Comscore Tracker

Miswar Saputra Blunder, Pelatih PSM: Semua Pemain Itu Keluarga Saya

Miswar Saputra dua kali lakukan blunder di Piala AFC 2020

Jakarta, IDN Times - Kiper Miswar Saputra kembali menjadi sorotan saat PSM Makassar tampil pada laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020, Rabu (26/2). Walau Pasukan Ramang mampu meraih kemenangan 3-1 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, eks pemain Persebaya itu membuat kesalahan dari sebiji gol yang diciptakan Chan United.

Kondisi tersebut terjadi saat PSM sudah unggul 2-0 saat laga tinggal menyisakan 12 menit lagi. Pemain Shan United, Htet Phyo Wai melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, alih-alih menangkapnya dengan terbang, Miswar malah salah antisipasi karena bola meluncur ke tengah. Walau sempat tersentuh dia, tetap saja bola yang meluncur deras itu menggetarkan jala gawangnya.

1. Bojan Hodak tak mau mengumbar kesalahan anak asuhnya

Miswar Saputra Blunder, Pelatih PSM: Semua Pemain Itu Keluarga SayaPelatih PSM Makassar, Bojan Hodak

Kesalahan tersebut sebetulnya bukan yang pertama dalam penampilan Miswar bersama PSM. Pada kompetisi serupa di laga sebelumnya, dia juga sempat melakukan kesalahan lantaran gagal mengamankan sepakan pemain Tampines Rovers Boris Kovitovic yang masuk di antara kedua sela-sela kakinya. Padahal, bola yang mengarah kepadanya cukup lemah.

Namun demikian, pelatih PSM, Bojan Hodak enggan untuk mengomentari blunder yang dilakukan mantan pemain Persebaya itu. Menurut dia, siapa pun bisa membuat kesalahan dalam pertandingan, termasuk Miswar. Jadi, untuk apa permasalahan tersebut dibesar-besarkan.

"Semua pemain adalah keluarga saya. Jadi saya tidak bisa berkomentar soal keluarga saya, karena siapa pun bisa membuat kesalahan," kata Bojan dalam sesi konferensi pers usai pertandingan.

Baca Juga: Yakob Sayuri Dinilai Punya Peluang Masuk ke Timnas Indonesia

2. Bojan Hodak akan lakukan evaluasi kepada pemain Persebaya

Miswar Saputra Blunder, Pelatih PSM: Semua Pemain Itu Keluarga SayaMiswar Saputra dilepas Persebaya Surabaya. Instagram.com/officialpersebaya

Pelatih berusia 48 tahun itu tak menampik, dirinya bakal terus melakukan perbaikan untuk menghadapi laga selanjutnya dan kompetisi Liga 1 2020 yang bakal dihelat mulai 29 Februari 2020 mendatang, termasuk juga terhadap performa Miswar.

"Dia membuat penyelamatan, dia juga bisa bikin salah. Kalau kalian punya anak, masalahmu pasti tak akan sampai ke tetangga. Beri nasihat sekali dan dia akan bangkit lagi. Tak perlu masalah ini keluar," ujar Bojan.

3. Miswar Saputra tampil menawan saat membela Persebaya musim lalu

Miswar Saputra Blunder, Pelatih PSM: Semua Pemain Itu Keluarga SayaMiswar Saputra menjadi salah satu pemain yang dilepas Persebaya. Instagram.com/miswarsyahputra

Tindakan Bojan untuk melindungi anak asuhnya agar tak tertekan memang tepat. Sebab, jika menilik statistik laga secara keseluruhan, performa pemain berusia 23 tahun itu cukup bagus. Terbukti, dia bisa melakukan empat penyelamatan kala menjaga gawang PSM dari serangan Shan United.

Penilaian dalam dua pertandingan tentu tak bisa jadi acuan. Penampilan pemain asal Aceh tersebut masih berpotensi terus meningkat, seperti saat masih memperkuat Bajul Ijo di Liga 1 2019 kemarin, dalam 32 penampilannya berhasil menghasilkan 10 kali clean sheet dan 55 penyelematan.

Itu yang jadi alasan utama kenapa PSM mendatangkan Miswar Saputra untuk menjadi suksesor Rivki Mokodompit di posisi penjaga gawang.

Baca Juga: [BREAKING] Gulung Shan United, PSM Raih 3 Poin Perdana di AFC Cup 2020

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya