Mengejutkan! Setengah Utang LaLiga Ternyata Berasal dari Barcelona

Barcelona mengalami krisis, tapi aktif di bursa transfer

Jakarta, IDN Times - Hal mengejutkan diungkapkan Presiden LaLiga, Javier Tebas, soal krisis keuangan yang melanda sejumlah klub. Dia menyebut jika setengah dari total utang klub LaLiga ini berasal dari Barcelona.

Terang saja ini jadi kabar mengejutkan bagi para penggemar Blaugrana. Sebab, sejauh ini Barcelona tak menunjukkan krisis keuangan yang amat parah, seperti klub Serie A, Inter Milan. Mereka bahkan mendatangkan beberapa pemain bintang, termasuk Memphis Depay.

"Dari total 700 juta euro (atau Rp12,1 triliun) kerugian yang menimpa LaLiga, separuh di antaranya diperoleh Barcelona. Namun, ada klub besar lain di sini terus bekerja dan memperbaiki neraca keuangannya dalam masa pandemik,” ujar Tebas dikutip AS.

1. Gaji pemain yang tinggi jadi masalah utama krisis keuangan Barcelona

Mengejutkan! Setengah Utang LaLiga Ternyata Berasal dari Barcelonafcbarcelona.com

Barcelona benar-benar merasakan dampak yang signifikan sejak pandemik COVID-19 melanda dunia. Neraca keuangan Barcelona terus anjlok dalam dua musim terakhir. Terlebih saat mereka dipimpin Josep Maria Bartomeu, yakni presiden yang dianggap gagal menjalankan kebijakan transfer dengan baik.

Kedatangan Joan Laporta pun belum berarti banyak. Barcelona harus menjual sederet pemain yang tak memiliki banyak kontribusi agar bisa mengembalikan kondisi keuangan klub yang sehat. Beberapa di antaranya seperti, Antoine Griezmann, Philippe Coutinho, hingga Sergio Roberto.

"Barcelona sudah melewati batas gaji pemainnya. Saya sebetulnya berharap mereka bisa mempertahankan Lionel Messi sebagai ikon klub. Namun, Barcelona harus memangkas gaji pemain lain dan berusaha menjualnya," ujar Tebas.

Baca Juga: LaLiga Ancam Barcelona yang Mau Duetkan Messi dan Ronaldo

2. Malah ingin duetkan Ronaldo dan Messi

Mengejutkan! Setengah Utang LaLiga Ternyata Berasal dari Barcelonamarca.com

Di tengah isu krisis, Barcelona malah begitu aktif pada bursa transfer musim panas 2021. Mereka sudah mendatangkan beberapa pemain bintang, seperti Sergio Aguero hingga Memphis Depay. Teranyar, mereka dikabarkan siap membajak Cristiano Ronaldo dari Juventus untuk diduetkan dengan Messi.

Apakah keinginan Laporta di tengah Barcelona yang sedang krisis ini dianggap main-main? Kenyataannya tidak. Barcelona sudah menemukan formula untuk mendatangkan CR7. Rencananya, mereka mau meminjam Ronaldo terlebih dulu.

Mengenai gaji selangit pemain asal Portugal tersebut, Laporta pun sudah memikirkan cara membayarnya. Salah satunya adalah mengorbankan Griezmann dan Coutinho yang beban gajinya terbilang tinggi. Dengan cara itu, beban gaji Barcelona setidaknya jadi lebih rendah.

Kedatangan Ronaldo juga bakal menguntungkan klub, karena bisa menambah pundi-pundi dari sponsor. Tak hanya itu, penjualan jersey pemain berusia 36 tahun itu juga terbilang menjanjikan untuk menambah kas Barcelona.

3. Laporta punya opsi bagus untuk datangkan CR7

Mengejutkan! Setengah Utang LaLiga Ternyata Berasal dari Barcelonadailypost.ng

Ambisi Laporta mendatangkan Ronaldo sejatinya lebih kental dengan aroma bisnis. Apalagi, mereka sedang berusaha mencari cara untuk keluar dari krisis keuangan. Namun, di luar itu semua, mendatangkan Ronaldo sebenarnya masih menguntungkan secara teknis bagi skuad besutan Ronald Koeman. Sebab, secara performa, Ronaldo masih berada dalam level teratas, meski sudah dimakan usia.

Lihat torehan gol Ronaldo di Serie A musim lalu, yang masih berada di kisaran dua digit, bahkan lebih dari 20. Total, selama Serie A musim 2020/21, Ronaldo sukses membukukan 29 gol.

"Saya telah bermain di level tertinggi selama bertahun-tahun, ini tidak mengganggu sama sekali," kata Ronaldo dikutip Manchester Evening News.

Baca Juga: Ide Gila Presiden Barcelona Duetkan Ronaldo dan Messi

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya