Messi dan Ronaldo Dikritik, Harusnya Sudah Pensiun!

Klub Ronaldo dan Messi sudah tersingkir di Liga Champions

Jakarta, IDN Times - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo kompak tak bisa membawa timnya lolos ke perempat final Liga Champions 2021/22. Manchester United klubnya Ronaldo dan Paris Saint-Germain (PSG), tim Lionel Messi, harus tersingkir di babak 16 besar.

Walhasil, banyak orang yang menyebut masa kejayaan Ronaldo dan Messi sudah habis. Hal itu pun diakui eks bintang sepak bola, Nicolas Anelka. Menurut dia, kedua pemain itu kini sudah dalam usia senja. 

1. Ronaldo sudah tampil 'angin-anginan'

Messi dan Ronaldo Dikritik, Harusnya Sudah Pensiun!Ronaldo tak bisa mencetak gol ke gawang Watford saat MU gagal menang dalam laga pekan ke-27 Liga Inggris, Sabtu (26/2/2022). (Twitter/@ManUtd)

Anelka merasa, Ronaldo sudah tampil ‘angin-anginan’ bersama MU di Liga Inggris. Hal itu tak lepas dari usianya yang sudah tak ideal untuk bermain prima. Terlebih, dia main di Liga Inggris yang dikenal dengan permainan ‘kick and rush’. Butuh fisik yang prima untuk bermain di setiap pekannya.

“Ini yang terjadi ketika seorang pemain ingin tampil selamanya. Karier mereka [Messi dan Ronaldo] sudah habis dan saya nilai, sudah seharusnya keduanya puas atas raihan selama 1,5 dekade ini. Keduanya ada di level yang lebih tinggi dari pemain lain, sehingga sudah lumrah jika kini turun,” kata Anelka kepada RMC Sport.

2. Messi dinilai salah mengabil keputusan

Messi dan Ronaldo Dikritik, Harusnya Sudah Pensiun!Lionel Messi menolak ketika diminta jersey-nya saat tampil dalam duel PSG melawan Reims, Senin (30/8/2021). (beinsports.com).

Anelka lebih tercengang lagi melihat performa Messi. Sebelumnya La Pulga diprediksi bisa moncer di kompetisi domesti Prancis. Hanya saja, dia dinilai performanya lebih turun lagi di Ligue 1. Padaha, kompetisi itu dianggap Anelka bisa dengan mudah ditaklukan Messi.

“Keduanya tidak pintar [memutuskan]. Padahal sebaiknya mereka bisa menghindari persaingan ketat. Anda harus bisa menentukan kapan waktu terbaik untuk gantung sepatu. Banyak pemain yang yakin memutuskan pensiun pada usia 30-34 tahun. Hal itu membuat Anda terhindar dari kritik,” ujar eks pemain Arsenal itu menaggapi kondisi Messi dan Ronaldo. 

3. Messi dan Ronaldo tak sebagus musim lalu

Messi dan Ronaldo Dikritik, Harusnya Sudah Pensiun!Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (instagram.com/manchesteruniteden.psg.fr)

Pria berpaspor Prancis itu tak menampik, baru memutuskan pensiun saat berusia 36 tahun. Hanya saja, saat memasuki kepala tiga, Anelka mengaku sudah bermain di kompetisi yang secara persaingan tak memberatkannya. Dia pindah ke Liga China saat berusia 32 tahun.

Ronaldo memang tak bermain sebagus musim lalu saat memperkuat Juventus. Hal serupa pun dialami Messi yang hengkang ke PSG pada musim panas 2021. Keduanya tak bisa memberikan kontribusi maksimal untuk klubnya masing-masing.

Lalu, bagaimana masa depan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo? sepak terjang keduanya masih layak dinantikan hingga akhir musim nanti.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya