Mimpi Tampil di Luar Negeri, Asnawi Pilih Main di Asia Dulu

Asnawi merupakan pemain Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pemain PSM, Asnawi Mangkualam Bahar, mengutarakan keinginannya untuk berkarier di luar negeri. Pemain asal Makassar ini punya keinginan tampil di kompetisi Asia.

"Saya mau berlaga di Thailand, Jepang, atau Korea Selatan dulu. Saya tidak mau main di Eropa dulu, main di Asia saja dulu, yang memang kita juga tau kualitasnya juga bagus di sana (Asia)," kata Asnawi saat live instagram dengan akun PSSI.

1. Asnawi memilih tampil di Asia ketimbang di Eropa

Mimpi Tampil di Luar Negeri, Asnawi Pilih Main di Asia DuluANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Pemain berusia 20 tahun itu memilih realistis, karena tampil di kompetisi Eropa bukan perkara mudah bagi pemain Indonesia. Hal itu sudah dirasakan beberapa pemain yang sudah coba peruntungan di Benua Biru, seperti Egy Maulana Vikry yang tampil di Liga Polandia bersama Lechia Gdanks.

Sejauh ini, pemain jebolan SKO Diklat Ragunan itu masih belum bisa menembus skuat utama. Dia lebih banyak tampil untuk tim reserve dari pada mendapatkan jam bertanding di kompetisi kasta tertinggi Polandia tersebut.

“Jadi memang sulit bagi saya untuk mengembangkan karier langsung ke Eropa. Mungkin kalau bisa saya mulai di Asia dulu, kecuali jika punya rezeki itu. Kalau maunya saya main di Asia dulu,” ujar anak dari legenda PSM, Bahar Muharram itu.

2. Asnawi rahasiakan klub yang mengincarnya

Mimpi Tampil di Luar Negeri, Asnawi Pilih Main di Asia DuluPSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Disinggung mengenai adanya tawaran tampil di Asia, Asnawi mengakui jika ada tim yang menginginkan jasanya. Hanya saja, dia belum mau menyebut nama dan dari negara mana klub yang mengincarnya. Dirinya menunggu momentum yang tepat untuk bisa memutuskan tampil di luar negeri untuk pertama kalinya.

"Penawarannya harus pas, karena keputusan ini mengenai bermain di luar negeri. Terlebih, butuh mental yang baik untuk tampil di sana," bebernya.

3. Asnawi cemerlang di usia muda

Mimpi Tampil di Luar Negeri, Asnawi Pilih Main di Asia DuluPemain Timnas U-22 Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Asnawi sendiri memang punya kualitas yang tak terbantahkan lagi. Walau masih belia, dia bisa tampil reguler bersama skuat Juku Eja dalam beberapa pekan terakhir sejak tampil pada 2017 silam. Walhasil, dirinya mulai mendapatkan perhatian dari pelatih Timnas Indonesia.

Kiprahnya bersama skuat Garuda bisa dibilang sangat komplet. Dia tercatat sudah memperkuat Timnas Indonesia dari pelbagai kelompok umur, mulai dari
U-16, U-19, U-23, dan Senior.

Baca Juga: Bulan Ini, Timnas U-16 Mulai TC dan Uji Coba Lawan Timnas India

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya