Menpora Minta Timnas Indonesia Amputee Masuk 10 Besar di Piala Dunia

Timnas Indonesia Amputee bakal dapat dukungan pemerintah

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali meminta, Timnas Indonesia Amputee tak sekadar numpang lewat di Piala Dunia Amputee 2022 Turki. Setidaknya, dia ingin skuad Garuda bisa lolos dari babak penyisihan.

Timnas Indonesia Amputee dijadwalkan bakal mentas di ajang sepak bola paling bergengsi itu pada Oktober 2022. Mereka akan menemani Jepang yang juga jadi wakil Asia dalam ajang tersebut.

“Nanti saat Piala Dunia, jangan sampai hanya di penyisihan grup lalu gugur. Makanya saya minta konsentrasi, latihan sungguh-sungguh. Jaga kesehatan, semoga bisa dapat berprestasi,” kata Menpora Amali dalam rilis resmi Kemenpora, Kamis (17/3/2022).

1. Pemerintah bakal lebih perhatikan imnas Indonesia Amputee

Menpora Minta Timnas Indonesia Amputee Masuk 10 Besar di Piala DuniaTimnas Indonesia Amputee. (instagram.com/inaf_official)

Amali meminta, Timnas Indonesia Amputee tak memikirkan hal lain selain persiapan di lapangan. Dia memastikan, pemerintah bakal memberi dukungan terhadap Timnas Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) selama masa persiapan hingga tampil di Piala Dunia Amputee 2022. 

Beberapa hambatan sempat dirasakan mereka sebelum mentas di ajang kualifikasi Piala Dunia Amputee di Dhaka. Mereka kesulitan mendapatkan fasilitas seperti tempat latihan, penginapan, hingga transportasi. 

“Mereka bakal tanding  lima bulan lagi di Turki. Kami tentu akan membicarakan detail nanti bagaimana. Itu disesuaikan dengan aturan-aturan yang berlaku di pemerintah. Mana yang memungkinkan untuk bisa kami fasilitasi dan mana yang tidak itu akan kami beritahukan,” kata politisi Partai Golongan Karya itu.

Baca Juga: Kabar Baik, Timnas Indonesia Amputee Lolos ke Piala Dunia

2. Apresiasi untuk Timnas Indonesia Amputee

Menpora Minta Timnas Indonesia Amputee Masuk 10 Besar di Piala DuniaZainudin Amali (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Terlepas dari itu, Amali memberikan apresiasi penuh kepada Timnas Indonesia Amputee atas prestasi yang diraih. Terlebih, sepak terjang mereka tak terdengar sebelum memastikan satu tiket ke Piala Dunia Amputee. 

“Tim Sepak Bola Amputasi ini sebelumnya tak pernah terdengar. Kita sebelumnya tidak pernah tahu. Namun tiba-tiba mereka muncul, kemudian menjadi wakil Indonesia hingga meraih tiket Piala Dunia. Itu yang harus kita berikan dukungan dan berikan apresiasi,” bebernya.

3. Lolos usai mengalahkan Malaysia

Menpora Minta Timnas Indonesia Amputee Masuk 10 Besar di Piala DuniaTimnas Indonesia Amputee. (instagram.com/inaf_official)

Timnas Indonesia Amputee memastikan diri lolos ke ajang Piala Dunia Sepak Bola Amputee 2022 menundukkan Malaysia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia Sepak Bola Amputee di Dhaka, Bangladesh, Minggu (13/3/2022). Indonesia menang dengan skor 3-0.

Kemenangan atas Malaysia membuat Timnas Indonesia Amputee unggul enam poin dari Bangladesh dan Malaysia. Sebelumnya, mereka juga sukses menundukkan Bangladesh dengan skor telak 8-0.

Timnas Indonesia Amputee pada laga terakhir harus menyerah dengan skor 0-2 dari Jepang pada Senin 14 Maret 2022. Meski demikian, Indonesia tetap lolos menemani Jepang lolos ke Piala Dunia Sepak Bola Amputee 2022.

Aditya dan kawan-kawan masih berhak lolos ke Piala Dunia Amputee 2022 yang diselenggarakan di Turki usai duduk sebagai runnerup grup di babak kualifikasi.

Piala Dunia Sepak Bola Amputee 2022 akan dihelat di Turki, Oktober 2022. Di Turki nanti, Timnas Indonesia Amputee berkesempatan untuk bersua dengan tim-tim kuat dari negara lain, termasuk Turki selaku tuan rumah.

Baca Juga: Tanpa Kaki, Eks Pemain Persib Ini Siap Bermain di Piala Dunia Amputee

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya