Comscore Tracker

Makin Moncer di ManCity, Gaji Phil Foden Naik 3 Kali Lipat

Kontrak bersama Manchester City berakhir pada 2024

Jakarta, IDN Times - Gelandang Manchester City, Phil Foden, tampil gemilang di sepanjang musim 2020/21. Hal itu membuatnya bakal dapat tawaran memperpanjang kontrak bersama The Citizens.

Selain penampilan menonjol, produktivitas Foden juga cukup baik. Dia sudah mencetak 13 gol, sembilan assist, dalam 41 penampilannya sepanjang musim. Teranyar, Borussia Dortmund jadi korbannya di Liga Champions.

Apresiasi pun diberikan ManCity. Mereka ingin memagari pemain berusia 20 tahun itu lebih lama. Maklum, mereka tak mau kehilangan talenta paling menjanjikan miliknya yang mulai bersinar.

Baca Juga: Waktunya ManCity Putus Kesialan di Liga Champions

1. Gaji baru Foden meningkat 3 kali lipat

Makin Moncer di ManCity, Gaji Phil Foden Naik 3 Kali LipatTwitter.com/Squawka

Kontrak Foden sejatinya baru berakhir 2024 nanti. Namun, ManCity tampaknya tak mau pemain andalannya ini dibajak klub lain. Walhasil, mereka memperpanjang kontrak dengan peningkatan gaji sang pemain.

Dilansir Mirror, ManCity bakal menambah durasi kontrak Foden selama dua tahun. Hal itu membuat sisa kontraknya menjadi lima tahun. Klub pun bakal meningkatkan gaji Foden sampai 100 poundsterling atau Rp2 miliar per pekan.

Jika menilik gaji tersebut, jumlahnya meningkat hingga tiga kali lipat. Maklum, dia hanya menerima 30 ribu poundsterling atau Rp600 juta per pekan.

2. Kontrak baru diusahakan rampung sebelum Euro 2020

Makin Moncer di ManCity, Gaji Phil Foden Naik 3 Kali Lipatinstagram.com/philfoden

Foden direncanakan mendapat kontrak baru dan kenaikan gaji sebelum Euro 2020 digelar. Hal itu jadi siasat yang cukup baik. Mengingat, jika tampil moncer di ajang tersebut bersama Timnas Inggris tanpa kontrak baru, bisa jadi dia tergiur tawaran dari klub lain.

Bisa jadi, nilai jual Foden juga bakal terus meningkat. Hal itu mempersulit ManCity untuk mempertahankannya. 

Dia memang jadi salah satu pemain yang diprediksi tampil bersinar di Euro edisi kali ini. Hal itu tak lepas dari aksi gemilangnya di Liga Champions 2020/21. Catatan aksi menyerangnya cukup menonjol dibandingkan pemain lain.

Bayangkan saja, dia menjadi pemain dengan rata-rata umpan kunci terbaik per laga di Liga Champions, yakni 1,6 kali. Catatan itu dilengkapi dengan rata-rata tembakan 2,4 kali per laga, terbaik kedua di ManCity.

3. Puja-puji Pep Guardiola untuk Phil Foden

Makin Moncer di ManCity, Gaji Phil Foden Naik 3 Kali Lipatinstagram.com/mancity

Berkat catatan-catatan apiknya ini, Foden pun menuai pujian dari sang manajer, Pep Guardiola. Manajer asal Spanyol itu mengungkapkan, Foden adalah pemain yang dapat memberikan perbedaan di tim. Dia juga selalu menciptakan kesempatan yang pada akhirnya membantu tim.

"Dia selalu menciptakan sesuatu, pemain yang dinamis saat menyerang, tetapi juga baik dalam bertahan dan bermain dalam ruang sempit. Dia juga bisa mengambil keputusan yang tepat di atas lapangan," ujar Guardiola, dilansir situs resmi klub.

Kemampuan Foden tentu dibutuhkan Manchester City dalam laga semifinal Liga Champions lawan Paris Saint-Germain (PSG). Tidak hanya itu, Foden juga dapat jadi aset bagi ManCity di masa depan.

Baca Juga: MU dan ManCity Bisa Kuasai Liga Champions dan Europa Bersamaan

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya