Comscore Tracker

Membaca Potensi Kekuatan Kamboja di Piala AFF, Lawan Pertama Timnas RI

Kamboja diperkuat pemain berdarah Ghana

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan mengawali perjalanannya di Piala AFF 2020 melawan Kamboja. Skuad Garuda tentu berambisi meraih kemenangan untuk membuka peluang meraih tiket ke fase gugur.

Kamboja dijadwalkan jadi ujian pertama di Grup B yang bakal berlangsung pada 9 Desember 2021. Walau dijagokan bakal menang, Kamboja kemungkinan bisa menyulitkan anak asuh Shin Tai Yong. Apalagi, ini merupakan laga pertama yang akan dijalani Timnas Indonesia di ajang tersebut.

Sejarah sepak bola Kamboja memang tak sementereng Timnas Indonesia, Mereka bahkan punya ranking FIFA yang ada di bawah Vitenam (93), Malaysia (155), dan Timnas Indonesia (165). Tak jarang mereka dianggap sebagai pelengkap saja dalam pertarungan dalam berbagai turnamen di Asia Tenggara.

Baca Juga: 30 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

1. Keisuke Honda turun gunung untuk menukangi Kamboja di Piala AFF 2020

Membaca Potensi Kekuatan Kamboja di Piala AFF, Lawan Pertama Timnas RITimnas Kamboja yang dipaltih Keisuke Honda, berpotensi menyulitkan Timnas Indonesia saat keduanya bertemu di Grup B Piala AFF 2020. (japantimes.com).

Namun, kemauan federasi sepak bola Kamboja (FFC), untuk terus meningkatkan level sepak bola negaranya terus dilakukan. Berbagai perubahan, mulai dilakukan dengan memperbaiki kompetisi berkesinambungan secara perlahan hingga mendatangkan pelatih-pelatih asing.

Sempat mendatangkan Vladimir Mirka (Ceko), Joachim Fickert (Jerman), Scott O’Donnell (Australia), hingga beberapa pelatih dari Korea Selatan, Kamboja kini ditangani legenda sepak bola Jepang, Kesiuke Honda. Ia yang sebelumnya membela FK Suduva (Lithuania), memilih menangani Kamboja untuk berduet dengan koleganya Ryu Hirose.

Vietnam dan Malaysia di atas kertas punya pemain yang dinilai lebih baik. Namun, bukan berarti Kamboja bakal mudah dikalahkan. Mereka bisa jadi kuda hitam di ajang ini, karena punya dua modal bagus, yakni dilatih Keisuke Honda dan tentu punya pemain-pemain potensial.

Baca Juga: Hitam Putih Perjalanan Timnas Indonesia Selama Piala AFF

2. Diperkuat pemain berdarah Ghana

Kamboja juga dipastikan bakal membawa 30 pemain di Piala AFF edisi kali ini. Tercatat, beberapa bintang Kamboja akan tampil, seperti Ken Chansopheak, Sieng Chanthea, Chan Vathanaka, Ken Sokpheng, Lim Pisoth, hingga gelandangnya Min Rattanak. 

Mereka akan dipadukan dengan beberapa pemain muda berbakat yang bisa berpotensi bersinar dalam ajang ini. Yang paling menyita perhatian tentu ada pemain muda keturunan Ghana dan Kamboja yang masih berusia 17 tahun, yakni Leng Nora. 

Pemain muda ini sudah bermain dengan Kamboja di level kelompok umur hingga menjalani debut bersama tim senior pada 7 Juli 2021. Tentu mereka bisa jadi kekuatan mengejutkan dan bisa membuat Timnas Indonesia tak berdaya dalam pertemuan keduanya nanti.

Baca Juga: Timnas Indonesia Diminta Akhiri Puasa Gelar di Piala AFF

3. Daftar susunan pemain Kamboja di Piala AFF 2020

Membaca Potensi Kekuatan Kamboja di Piala AFF, Lawan Pertama Timnas RITimnas Kamboja yang dipaltih Keisuke Honda, berpotensi menyulitkan Timnas Indonesia saat keduanya bertemu di Grup B Piala AFF 2020. (khmertimeskh.com).

Kiper 
Keo Soksela, Hul Kimhuy, Vireak Dara

Belakang
Cheng Meng, Tes Sambath, Sath Rosib, Soeuth Nava, Sin Sovannmakara, Chan Sarapich, Sor Rotana, Yue Safy, Sareth Krya, Soeuy Visal.

Tengah
Ken Chansopheak, Chreng Polroth, Kouch Sokumpheak, Sos Suhana, Orn Chanpolin, Choun Chanchav, Brak Thiva, Min Ratanak, Ean Pisey.

Depan
Keo Sokpheng, Sieng Chanthea, Chan Vathanaka, Leng Nora, Lim Pisoth, Prak Mony Udom, Nhean Sosidan, Sa Ty.

Topic:

  • Anata Siregar
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya