Comscore Tracker

Mengenal Vanuatu, Lawan Timnas Indonesia di Uji Coba Selanjutnya

Vanuatu sempat tampil di Piala Dunia U-20 2017

Jakarta, IDN Times - Usai melawat ke Yordania, Timnas Indonesia langsung bergegas pulang ke Tanah Air. Evan Dimas dan kolega langsung dihadapkan dengan laga uji coba selanjutnya melawan Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Sabtu (15/6).

Ketimbang lawan sebelumnya, Vanuatu nampaknya akan jadi lawan yang lebih mudah. Maklum, negara tersebut masih kalah secara peringkat dari Yordania yang ada di posisi 62 FIFA. Vanuatu tercatat ada di peringkat ke-166 dunia, atau tujuh peringkat lebih rendah dari Timnas Merah Putih.

Baca Juga: Jelang Lawan Yordania, Ini Kata Tiga Penggawa Timnas Indonesia

1. Nama Vanuatu masih asing di telinga pencinta sepak bola Tanah Air

Mengenal Vanuatu, Lawan Timnas Indonesia di Uji Coba Selanjutnyafifa.com

Nama Vanuatu sendiri memang masih belum familier di telinga para pencinta sepak bola Indonesia. Mereka adalah negara kepulauan di Samudra Pasifik yang berada di sebelah timur Australia Utara, timur Papua New Guinea, sisi barat negara Fiji, dan tenggara dari Kepulauan Solomon.

Negara tersebut memang beberapa kali terlibat perang urat syaraf diplomatik dengan Indonesia. Hubungan keduanya sedikit meregang ihwal isu Papua. Teranyar, mengenai tingkah Vanuatu yang menyelundupkan pemimpin United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda, dalam delegasinya untuk bersua Komisioner Tinggi HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss pada Januari 2019 lalu.

Namun, permasalahan tersebut tak ada kaitannya, kali ini Vanuatu datang untuk melaksankan laga persahabatan dengan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Fakta Unik Vanuatu, Negara Impian Yoon So Ah di Drama Bride of Habaek

2. Vanuatu pernah jadi juara di turnamen antarnegara wilayahnya

Mengenal Vanuatu, Lawan Timnas Indonesia di Uji Coba Selanjutnyaoceaniafootball.com

Berbicara mengenai pemegang otoritas sepak bolanya, Vanuatu memiliki federasi sepak bola tertinggi di negara yang bernama Vanuatu Football Federation (VFF). Federasi tersebut sudah terbentuk sejak 1934 dan tergabung dalam konfederasi Oseania. Akan tetapi, VFF baru masuk sebagai anggota FIFA 54 tahun setelahnya, atau tepatnya tahun 1988.

Secara Prestasi, Vanuatu memang bukan negara mentereng macam Australia yang saat ini masuk konfederasi sepakbola Asia. Mereka cuma bisa mengecap dua prestasi terbaik dalam sejarah sepakbola di wilayahnya saja.

Vanuatu menjadi kampiun di Melanesian Cup (1990), yakni kejuaraan sepak bola antara negara Melanesian seperti Fiji, Papua New Guinea, Caledonia, Kepulauan Solomon, dan Vanuatu. Selain itu, Vanuatu juga berhasil menjadi juara di Wantok Cup (2011) yang diikuti tiga negara, bersama Fiji, Papua New Guinea, Kepulauan Solomon.

3. Vanuatu sempat tampil pada Piala Dunia U-20 2017 di Korea Selatan

Mengenal Vanuatu, Lawan Timnas Indonesia di Uji Coba Selanjutnyaabc.net.au

Namun, jika berbicara pengalaman tampil di Piala Dunia, nampaknya Vanuatu lebih baik dari Timnas Indonesia. Mereka tercatat pernah manggung di turnamen sepak bola antar negara paling bergengsi di dunia pada tahun 2017 lalu, walau hanya Piala Dunia U-20 yang digelar di Korea Selatan.

Layaknya Indonesia, Vanuatu juga memiliki kompetisi resmi antar klub di negaranya. Kompetisi tersebut dibagi kedalam dua divisi, yakni Port Vila Football League (level 1) dan Divisi 2 Port Vila (level 2). Semuanya sudah digelar sejak tahun 1994 lalu.

4. Vanuatu punya modal bagus jelang bertandang ke Indonesia

Mengenal Vanuatu, Lawan Timnas Indonesia di Uji Coba Selanjutnyafifa.com

Vanuatu datang ke Indonesia dengan kepercayaan tinggi setelah meraih hasil positif dalam laga uji antarnegara Kepulauan Fasifik  bertajuk FIFA International Friendly Tri-Nations Series yang dilaksanakan di Port Vila’s Korman Stadium, Vanuatu, pada 5-10 Juni 2019.

Vanuatu tak terkalahkan dalam try out segi tiga tersebut. Mereka  menaklukan Tahiti 2-0, dan menahan imbang tim besar lainnya, Fiji tanpa gol. Vanuatu berhasil keluar sebagai pemenang lantaran Fiji hanya bermain seri 1-1 ketika melawan Tahiti pada 8 Juni 2019. Tak pelak, mereka berhasil keluar sebagai pemenang karena Fiji hanya tampil imbang 1-1 kala bersua Tahiti.

Vanuatu akan tetap mengandalkan pemain paling berpengalaman Mitch Cooper. Pemain berusia 24 tahun tersebut wajib diawasi karena merupakan seorang gelandang serang berbahaya.

Baca Juga: Seusai Laga Uji Coba Kontra Fiji, Luis Milla Minta Hal Ini

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You