Menpora Janjikan Panitia Piala Dunia U-20 2021 Diisi Orang Kompeten

Menpora bakal masukkan semua unsur di dalam INAFOC

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo secara resmi menunjuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 atau Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC). Penunjukkan berlangsung di rapat terbatas, Istana Negara Jakarta, Rabu (1/7).

Zainudin memastikan jika INAFOC tak hanya dari unsur Kemenpora saja dan bakal diisi oleh orang-orang yang kompeten. Sebab, apa yang disiapkan nanti bukan lah hal main-main, karena menyangkut kesuksesan Indonesia dalam menyelenggarakan event olahraga dunia.

"Bukan karena Menpora panitia jadi isi kepanitiannya semua dari Kemenpora, itu tidak bisa. Kami akan melibatkan ahli di bidangnya masing-masing, karena ini bukan pekerjaan mudah. Ini bukan kayak kita bikin panitia 17-an," kata pria asal Gorontalo tersebut.

1. PSSI dan kementerian bakal dilibatkan dalam susuan kepanitiaan INAFOC

Menpora Janjikan Panitia Piala Dunia U-20 2021 Diisi Orang KompetenTwitter/@PSSI

Oleh sebab itu, Zanudin memastikan siapa pun orang-orang yang punya kompetensi sangat baik akan terlibat menyiapkan ajang Piala Dunia U-20 ini. Menurut dia, entah dari TNI, Polri atau unsur lainnya yang dianggap penting, perlu masuk dalam kepanitiaan ini untuk bisa menyukseskan ajang yang pertama kali digelar di Indonesia.

Nantinya, bakal ada Keppres yang bakal diterbitkan tentang kelengkapan susunan kepanitiaan di INAFOC ini.

"Susunannya (panitia) akan kami buat. Sesmenpora bakal menggelar rapat guna membereskan surat keputusan melalui Keppres, setelah itu saya melengkapi susunan kepanitiaan selanjutnya. Di dalamnya melibatkan PSSI dan semua kementerian lembaga. Semua akan dilibatkan," ujar Zainudin.

Baca Juga: Presiden Jokowi Setujui 6 Stadion Pilihan PSSI untuk Piala Dunia U-20

2. Kemenpora belum ajukan anggaran Piala Dunia U-20

Menpora Janjikan Panitia Piala Dunia U-20 2021 Diisi Orang Kompetentwitter.com/bolabangetidn/

Hanya saja, sejauh ini Kemenpora masih perlu merampungkan rencana anggaran mereka terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021. Zainudin menyebut jika Kemenpora akan segera melakukan rapat internal sebelum mengajukannya kepada Kementerian Keuangan.

"Kami belum mengajukan (rencana anggaran). Kami harus hati-hati betul untuk penggunaan dan dasarnya. Sesegera mungkin akan dirapatkan ke Kemenpora karena ini masuk ke DIPA Kemenpora 2020," kata politisi Partai Golkar tersebut.

3. Pemerintah sudah siapkan enam stadion untuk venue Piala Dunia U-20

Menpora Janjikan Panitia Piala Dunia U-20 2021 Diisi Orang Kompetenhttps://gbk.id/

Sebelumnya, melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), pemerintah sepakat mengenai enam stadion rekomendasi PSSI kepada FIFA yang bakal dijadikan sebagai venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Jakabaring (Palembang), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

Baca Juga: Presiden Tunjuk Menpora Jadi Ketua Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya