Madura United vs Semen Padang: Los Galaticos Tak Ingin Kehilangan Muka

Los Galaticos tak akan diperkuat beberapa pilar utama

Jakarta, IDN Times - Target finis di peringkat tiga Liga 1 2019 adalah target realistis Madura United di putaran pertama. Tak ada alternatif lain, caranya mereka harus sapu bersih dua laga sisa di paruh pertama, termasuk saat bentrok dengan Semen Padang pada laga tunda pekan ketujuh di Stadion Gelora Madura (SGM), Pamekasan, Rabu (28/8).

Los Galaticos Indonesia ini sempat digadang-gadang bakal sulit disaingi di Liga 1 musim ini. Maklum, banyak pemain berkualitas yang mengisi skuat Laskar Sappeh Kerrap, macam Alberto “Beto” Goncalves, Greg Nwokolo, Andik Vermansah, topskor musim lalu Aleksandar Rakic, hingga Zah Rahan. Namun, nama terakhir harus istirahat panjang akibat cedera sehingga membuat performa Madura United menurun.

1. Madura United bisa mengakhiri putaran pertama Liga 1 di posisi tiga

Madura United vs Semen Padang: Los Galaticos Tak Ingin Kehilangan MukaInstagram.com/maduraunited.fc

Alhasil, raihan poin mereka tak maksimal dan membuat Madura United hanya mampu bertengger di posisi tiga dengan koleksi 26 poin. Poin mereka tertinggal jauh dari Bali United (37 poin) di posisi pertama dan TIRA-Persikabo (32 poin) runner up klasemen sementara Liga 1 hingga bergulirnya pekan ke-16.

Menilik peta persaingan di papan klasemen, Madura United wajib menang atas Semen Padang jika ingin mempertahankan posisinya di peringkat ketiga. Sebab, peta persaingan di papan atas masih begitu ketat. Setidaknya, kemenangan bakal membuat mereka terus bisa menjaga atau memperpendek jarak dengan dua tim di atasnya.

Baca Juga: Karl Marx Tampil Menggila, Semen Padang Gasak Persela

2. Tuan rumah punya modal bagus untuk menang

Madura United vs Semen Padang: Los Galaticos Tak Ingin Kehilangan MukaPSMMakassar.co.id/Ahmad Alia

Tuan rumah punya modal yang baik dalam laga ini. Sebab, Jaimerson da Silva dan kolega mampu mengakhiri puasa kemenangan selama liga laga dan kembali clean sheet setelah enam laga beruntun selalu kebobolan. Tak pelak, raihan tersebut langsung mengangkat moril para penggawa Madura United jelang laga lawan Semen Padang.

"Tentu tidak bisa dipungkiri, kemenangan atau kebangkitan itu menjadi modal besar, yakni motivasi anak-anak kian tinggi untuk bisa menang lagi pertandingan selanjutnya," kata caretaker pelatih Madura United, Rasiman.

Motivasi itu bakal semakin bertambah lantaran Madura United bakal mendapatkan suntikan semangat dari para pendukungnya sendiri yang diprediksi bakal memenuhi SGM besok.

3. Madura United kehilangan beberapa pemain intinya saat menjamu Semen Padang

Madura United vs Semen Padang: Los Galaticos Tak Ingin Kehilangan Mukapssi.org

Kendati demikian, Madura United harus tetap kerja ekstra di latihan untuk mempersiapkan tim. Seperti yang disampaikan Rasiman, kemenangan tiga gol tanpa balas kontra PSIS, tak menjamin untuk kesempurnaan timnya.

”Kami memang belum sempurna, maka dari itu masih ada yang butuh ditutupi atau paling tidak, diminimalisir, agar tidak menjadi masalah besar, itu akan kami lakukan dalam latihan,” ujar Rasiman. Apalagi, Madura United bakal tampil pincang lantaran beberapa pemainnya absen karena sanksi dan dipanggil Timnas Indonesia.

Nama-nama pemain yang menepi adalah Marckho Sandy Meraudje (akumulasi kartu), Satria Tama (Timnas U-23), Greg Nwokolo, Zulfiandi, Beto, dan Andik Vermansah (Timnas senior). Hanya, nama terakhir diberi keringanan tetap bisa memperkuat Madura United saat bersua Semen Padang besok.

4. Madura United tak bisa meremehkan Semen Padang

Madura United vs Semen Padang: Los Galaticos Tak Ingin Kehilangan MukaTwitter/@Liga1Match

Di tengah ambisinya meraih kemenangan, mereka tak bisa memandang sebelah mata tamu yang dihadapi. Walau berstatus sebagai juru kunci, Semen Padang sewaktu-waktu bisa meledak karena tengah dalam kepercayaan diri tinggi usai berhasil meraih kemenangan beruntun di dua laga kandang.

Tentu , Madura United tak mau nasib serupa seperti PSIS dan Persela Lamongan menimpa mereka. Jika kalah, status mereka sebagai Los Galaticos bakal kehilangan muka.

Namun demikian, Semen Padang juga tak akan diperkuat dua kiper andalan, yakni Teja Paku Alam (Timnas senior) dan Rendy Oscario (Timnas U-23). Hal itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Madura United untuk memporak-porandakan pertahanan Kabau Sirah dalam duel nanti.

Baca Juga: Menggila di Babak Kedua, Madura United Bantai PSIS

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya