Sah! Manchester City Pertahankan Gelar Premier League!

Manchester City selalu menang dalam 14 pertandingan terakhir

Jakarta, IDN Times - Manchester City berhasil meraih gelar juara dua kali beruntun di Premier League 2018/2019. The Citizens, julukan Manchester City, berhasil memenangkan persaingan sengit dengan Liverpool yang terpaut satu poin karena dalam laga terakhir berhasil mengalahkan Brighton & Hove Albion dengan skor 1-4 di Stadion American Express Community, pada Minggu (12/5).

Pep Guardiola menurunkan trisula maut andalan, Raheem Sterling-Sergio Aguero-Riyad Mahrez di lini depan Manchester City dalam laga tersebut. Hal itu dilakukan agar timnya terus menekan dan bisa mencetak gol demi mengejar kemenangan.

Tak salah, ternyata agresivitas serangan Manchester City begitu terasa sejak laga dimulai. Mereka tampil menekan, terutama dari kedua sayapnya. Hanya saja, hingga 15 menit laga berjalan, hal itu belum memberikan ancaman berarti lantaran pemain belakang Brighton tampil disiplin.

Namun, di tengah dominasi Manchester City, Brighton justru membuat kejutan untuk sang tamu. Mereka bisa unggul terlebih dahulu di menit ke-27 lewat penyerang andalannya, Glenn Murray. Skor pun berubah untuk keunggulan Brighton 1-0.

Keunggulan Brighton cuma bertahan sesaat, sebab semenit berselang Manchester City mampu menyamakan kedudukan. Sergio Aguero yang mampu melepaskan diri dari kepungan bek Brighton berhasil menendang bola masuk ke gawang Brighton yang dikawal, Mathew Ryan.

Setelah kedudukan imbang 1-1, klub yang dinakhodai Pep guardiola semakin tersengat. Terbukti, mereka bisa berbalik unggul saat laga berjalan 38 menit. Kali ini, bek tengah Aymeric Laporte yang mampu membobol gawang Brighton dengan tandukannya memanfaatkan umpan sepak pojok Riyad Mahrez. Keunggulan The Citizens 1-2 pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, situasi di lapangan tak banyak berubah. Manchester City masih mendominasi jalannya laga. Sedangkan, tuan rumah lebih banyak menunggu dan banyak menumpuk pemain di jantung pertahanan.

Pada menit ke-63, Manchester City berhasil menggandakan keunggulan menjadi 1-3 lewat gol cantik Riyad Mahrez. Usai mengecoh satu bek Brighton, Mahrez melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti yang meluncur deras ke pojok kiri gawang Ryan.

Dominasi Manchester City semakin tak terbendung atas tuan rumah. Mereka kembali menambah keunggulan menjadi 1-4 lewat gol yang dihasilkan lewat sepakan melengkung dari tendangan bebas pemain berpaspor Jerman, Ikay Guendogan pada menit ke-71. Skor 1-4 pun bertahan hingga laga berakhir.

Hasil itu membuat Manchester City berhasil mengakhiri kompetisi dengan sangat luar biasa karena berhasil sapu bersih laga dengan 14 kemenangan. Mereka juga dipastikan menjadi juara Premier League musim ini karena tetap tak tergoyahkan di puncak klasemen dengan mengumpulkan 98 poin, terpaut satu poin dari Liverpool yang juga menang atas Wolverhampton 2-0. 

 

Susunan pemain

Brighton (3-5-2): Matthew Ryan; Bernardo, Lewis Dunk, Shane Duffy, Bruno Saltor/Martin Montoya; Alireza Jahanbakhsh, Yves Bissouma, Baram Kayal, Antony Knockaert; Pascal Gross, Glenn Murray/Florin Andone.

Man City(4-3-3): Ederson Moraes; Oleksandr Zinchenko, Aymeric Laporte, Vincent Kompany/Nicolas Otamendi, Kyle Walker/Danilo; David Silva/Kevin de Bruyne, Ilkay Gundogan, Bernardo Silva; Raheem Sterling, Riyad Mahrez, Sergio Aguero.

Baca Juga: Kalah di Laga Terakhir, Manchester City Belum Tentu Gagal Juara?

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya