," kata Fakhri dalam sesi konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Selain itu, ia menilai pemain pun berhasil menunjukkan komitmennya yang berjanji tampil habis-habisan di hari spesial, pada 10 November ini. Menurut dia, mereka tampil tanpa kompromi dengan perjuangan luar biasa di Hari Pahlawan kali ini.

"Laga ini layaknya perjuangan para pahlawan, karena kebetulan hari ini Hari Pahlawan. Dan mereka mau menunjukkan apa yang sebelumnya disepakati. Apalagi, mereka bertempur habis-habisan di laga malam ini," ujar mantan pelatih PKT Bontang tersebut.

Baca Juga: Bakal Tampil Perdana di GBK, Bintang Timnas U-19: Bangga Sekali Saya!

2. Bek Timnas U-19 tampil disiplin

Lolos Piala AFC U-19, Fakhri: Timnas U-19 Bermain Layaknya Pahlawan!Instagram/@salmanalfarid15

Ia mengakui hasil ini tak begitu saja didapat dengan mudah lantaran Korea Utara benar-benar menyulitkan Timnas U-19. Fakhri berpendapat bahwa Korea Utara mampu memanfaatkan taktik direct play ke dua bek tengah Timnas U-19 langsung, Alfeandra Dewangga dan Rizki Ridho, untuk berduel ditopang dengan memanfaatkan second ball dan itu membuat timnya keteteran.

Syukur saja, kuartet bek Timnas U-19 mampu tampil disiplin sehingga tak terjadi gol tambahan yang membuat Timnas U-19 terhindar dari kekalahan.

3. Bagus Kahfi dianggap memiliki mental bagus saat berhasil menjadi eksekutor penalti

Lolos Piala AFC U-19, Fakhri: Timnas U-19 Bermain Layaknya Pahlawan!instagram.com/baguskahfiii

Tak lupa, Fakhir juga memuji Bagus Kahfi yang berhasil menjalankan tugasnya dengan baik sebagai eksekutor penalti. Padahal, lanjut dia, anak seusia itu masih sangat berat jika mendapatkan tugas menjadi penendang lantaran tekanan pertandingan dan publik bisa membuat itu gagal.
Tapi, kepercayaan itu dibayar dengan baik oleh bagus.

Hanya saja, Fakhri mengatakan bahwa kemenangan tersebut bukanlah kemenangan Bagus saja karena berhasil menjadi pahlawan dalam laga itu. Bukan juga kemenangan milik Fakhri atau timnya. Melainkan, kemenangan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Ditahan Imbang Korea Utara, Timnas U-19 Lolos ke Piala AFC U-19 2020!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya