Comscore Tracker

Banding Sukses, Manchester City Bisa Tampil di Liga Champions!

City akhirnya hanya dihukum Rp180 miliar saja!

Jakarta, IDN Times - Manchester City dipastikan bakal tetap bermain di Liga Champions musim depan setelah Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) membatalkan larangan kepada klub untuk tampil selama dua tahun dari kompetisi sepak bola Eropa.

Sebagaimana diketahui, City sempat mendapatkan hukuman berat dari UEFA pada Februari lalu, ketika mereka dilarang berkompetisi di Liga Champions dan Liga Europa selama dua tahun. Selain itu, mereka juga dikenakan denda €30 juta atau Rp491 miliar, karena melanggar aturan Financial Fair Play (FFP).

Namun demikian, CAS sendiri sudah memutuskan bahwa Man City tetap bersalah atas pelanggaran terhadap Financial Fair Play UEFA pada Senin (13/7). Mereka harus membayar sanksi sebesar 10 juta poundsterling atau setara Rp180 miliar.

Namun demikian, mereka selamat dari larangan tampil di kompetisi Eropa yang membayanginya.

1. Usai dinyatakan bersalah oleh CAS, Man City sempat ajukan banding

Banding Sukses, Manchester City Bisa Tampil di Liga Champions!Instagram.com/kevindebruyne

Sebelumnya, City dianggap melanggar finacial fair play. Namun, klub Premier League itu sempat membantah dengan keras dan merasa tak melakukan kesalahan. Sehingga mereka langsung mengajukan banding atas keputusan di CAS bulan lalu, setelah sebelumnya menggambarkan proses disiplin UEFA sebagai "prasangka".

Setelah mendengar bukti selama tiga hari di bulan Juni, CAS sekarang telah membatalkan penskorsan. Artinya, City bebas untuk bersaing di Liga Champions musim depan, setelah kemungkinan satu tiket kompetisi paling elite di Eropa itu berhasil digenggam.

Baca Juga: Hukuman bagi Manchester City Bisa Jadi Berkah untuk Klub Inggris Lain

2. Pep Guardiola sudah menduga Manchester City tetap bisa tampil di Liga Champions musim depan

Banding Sukses, Manchester City Bisa Tampil di Liga Champions!talksport.com

Pep Guardiola sempat mengutarakan jika pihaknya yakin larangan itu akan dibatalkan dan menegaskan timnya pantas bermain di Liga Champions musim depan pada pekan lalu. Hal itu pun kini terwujud dan dirinya bakal menyiapkan tim terbaik untuk bisa berprestasi musim depan.

"Hari ini kami mencapai satu tantangan yang luar biasa, yaitu kualifikasi untuk Liga Champions secara matematis," ujar Guardiola kepada Sky Sports.

"Itulah tantangan yang merupakan persyaratan minimum untuk klub ini. Dan para pemain ini telah melakukannya selama enam atau tujuh tahun terakhir," lanjut dia.

3. Manchester City dianggap layak tampil di Liga Champions

Banding Sukses, Manchester City Bisa Tampil di Liga Champions!mancity.com

Manchester United yang berada di posisi kelima Premier League sebetulnya berpeluang mengganti jatah jika City menerima hukuman skors selama dua musim tampil di Liga Eropa.

Namun, hal itu urung terlaksana dan Guardiola senang timnya bisa kembali punya peluang untuk bisa meraih prestasi tetinggi di Eropa yang sulit dicapai.

"Kami layak berada di sana, karena kami memenangkannya di lapangan. Semoga UEFA dapat memungkinkan kita bermain seperti tim ini dan para pemain ini layak mendapatkannya," tukas dia.

Baca Juga: Ini Sebab Manchester City Dilarang Tampil Dua Musim di Liga Champions!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya