Meski Menang 2-1, Kiprah PSM Makassar di Piala AFC Tetap Terhenti

Becamex Binh Duong menang gol tandang atas PSM

Jakarta, IDN Times - PSM Makassar gagal melanjutkan kiprahnya di Piala AFC 2019. Walau berhasil meraih kemenangan atas tamunya Becamex Binh Duong pada babak semifinal regional ASEAN dengan skor 2-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (26/6), Asnawi Mangkualam cs tetap dianggap gagal lantaran kalah gol tandang. 

Pelatih PSM, Darije Kalezic Mmenurunkan kompisisi terbaiknya dalam laga kontra Becamex Binh Duong. Di lini depan, Eero Markkenen tetap jadi andalan untuk jadi mesin gol ditopang Marc Klok dan juga playmaker, Willem Pluim yang jadi motor serangan Pasukan Ramang dalam duel edisi kedua ini.

Tak mau kalah, Nguyen Thanh Son juga kembali menurunkan sebagain besar pemain yang pekan lalu berhasil menundukkan PSM, salah satunya adalah pencetak gol tunggal Becamex Binh Duong, yakni Nguyen Tien Linh.

Saat laga baru dimulai, PSM coba mengambil inisiatif serangan untuk mengejar defisit satu gol. Serangan yang digalang Rasyid Bakri dan kolega masih selalu kandas sebelum memasuki area berbahaya. Apalagi, para pemain belakang Becamex Binh Duong masih tampil cukup disiplin

Memaskui menit ke-20 kedua tim tampil lebih berimbang. Walau sudah memiliki margin poin untuk modal melangkah ke babak selanjutnya, Becamex masih tampil ngotot dan memberi ancaman ke gawang tim berjuluk Juku Eja yang dikawal Rivky Mokodompit.

Salah satu peluang emas bagi Becamex Binh Duong terjadi pada menit ke-37. Nguyenh Tien Linh yang sudah berhadapan langsung dengan Rivky gagal menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong lantaran arahnya masih menyamping ke samping kanan gawang PSM.

Saat laga babak pertama menyisakan tiga menit, PSM hampir unggul satu gol di laga ini setelah terjadi kemelut di depan gawang Becamex yang dikawal Tran Duc Cuong. Sayang, tak ada satupun peluang yang bisa dikonversi menjadi gol.

Petaka justru hadir bagi tuan rumah saat laga memasuki perpanjangan waktu, tepatnya menit ke-45+3. Becamex Binh Duong berhasil unggul lewat sundulan Wander Luiz memanfaatkan umpan manis dari Ho Tan Tai. Gol itu sekaligus menutup laga babak pertama dengan skor 0-1 untuk sang tamu.

Memasuki interval kedua, PSM Makassar tampil lebih agresif dengan melakukan sedikit perubahan untuk menambah daya gedor. Zulham Zamrun yang memiliki naluri menyerang bagus masuk menggantikan Rizki Pellu.

Tak sia-sai, hal itu membuat serangan PSM lebih hidup. Tak jarang mereka membuat peluang yang bagus. Hanya saja, para penyerang PSM masih belum bisa memaksimalkan peluang tersebut lantaran bermain terlalu terburu-buru.

PSM akhirnya mampu menyamakan kedudukan saat laga memasuki menit ke-74. Zulham Zamrun yang mampu menusuk sisi kiri pertahanan Becamex mampu mengirimkan bola ke mulut gawang Tran Duc Cuong. Ho Tan Tai yang berniat membuang bola dengan kepalanya, justru mengarahkan bola ke dalam gawangnya sendiri sehingga berkahir menjadi gol.

Usai menyamakan kedudukan, PSM tampil lebih trengginas. Terbukti mereka bisa menambah keunggulan saat laga tinggal menyisakan empat menit saja. Aaron Evan berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan set piece matang Zulham saat sepak pojok.

 

Susunan pemain
PSM Makassar (4-4-2): Rivky Mokodompit; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdulrahman/Ferdinand Sinaga, Asnawi Mangkualam; March Klok, Rasyid Bakri/ Guy Junior, Rizki Pellu/Zulham Zamrun, Willem Pluim; M. Rahmat, Eero Markkenen.

Becamex Binh Duong (4-3-3): Tran Duc Cuong; ,Nguyen Thanh Long, Ho Tan Hoi;Nguyen Thanh Thao; Le Tan Tai, Nguyen Trong Huy/Din Hoang Max, Nguyen Tien Linh/ Ho Sy Giap; Victor Nabay, Wander Luis, Nguyen Anh Duc/Shumeiko Veniamin.

Baca Juga: PSM Makassar vs Becamex Binh Duong: Kalezik Lebih Optimistis

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya