Menanti Janji Laporta Pertahankan Messi di Barcelona

Barcelona sempat tertarik dengan Robinho

Jakarta, IDN Times - Joan Laporta resmi menduduki kursi Presiden Barcelona lagi. Kampanyenya yang menjamin Lionel Messi bertahan di Camp Nou terbukti berhasil. Sang pemain pun disinyalir bakal melunak dan siap kembali mengabdi untuk Blaugrana dalam waktu lebih lama.

Selama berkampanye beberapa waktu lalu, Laporta dengan percaya diri menyebut Messi bakal bertahan jika terpilih lagi menjadi Presiden. Terlebih, pemain asal Argentina itu dinilainya masih sulit pergi Camp Nou. 

"Leo [Messi] sangat cinta Barcelona. Semoga itu membantu dia untuk bertahan di sini, karena itu keinginan kami," kata Laporta dikutip Marca, Senin (8/3/2021).

1. Ingat kembali debut Lionel Messi

Menanti Janji Laporta Pertahankan Messi di Barcelonatwitter.com/Squawka

Laporta juga yakin bisa membuat Messi kembali memperpanjang kontraknya di Barcelona. Dia merasa punya hubungan yang baik dengan La Pulga. Ditambah, dia selalu mengingat bagaimana Messi berjuang pertama kali di Barcelona.

"Hari ini adalah yang istimewa bagi Messi. Dia memulai debutnya pada 20 tahun lalu ketika memperkuat Barcelona U-12," ujar dia.

Hal itu membuatnya ingat saat pertama kali mempertaruhkan namanya untuk bisa mengorbitkan Messi.

Baca Juga: Asa Barcelona di Era Baru Rasa Lama Ala Joan Laporta

2. Alasan memilih La Pulga ketimbang Robinho

Menanti Janji Laporta Pertahankan Messi di BarcelonaRobinho (kanan). (goal.com).

Sebenarnya, di 2005, Barcelona hampir terjebak godaan untuk mendatangkan Robinho dari Santos. Maklum, sang pemain dinilai jadi titisan Ronaldo dan Rivaldo, dua legenda yang sempat membela Barcelona. 

Namun, Laporta dengan tegas menolak rencana mendatangkan Robinho. Selain karena harganya yang sangat mahal, Laporta merasa Messi punya potensi yang lebih besar. Hal itu terbukti dengan prestasi yang sudah ditunjukkan pemain berusia 33 tahun itu.

"Masih berusia muda, Lionel Messi menunjukkan kemampuan yang mumpuni, seperti cara mengontrol bola. Itu mengingatkan kami pada Johan Cryuff dan Maradona," ujar pria berusia 58 tahun itu.

"Hal itu membuat saya berharap banyak padanya. Alasan itu yang membuat saya memilih Messi ketimbang Robinho," lanjut dia.

3. Joan Laporta terpilih untuk kedua kalinya jadi presiden Barcelona

Menanti Janji Laporta Pertahankan Messi di BarcelonaPresiden Barcelona, Joan Laporta. (Twitter.com/FCBarcelona)

Laporta terpilih lagi jadi Presiden Barcelona usai unggul telak atas dua lawannya, yakni Victor Font dan Toni Freixa, dalam proses pemilihan yang melibatkan 51.765 voters, Minggu (7/3/2021) waktu setempat.

Dia berhasil mengumpulkan 30.184 suara, tertinggi di antara Font yang meraih 16.679 suara dan Freixa yang mendapatkan 4.769 suara. Sayang, tidak semua anggota klub menggunakan hak pilihnya dalam proses pemilihan kali ini.

Ini bukan kali pertama Laporta menjabat sebagai Presiden Barcelona. Sebelumnya, pada periode 2003-2010, dia juga sempat menjadi presiden klub. Dalam periode pertamanya itu, Barcelona sempat meraih treble winners, tepatnya pada musim 2008/09.

Kini, janjinya mempertahankan La Pulga sudah ditunggu. Apakah Joan Laporta bisa mewujudkannya? Hanya Lionel Messi dan Barcelona yang tahu.

Baca Juga: Dokumen Gaji Barcelona Bocor Lagi, Messi Jadi Rajanya

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya